Sukses

Dental Floss dan Tusuk Gigi, Mana yang Lebih Aman?

Sering ada makanan yang terselip di sela-sela gigi? Mana yang lebih baik untuk membersihkannya, dental floss atau tusuk gigi?

Punya rongga gigi yang cukup lebar memang sering kali membuat makanan terselip di sela-sela gigi. Tidak sedikit orang yang selalu sedia tusuk gigi atau dental floss di dalam tas untuk mengatasi permasalahan ini.

Namun, manakah yang sebenarnya lebih baik dan dianjurkan dokter gigi untuk membersihkan makanan yang terselip di sela-sela gigi?

Lebih Baik Gunakan Dental Floss atau Tusuk Gigi?

Bagi Anda yang sangat memerhatikan kebersihan gigi, dental floss mungkin sudah tidak asing lagi.

Ya, flossing gigi merupakan sebuah prosedur pembersihan gigi dengan menggunakan benang sutra unwaxed yang dipercaya bisa membersihkan plak di antara sela-sela gigi.

Sedangkan, tusuk gigi merupakan alat pembersih sela-sela gigi dari bahan kayu atau plastik yang berujung runcing.

Anda mungkin lebih populer dengan benda yang satu ini, tak heran karena tusuk gigi banyak tersedia di restoran.

Namun, manakah yang sebenarnya lebih baik digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi?

Dokter gigi Callista Argentina mengatakan baik dental floss maupun tusuk gigi, sebenarnya sama-sama bisa digunakan. Asalkan, dipakai dengan teknik yang benar. Jika tidak, maka keduanya bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan gigi.

Hanya saja, penggunaan dental floss lebih dianjurkan. Ini karena terbuat dari sutra unwaxed yang  lebih lembut dan elastis.

Sedangkan, penggunaan tusuk gigi memang lebih rentan memberikan efek negatif pada gigi. Hal ini disebabkan ujungnya tajam dan rentan membuat gusi berdarah.

“Bila ingin kesehatan gigi terjaga, sebaiknya Anda menghentikan penggunaan tusuk gigi setelah makan,” ujar drg. Callista.

“Pasalnya, terlalu sering menggunakan tusuk gigi bisa menimbulkan beberapa kerugian. Misalnya, memicu infeksi pada gigi, menimbulkan ruang antar gigi, mengubah posisi gusi, abrasi gigi, gusi berdarah, dan merusak tambalan gigi,” jelasnya.

Artikel Lainnya: Panduan Flossing Gigi yang Baik dan Benar

1 dari 3 halaman

Kapan Waktu Terbaik Bersihkan Gigi dengan Dental Floss?

Bagi Anda yang ingin mencoba menggunakan dental floss sebagai pengganti tusuk gigi, bisa gunakan setiap kali habis mandi dan menyikat gigi.

Flossing memang bisa menghilangkan plak dan sisa makanan yang tersangkut pada sela gigi yang sulit dijangkau sikat gigi.

Namun, ketika penggunaan dental floss dilakukan tanpa menyikat gigi terlebih dahulu, maka efektivitasnya bisa berkurang.

“Sebelum membeli dental floss, perlu dipahami bahwa benang yang digunakan untuk gigi ini berbeda dengan benang jahit. Jadi, membeli dental floss juga tidak bisa sembarangan. Produk ini hanya tersedia di apotek, toko obat, atau pasar swalayan,” kata drg. Callista.

Artikel Lainnya: Awas, Dampak Buruk Menggunakan Tusuk Gigi!

2 dari 3 halaman

Tips Aman Pakai Dental Floss dan Tusuk Gigi agar Tak Lukai Gusi

Nah, karena sama-sama bisa melukai gusi, yuk, simak penjelasan drg. Callista di bawah ini tentang cara pemakaian dental floss dan tusuk gigi yang aman.

  • Dental Floss

Dental floss memang berguna untuk kebersihan gigi. Namun jika penggunaannya tidak tepat, bisa merusak ikatan epitel gusi di sela-sela gigi.

Alat ini juga bisa menyebabkan sisa makanan semakin terdorong ke dalam dan sulit dikeluarkan. Akhirnya, ini bisa membuat karies pada akar gigi dan terbentuknya kantung makanan.

Berikut beberapa tips aman gunakan dental floss:

  • Ambil benang sekitar 45 cm lalu lilitkan pada kedua jari.
  • Pegang erat benang dengan ibu jari dan telunjuk.
  • Masukkan benang ke dalam sela gigi dengan membentuk huruf C, lalu secara perlahan naik-turunkan benang (sambil digosok).
  • Setelah sudah dibersihkan, jangan lupa berkumur dengan air bersih untuk membilas gigi.
  • Tusuk Gigi

Sama halnya dengan dental floss, jika tidak dipakai dengan benar, maka penggunaan tusuk gigi bisa berbahaya untuk kesehatan gusi.

Berikut cara aman gunakan tusuk gigi:

Pilih tusuk gigi yang terbuat dari plastik dengan ujung lembut dan meruncing (elastis).

  • Secara perlahan, coba cungkil ke arah luar sisa makanan yang menempel.
  • Jangan dorong tusuk gigi karena bisa membuat sisa makanan semakin menyangkut.
  • Hentikan penggunaan ketika gusi berdarah.
  • Kumur dengan air bersih setelah penggunaan.

Penggunaan dental floss memang lebih memakan waktu ketimbang tusuk gigi. Namun, risiko yang ditimbulkan akan lebih sedikit ketika Anda menggunakannya dengan tepat.

Untuk informasi lainnya mengenai kesehatan gigi, silakan konsultasi dengan dokter via LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar