Sukses

Ini Kebutuhan Vitamin untuk Lancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang lancar sangat penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan, penuhi asupan vitamin-vitamin ini agar peredaran darah tak bermasalah.

Punya sirkulasi darah yang buruk memang bisa mengganggu kesehatan tubuh. Ini karenanya penting bagi Anda mengetahui cara memperlancar peredaran darah. Salah satunya dengan memenuhi asupan vitamin harian.

Lalu, jenis vitamin seperti apa sajakah yang sebenarnya baik untuk memperlancar peredaran darah? Simak terus artikel ini.

1 dari 3 halaman

Vitamin untuk Melancarkan Peredaran Darah

Salah satu penunjang kesehatan tubuh adalah sirkulasi darah yang lancar. Jika sirkulasi darah tidak lancar, orang tersebut rentan mengalami kesemutan, kram otot, penyembuhan luka yang lama, dan sebagainya.

Bahkan, tidak sedikit penderita yang mengalami kulit kering, rambut rontok, dan kuku mudah patah ketika memiliki sirkulasi darah yang tidak lancar.

Nah, untuk menghindari beragam gangguan kesehatan di atas, ada beberapa asupan vitamin yang bisa membantu melancarkan sirkulasi darah Anda. Dijelaskan oleh dr. Arina Heidyana, berikut penjelasannya:

  • Zat Besi

Zat besi merupakan salah satu asupan yang wajib dipenuhi. Pasalnya, zat besi berfungsi untuk membentuk hemoglobin yang bisa membawa oksigen di dalam darah.

Selain itu, zat besi juga berfungsi untuk membentuk mioglobin dan protein yang membawa oksigen dari paru-paru ke otot tubuh.

Anda bisa mendapatkan asupan zat besi dari sayuran hijau seperti bayam, daging merah, semangka, kurma, dan delima.

Artikel Lainnya: Pentingnya Minum Obat Penambah Darah Saat Menstruasi

  • Vitamin B3

Selain zat besi, kebutuhan vitamin B3 juga harus terpenuhi untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

Dokter Arina mengatakan, “Vitamin B3 dalam tubuh berfungsi menjadi beberapa peran, yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi peradangan pada pembuluh darah, dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.”

Dengan terpenuhinya asupan vitamin B3, maka sirkulasi atau peredaran darah dalam tubuh akan semakin lancar dan sehat.

Anda bisa mendapatkan asupan vitamin B3 dari daging sapi, telur, dan makanan laut seperti ikan.

  • Omega-3

Rupanya, asam lemak omega-3 tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan kemampuan otak, tapi juga untuk memperlancar peredaran darah.

Asam lemak omega-3 berfungsi dalam pelepasan oksida nitrat dan membuat pembuluh darah jadi lebih relaks, sehingga aliran darah dapat meningkat.

Untuk mendapatkan asam lemak omega-3, Anda bisa mengonsumsi ikan salmon, sarden, kacang kenari, biji chia, dan suplemen omega-3.

Artikel Lainnya: Suplemen dan Vitamin untuk Anemia

2 dari 3 halaman

Mengapa Kebutuhan Vitamin Penting untuk Kelancaran Peredaran Darah?

Makan makanan kaya vitamin sangat penting untuk pembuluh darah dan kesehatan jantung.

Bila dua hal ini dalam kondisi yang baik, tubuh akan mendapatkan jumlah mineral, vitamin, dan nutrisi lainnya secara lengkap yang baik untuk tubuh.

Untuk mengetahui apakah tubuh memiliki peredaran darah yang baik atau tidak, Anda bisa mengeceknya dengan melihat bagian kaki dan tangan.

Menurut dr. Arina, ketika peredaran darah dalam tubuh tidak lancar, maka kedua bagian ini akan terasa kebas dan lebih mudah merasa dingin.

Selain itu, peredaran darah yang tidak lancar juga bisa menandakan Anda memiliki beberapa gangguan kesehatan yang cukup berbahaya, seperti diabetes, kelainan pada arteri perifer, vena varikosa atau varises, dan penyempitan pembuluh darah ketika Anda merasa kedinginan (penyakit Raynaud).

Dokter Arina mengatakan tidak hanya asupan vitamin saja yang bisa membantu memperlancar peredaran dalam tubuh. Namun, menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga dan mengatur pola makan juga bisa meningkatkan kelancaran peredaran darah.

Jangan anggap sepele kondisi peredaran darah tidak lancar. Segera periksa ke dokter bila Anda mengalami tanda-tanda peredaran darah tidak lancar dalam tubuh. Konsultasi kesehatan dengan dokter bisa lewat LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar