Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sperma Dikerubuti Semut, Apakah Tanda Penyakit Diabetes?

Sperma Dikerubuti Semut, Apakah Tanda Penyakit Diabetes?

Semut biasanya datang ketika menghirup aroma yang manis. Lantas, pada kasus sperma dikerubuti semut, apakah ini merupakan tanda dari adanya penyakit diabetes?

Anda mungkin sudah tidak asing mengenai urine dikerubuti semut yang merupakan satu tanda diabetes. Lantas, bagaimana jika kasusnya adalah sperma dikerubuti semut? Apakah ini juga merupakan tanda dari penyakit mematikan tersebut?

Tidak dimungkiri, penyakit diabetes derajat lanjut memang bisa membuat tubuh mengeluarkan molekul gula lewat urine. Karena alasan ini pula, diabetes sering disebut sebagai penyakit kencing manis.

Jika memang demikian, bagaimana dengan penjelasan mengenai sperma dikerubuti semut? Apakah mekanisme terjadinya hal ini mirip dengan urine dikerubuti semut?

1 dari 3 halaman

Sperma Dikerubuti Semut, Sudah Pasti Tanda Diabetes?

Diabetes adalah penyakit metabolik yang terjadi akibat kadar gula darah (glukosa) yang selalu tinggi. Penyakit ini tidak dapat disembuhkan alias hanya bisa dikendalikan dengan obat dan gaya hidup agar tidak berujung pada komplikasi.

Mengenai kabar urine yang dikerubuti semut, ini memang benar salah satu tanda bahwa diabetes yang dialami sudah parah. Sedangkan untuk sperma dikerubuti semut, ternyata hal ini tidak berkaitan dengan diabetes.

Dijelaskan oleh dr. Arina Heidyana, sperma pada sifatnya memang mengundang kedatangan semut. Pasalnya, sperma pada dasarnya mengandung senyawa yang disebut dengan fruktosa. 

Ini adalah zat gula yang biasanya terdapat pada buah. Nah, fruktosa inilah yang membuat sperma memiliki daya tarik tersendiri bagi semut.

“Selain akibat fruktosa, sperma juga memiliki aroma khas yang menarik perhatian semut. Jadi, sperma yang dikerubuti semut bukanlah suatu masalah berbahaya dan tidak dikaitkan dengan diabetes,” ujar dr. Arina.

Artikel Lainnya: Adakah Pengaruh Diabetes Terhadap Kualitas Sperma?

2 dari 3 halaman

Gejala Diabetes yang Sebenarnya

Merujuk pada penjelasan dr. Arina, sperma dikerubuti semut tidak memiliki kaitan penyakit diabetes. Menurutnya, gejala diabetes yang sebenarnya adalah sebagai berikut.

  • Mudah Merasa Lelah 

Gula darah yang terus-menerus tinggi dapat mengganggu fungsi organ vital di dalam tubuh. Oleh sebab itu, proses metabolisme juga akan mengalami gangguan.

Alhasil, energi yang seharusnya didapatkan dari makanan jadi tidak bisa diserap tubuh dengan optimal dan membuat penderita diabetes lebih mudah merasa lelah. 

  • Mudah Merasa Lapar dan Haus 

Mudah merasa lapar (polifagia) dan mudah merasa haus (polidipsi) merupakan gejala klasik diabetes yang perlu Anda waspadai. Meski sudah makan dan minum secara teratur, penderita diabetes masih saja tidak merasa kenyang. 

Menurut dr. Arina, keluhan ini bisa terjadi karena tubuh akan terus-menerus mengirimkan sinyal lapar dan haus ke otak sebagai akibat dari terganggunya fungsi metabolisme.

Artikel Lainnya: Kebiasaan yang Bisa Memengaruhi Kesuburan Pria

  • Luka Tidak Kunjung Sembuh  

Menurunnya fungsi saraf pada kaki pada penderita diabetes bisa meningkatkan risiko terjadinya luka atau ulkus di kaki. 

Luka ini cenderung sulit sembuh karena gula darah yang tinggi juga turut mengganggu peredaran darah di dalam tubuh.

  • Sering Buang Air Kecil 

Gula darah yang tinggi membuat tubuh berusaha untuk mengeluarkannya melalui urine. Sebagai akibatnya, penderita diabetes akan lebih sering buang air kecil tanpa kenal tempat dan waktu.

Itulah empat gejala umum diabetes yang harus diwaspadai oleh banyak orang. Jika Anda sering mengeluhkan satu dari keempat gejala yang disebutkan, jangan sungkan untuk segera berobat ke dokter. 

Semakin cepat Anda berobat, semakin cepat pula penanganan yang akan Anda dapatkan. 

Diabetes memang tidak bisa disembuhkan. Namun, dengan pengobatan yang tepat, komplikasi akibat penyakit ini dapat dihindari sehingga penderita diabetes bisa tetap memiliki hidup yang berkualitas.

Kini Anda sudah tahu mengenai fakta urine dikerubuti semut, bukan? Jika masih punya pertanyaan mengenai sperma diabetes atau hal-hal lain seputar kesehatan, jangan sungkan untuk chatting langsung dengan dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar