Sukses

Bolehkah Anak Batita Main Hujan

Kebanyakan anak kecil suka main air, termasuk mandi hujan. Lalu, bolehkah anak batita mandi atau main hujan? Simak penjelasan dokter berikut!

Anak di bawah usia tiga tahun atau batita umumnya suka bermain air, termasuk ingin mandi hujan. Tak jarang juga, banyak orang tua melarang anaknya bermain di luar saat hujan. Mereka khawatir, si kecil akan sakit setelah hujan-hujanan.

Arief (38) mengaku pernah mengajak anaknya yang berusia 2 tahun untuk main hujan-hujanan. Katanya, hal ini dilakukan karena mengikuti kebiasaan Arief sewaktu kecil. Namun, istrinya jadi marah karena khawatir anaknya sakit.

“Istriku jadi ngambek. Hujan menurutnya bisa bikin anak kena flu. Tapi, anak saya nggak apa-apa setelah main hujan,” jelas Arief.

Lantas? Sebenarnya, bolehkan anak batita mandi hujan? Adakah manfaat atau risiko yang didapat saat mereka mandi hujan? Simak penjelasan dokter lewat bahasan di bawah ini. 

Amankah Ajak Anak Balita Mandi Hujan?

Menanggapi ini, dr. Reza Fahlevi, Sp. A, mengatakan tidak ada larangan mandi hujan bagi anak batita. Namun, ada yang harus diperhatikan terkait kebersihan dan keamanannya

“Mandi hujan boleh saja, belum ada jurnal penelitian yang melarang. Namun, dilihat dari kondisi anaknya juga. Karena yang kita tahu mandi hujan, kan, di tempat becek, higienitasnya nggak bagus. Kalau kekebalan tubuh anak sedang tidak bagus. Misalnya, ia rentan terkena infeksi bakteri dan virus yang menyerang pencernaan, pernapasan, atau kulit,” jelasnya.

Selain itu, dikutip dari Healthline, para ahli percaya cuaca dingin saat hujan memungkinkan virus influenza bertahan lebih lama di udara. 

Jadi, jika membiarkan anak batita mandi hujan, ada risiko mereka dapat terkena flu.

Artikel Lainnya: Tips Memilih Jas Hujan yang Tepat untuk Anak

1 dari 3 halaman

Anak Boleh Mandi Hujan di Usia Ini

Mengingat kekebalan tubuh anak batita masih belum matang atau terlalu kuat, sebaiknya kapan anak boleh mandi hujan?

Dokter Reza mengungkapkan ada baiknya Anda memperkenalkan mandi hujan ketika ia sudah berusia 5 tahun ke atas. 

Saat anak mencapai usia tersebut, kekebalan tubuhnya sudah cukup kuat menghadapi bakteri atau virus yang ada di lingkungan. 

“Batas usia aman main hujan dari penelitian juga masih belum ada. Namun, rata-rata sistem imun anak, kan, berkembang seiring usia. Usia 5 tahun ke atas relatif lebih kuat dibanding di usia dua tahun,” ungkap dr. Reza.

Manfaat Mandi Hujan 

Belum ada manfaat spesifik mengenai mandi hujan untuk anak menurut dr. Reza. 

Kemungkinan manfaat yang didapat si kecil saat mandi hujan hanya segelintir saja. Misalnya, ia bisa mengenal apa itu hujan, proses terjadinya hujan, dan sekaligus berkenalan dengan fenomena di alam. 

Namun, dr. Reza menyarankan kalau mau mengenalkan anak dengan alam atau proses terjadinya hujan, lebih baik dengan cara yang lebih aman. Bisa lewat kartun atau animasi yang lebih menarik. 

Nggak mesti langsung mandi hujan. Karena, ya, itu, dari sisi plus minus-nya, lebih besar bahayanya ketimbang manfaat yang didapat. Jika mau mengenalkan hujan pada si kecil, bisa digantikan dengan cara lain yang lebih aman untuk kesehatan si anak sendiri,” tegas dr. Reza. 

Artikel Lainnya: Anak Ingin Main Hujan? Ini Tips agar Tetap Aman

2 dari 3 halaman

Perhatikan ini Saat Anak Mau Mandi Hujan

Ada hal lain lagi yang menjadi perhatian dr. Reza ketika anak di bawah usia tiga tahun mandi hujan. Menurutnya, tidak semua air hujan itu bersih. 

Di beberapa daerah atau kota yang banyak terdapat pabrik, air hujan bisa terkontaminasi polusi. Ketika airnya terkena kulit, dapat menyebabkan iritasi.  

“Ada sebagian jenis air hujan di daerah pabrik yang pH-nya (tingkat keasamannya) nggak balance dengan kulit. Jadi kurang aman efeknya jika terkena kulit. Beda dengan air yang sudah ditampung, air sungai, atau air yang sudah diproses,” jelasnya. 

“Bahkan di luar negeri, hujan dapat menyebabkan patung-patung jadi berkarat karena pH air hujannya tidak seimbang. Bayangkan kalau terkena kulit anak, mesti diwaspadai,” tambahnya melengkapi. 

Dari sini, orang tua juga harus memperhatikan situasi lingkungan rumah atau tempat mandi hujan anak. 

Jika tinggal di daerah pabrik atau tingkat polusinya tinggi, lebih baik urungkan niat mengajak anak mandi hujan. 

Ajak bermain hujan saat Anda dan anak berlibur di daerah pegunungan atau yang udaranya bersih dari polusi. 

Nah, untuk tahu informasi lanjut tentang boleh atau tidaknya anak di bawah usia tiga tahun mandi hujan, langsung konsultasikan ke dokter spesialis. Agar praktis, konsultasi via fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar