Sukses

Perubahan Siklus Menstruasi Berdasarkan Usia

Meski dipengaruhi banyak faktor, perubahan siklus haid bisa pula terjadi karena usia. Beda dekade usia, beda pula gejala haid yang muncul!

Bagi sebagian wanita, perubahan pada siklus menstruasi mungkin sulit diprediksi. Misalnya, Anda terlambat bulan hingga seminggu lebih, sementara bulan berikutnya maju beberapa hari.

Bahkan, bagi sejumlah wanita, haid bisa deras selama 5 hari dengan rasa kram, tapi bulan berikutnya hanya berlangsung 2 hari.

Meski dipengaruhi oleh banyak faktor, perubahan siklus haid dapat juga terjadi akibat pertambahan usia. Nyatanya, beda dekade usia, beda pula gejala haid yang muncul!

Mengapa Terjadi Perubahan Siklus Haid?

Dalam beberapa kondisi, perubahan siklus menstruasi tersebut mungkin akan menyulitkan Anda untuk memperkirakan kapan datangnya haid.

Padahal, yang tak banyak diketahui, seiring bertambahnya usia, menstruasi akan terus menyesuaikan dan berkembang.

Menurut dr. Arina Heidyana, perubahan gejala menstruasi terkait usia bisa terjadi karena adanya perubahan hormonal.

“Apalagi semakin bertambahnya usia, hormon estrogen dan progesteron juga berkurang,” dia menjelaskan.

Namun, kabar baiknya, perubahan-perubahan semacam ini sering kali tidak perlu dikhawatirkan karena merupakan sesuatu yang normal.

Artikel Lainnya: 7 Penyebab Siklus Menstruasi Tidak Teratur

1 dari 3 halaman

Perubahan Haid Sesuai Usia

Lantas, seperti apa, sih, perubahan siklus menstruasi berdasarkan dekade usia? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

  • Masa Remaja (sebelum 20 tahun)

Rata-rata, anak perempuan akan mendapatkan menstruasi pertama di usia 12-13 tahun. Dalam beberapa tahun pertama, menstruasi pada remaja biasanya tidak teratur dan tidak dapat diprediksi.

Remaja bisa saja tidak mendapatkan haid selama berbulan-bulan. Lalu, banjir pada bulan lainnya. Siklus haid juga bisa lebih panjang di awal-awal, yakni dalam kisaran 21-45 hari, meskipun siklus yang lebih pendek atau lebih lama dapat terjadi.

Remaja juga sudah merasakan gejala PMS (premenstrual syndrome) pada umumnya. Yaitu, kram perut, payudara terasa sakit, serta nyeri kaki dan pinggul.

Pada tahun ketiga, umumnya siklus menstruasi remaja lebih teratur mengikuti siklus wanita dewasa pada umumnya.

  • Usia 20-an

Nah, siklus haid umur 20 biasanya menjadi lebih teratur, yakni sekitar 21-34 hari (rata-rata 28 hari), dan setiap periode berlangsung selama 2-7 hari.

Di rentang usia ini pula, puncak kesuburan seorang wanita berada, yakni saat tubuh paling siap untuk hamil. Pada usia 20-an juga, banyak wanita mulai memutuskan untuk mengonsumsi pil KB atau kontrasepsi lainnya.

“Penggunaan kontrasepsi, misalnya kontrasepsi hormonal, juga bisa memengaruhi siklus haid itu sendiri,” ujar dr. Devia Irine Putri.

Alat kontrasepsi dapat mengubah pola menstruasi. Misalnya, haid jadi lebih pendek, kram lebih ringan, pendarahan lebih sedikit, dan perubahan gejala PMS lainnya.

Artikel Lainnya: Gimana Sih, Siklus Menstruasi yang Normal?

  • Usia 30-an

Pada usia ini, siklus menstruasi sudah dapat diprediksi dan konsisten. Namun, di usia ini beberapa permasalahan dan tumor jinak dapat terjadi di rahim.

Terkadang, kondisi ini bisa membuat menstruasi lebih berat dan menyebabkan kram yang menyakitkan.

Bagi sebagian wanita, pertengahan-akhir 30 hingga menjelang usia 40 dapat menjadi awal masa perimenopause, yakni saat tubuh memproduksi lebih sedikit estrogen dan progesteron.

  • Usia 40-an

Mulai usia 40-an, jumlah estrogen yang diproduksi ovarium mulai berfluktuasi. Anda mungkin tidak berovulasi secara teratur.

Masa perimenopause ini dapat berlangsung dari beberapa bulan hingga lebih dari 10 tahun sebelum periode menstruasi terakhir.

Gejala perimenopause yang paling umum adalah perubahan siklus menstruasi. Yakni, menstruasi yang lebih lama, lebih pendek, lebih berat, atau lebih ringan dari biasanya.

Siklus haid usia 40 tahun ke atas juga bisa ditandai dengan menstruasi yang tidak datang setiap bulan.

Anda mungkin juga mengalami hot flashes (sensasi panas tubuh), masalah tidur, vagina kering, dan perubahan emosional.

  • Usia 50-an

Kebanyakan wanita akan mengalami menopause di usia 50-an. Usia menopause rata-rata adalah 51 tahun dan kisaran normalnya adalah antara usia 45-55 tahun.

Salah satu indikator waktu menopause adalah dengan mengetahui kapan ibu mengalaminya.

Faktor lain yang dapat memengaruhi usia menopause termasuk jumlah bayi yang Anda miliki (wanita dengan lebih anak banyak cenderung mengalami menopause lebih lama) dan kebiasaan merokok bisa memicu menopause dini.

Jika Anda mengalami pendarahan setelah menopause, segera beritahu dokter Anda. Bisa jadi itu pertanda sesuatu yang serius seperti kanker rahim.

Artikel Lainnya: Benarkah Pola Makan Pengaruhi Siklus Menstruasi?

2 dari 3 halaman

Waspadai Perubahan yang Tidak Biasa

Meski perubahan-perubahan di berbagai usia di atas adalah normal, Anda tetap harus mewaspadai perubahan gejala yang tidak biasa.

“Misalnya, kram saat haidnya semakin sakit. Awalnya, sakit pada awal haid saja, tapi sekarang sakit terus-menerus selama haid. Ini bisa jadi tanda ada masalah pada organ kewanitaan, misalnya endometriosis,” kata dr. Arina.

Dia menambahkan, darah haidnya semakin banyak sehingga durasi haidnya jadi lama, yakni lebih dari 7 hari.

Selain itu, dijelaskan dr. Devia, ada juga kondisi khusus yang menyebabkan terjadinya pola menstruasi.

“Misalnya, ada masalah di hormon tiroid, PCOS, diet ekstrem yang menyebabkan tubuh kekurangan nutrisi, anemia. Kondisi-kondisi ini bisa memengaruhi perubahan siklus haid,” kata dr. Devia.

Jadi, berapa pun usia Anda, ingatlah bahwa menstruasi dapat menjadi pertanda kondisi kesehatan secara keseluruhan. Jika mengalami gejala yang tidak biasa, segeralah memeriksakan diri ke dokter.

Masih ada pertanyaan seputar menstruasi dan siklusnya? Tanyakan langsung pada dokter melalui fitur LiveChat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

(AYU/ARN)

1 Komentar

  • warty cantik

    saya usia 27 th sudah menikah dan punya anak 1 umur 6 th cowo rencana pingin hamil lagi anak ke dua tp blum dikasih apa krna faktor umur apa menstruasi yg tidak teratur sya pengguna kb suntik 3 bulan sudah lepas . 1 th ini ..