Sukses

Ini Makanan untuk Ibu Menyusui agar Bayi Cerdas

ASI untuk bayi harus berkualitas agar tumbuh kembang si Kecil bisa optimal. Mari ketahui makanan untuk ibu menyusui agar bayi cerdas.

Memberikan ASI secara eksklusif pada 6 bulan pertama kehidupan si Kecil sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Salah satunya, untuk mendorong pertumbuhan otak yang optimal agar si Kecil tumbuh cerdas. 

Ya, anak yang cerdas sebenarnya bisa dibentuk sedari fase konsumsi ASI, melalui makanan yang ibu konsumsi. Para busui, coba makanan ini saat menyusui agar bayi tumbuh cerdas!

1 dari 3 halaman

Apa Benar Makanan yang Dikonsumsi Ibu Pengaruhi Kualitas ASI?

Apa yang Anda makan akan sangat menentukan nutrisi yang diterima anak. Semakin baik makanan yang dikonsumsi, semakin baik pula kualitas ASI Anda. Hal itu pula yang disampaikan oleh dr. Devia Irine Putri

"Iya, bisa! Makanan yang dikonsumsi ibu memengaruhi kualitas ASI. Kalau ibu makan yang bergizi dan berlemak, pasti ASI-nya juga kualitasnya baik," ungkap dr. Devia Irine.

Lantas, bagaimana dengan pernyataan kalau ASI berkualitas dari ibu akan berpengaruh pada kecerdasan bayi?

Dijelaskan dr. Devia Irine, meski ada banyak indikator, makanan yang dikonsumsi bayi (dalam hal ini ASI), dapat memengaruhi kecerdasan anak. 

"Salah satu yang memengaruhi kecerdasan anak itu dari asupan yang bergizi (dari kecil diberikan ASI dan MPASI yang bergizi). Meski masih ada faktor lainnya, misalnya stimulasi dari luar dan pendidikan yang diberikan," ungkap dr. Devia Irine.

Meskipun begitu, sejak awal memang semuanya harus dipersiapkan. Saat anak bergantung penuh pada ASI, sudah seharusnya ibu memberikan ASI berkualitas baik. 

Hal tersebut, menurut dia, bisa didapatkan dari mengonsumsi makanan bergizi.

"Biasanya makanan yang mengandung asam lemak tak jenuh, yang tinggi DHA dan omega 3. Ini bisa terdapat pada ikan salmon, produk-produk laut, susu, dan selai kacang," kata dr. Devia Irine.

Artikel Lainnya: 8 Booster ASI Alami yang Dikonsumsi Saat Menyusui

2 dari 3 halaman

Busui Coba Konsumsi Makanan Ini agar Anak Cerdas

Ada beberapa makanan untuk ibu menyusui agar mendapatkan ASI yang berkualitas dan baik untuk kecerdasan di Kecil, yakni:

1. Sayuran

Sayuran berwarna pekat merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Antioksidan membantu menjaga kesehatan sel-sel otak. Sayuran hijau, seperti kale dan bayam kaya akan folat, yang mencegah demensia

Selain itu, kale mengandung sulforaphane dan diindolylmethane yang membantu pertumbuhan sel-sel otak.

2. Ikan berlemak

Sempati disinggung oleh dr. Devia Irine, ikan berlemak, seperti salmon, tuna, dan mackerel mengandung asam lemak omega-3 yang menyediakan bahan penyusun jaringan otak. 

Asam lemak omega-3 membantu pertumbuhan dan fungsi otak pada bayi. Konsumsi ikan secara teratur akan meningkatkan keterampilan otak anak Anda.

3. Telur 

Busui juga harus rajin makan telur. Jenis makanan ini adalah gudang nutrisi. Telur mengandung nutrisi seperti asam lemak omega-3, seng, lutein dan kolin, yang meningkatkan konsentrasi.

Kolin membantu memproduksi asetilkolin atau sel induk memori. Ini membantu meningkatkan daya ingat pada anak.

Artikel Lainnya: Dampak Kekurangan Nutrisi bagi Ibu Menyusui

4. Kacang-kacangan

Jenis makanan ini juga dianjurkan oleh dr. Devia Irine. Kacang-kacangan seperti kenari, almond, dan kacang tanah adalah makanan yang ramah otak.

Kadar vitamin E yang tinggi dalam makanan ini mencegah degenerasi kognitif. Kacang juga mengandung zinc yang meningkatkan daya ingat dan perkembangan otak. 

Makanan super ini penuh dengan nutrisi penting yang baik untuk perkembangan otak. Pastikan Anda sering-sering menyantapnya saat sedang fase menyusui.

5. Alpukat

Alpukat bermanfaat untuk kesehatan otak. Ini adalah sumber lemak tak jenuh yang kaya, sekaligus meningkatkan aliran darah ke otak. 

Selain itu, kandungan vitamin B kompleks yang tinggi dalam alpukat mengurangi risiko hipertensi pada bayi.

6. Brokoli

Anda bingung bagaimana cara membuat bayi cerdas? Cobalah Anda konsumsi brokoli. Sayuran hijau ini adalah makanan super untuk otak bayi Anda.

Brokoli mengandung DHA, yang membantu neuron terhubung. Sayuran ini juga memiliki sifat melawan kanker yang membuatnya menjadi makanan bayi yang sangat baik.

7. Buah Beri

Menurut penelitian di Tufts University, Amerika Serikat, buah beri meningkatkan fungsi kognitif tikus. 

Kandungan vitamin C yang melimpah dalam buah ini membantu meningkatkan daya ingat pada anak-anak. Ini juga mencegah stres oksidatif di otak.

Itu dia tujuh makanan ibu menyusui agar bayi cerdas. Anda bisa rutin mengonsumsinya selama fase menyusui.

Kalau masih punya pertanyaan seputar ASI, menyusui, dan perkembangan otak anak, Anda bisa sampaikan langsung pada dokter di aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar