Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tak Cocok untuk Wajah? Ubah Saja Skincare Jadi Body Care!

Tak Cocok untuk Wajah? Ubah Saja Skincare Jadi Body Care!

Skincare tidak berefek di kulit wajah Anda? Jangan langsung dibuang! Skin care wajah bisa dialihfungsikan menjadi produk perawatan kulit tubuh (body care), lho.

Mencoba berbagai jenis skincare agar kulit wajah mulus dan glowing sudah menjadi hobi sebagian wanita. Sayang, dari sekian banyak skincare yang dicoba, paling hanya satu atau dua produk yang cocok. 

Bagaimana dengan sisanya? Apakah harus dibuang, karena tidak cocok dengan wajah? 

Tidak juga. Jangan buru-buru buang skincare wajah Anda sekalipun tidak cocok. Karena ternyata skincare wajah juga bisa digunakan untuk perawatan tubuh (body care), lho! 

1 dari 3 halaman

Skincare untuk Kulit Wajah Dipakai Jadi Body Care

Berdasarkan penuturan dr. Adeline Jaclyn, Anda boleh mengalihfungsikan skincare wajah menjadi body care asalkan alasannya bukan karena alergi

“Perlu diingat, kondisi tidak cocok skincare di sini konteksnya adalah produk tersebut tidak memberikan efek apa pun ke kulit wajah. Dengan demikian, itu bisa dipakai ke bagian kulit tubuh lain,” kata dr. Adeline. 

“Namun, jika sebelumnya muncul reaksi alergi di wajah, hindari menggunakannya untuk bagian tubuh lain. Karena ujung-ujungnya juga, bisa berpotensi menimbulkan alergi,” sambungnya.

Bila hanya memberi efek agak kemerahan karena kulit wajah Anda terlalu sensitif, skincare wajah bisa diubah menjadi skincare untuk perawatan tubuh. 

“Kalau diaplikasikan di kulit wajah malah sensitif, tetapi di kulit bagian lain lebih tidak sensitif dan justru berfungsi,” ujar dr. Adeline. 

Intinya, selama produk yang mau dialihfungsikan itu tidak menimbulkan reaksi alergi, maka dr. Adeline membolehkan Anda untuk mengubah skincare wajah menjadi skincare untuk perawatan tubuh. 

Artikel Lainnya: Langkah Detoks Kulit Wajah dan Manfaatnya

2 dari 3 halaman

Apa Saja Skincare Wajah yang Bisa Dijadikan sebagai Body Care?

Beberapa skincare wajah yang dapat dialihfungsikan sebagai body care, antara lain:

  1. Face Oil Menjadi Cuticle Oil

Telanjur beli face oil karena tergoda oleh efek glowing padahal Anda memiliki kondisi kulit yang berminyak? Jangan sedih!

Face oil dapat dialihfungsikan sebagai cuticle oil atau minyak kutikula. Oleskan face oil tersebut di bagian kulit area kuku untuk mengatasi masalah kulit kering.

  1. Serum Niacinamide Menjadi Campuran Body Lotion

Mau coba hilangkan bekas jerawat dengan serum niacinamide tapi sampai sekarang tidak ada efeknya? Jangan langsung dibuang ke tempat sampah!

Coba campurkan beberapa tetes serum niacinamide dengan body lotion, lalu oleskan ke tangan. Tak cuma lembut, noda yang di kulit tangan juga bisa tersamarkan, lho

Artikel Lainnya: Ini Waktu Terbaik untuk Menggunakan Masker Wajah

  1. Moisturizer Wajah Menjadi Body Cream 

Bila ada kulit tubuh yang kasar dan teksturnya keras, Anda bisa menggunakan moisturizer wajah sebagai skincare untuk tubuh. 

Efek menghaluskan yang diberikan produk akan lebih terasa dan Anda pun bisa lebih berhemat karena tak mesti beli body cream atau body butter

  1. Glycolic Acid Menjadi Pencerah Kulit Ketiak 

Produk glycolic acid berfungsi untuk mencerah kulit wajah. Selain bisa dipakai di kulit wajah, produk ini juga bisa dipakai di area kulit ketiak yang menghitam. 

Namun ingat, hindari menggunakan secara berlebihan agar tidak mengalami iritasi.

  1. AHA/BHA Menjadi Masker Tumit 

Pemilik skincare AHA/BHA untuk wajah tak perlu beli produk lain lagi jika ingin menghaluskan kulit kaki yang pecah-pecah.

Dengan memberi beberapa tetes produk AHA/BHA di tumit, dioleskan dan didiamkan selama 10 menit. Hal itu bisa menghaluskan kulit bagian tersebut. Jangan lupa lakukan secara rutin agar hasilnya lebih maksimal. 

Skincare wajah yang tidak memberikan efek apa pun dapat difungsikan sebagai skincare untuk tubuh. Selain bisa berhemat, kulit di sekujur tubuh Anda juga bisa lebih sehat.

Jika Anda masih ada pertanyaan seputar skincare, body care, ataupun permasalahan kulit lainnya, langsung saja konsultasi dengan dokter lewat fitur LiveChat 24 Jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar