Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tips Aman Berhubungan Seks di Trimester Ketiga Kehamilan

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Tips Aman Berhubungan Seks di Trimester Ketiga Kehamilan

Keinginan untuk berhubungan seks muncul saat hamil usia tujuh bulan ke atas. Bagaimana tips aman melakukannya?

Masuk usia kehamilan trimester ketiga, ibu semakin berhati-hati dalam beraktivitas. Sebisa mungkin, ibu akan menghindari hal yang dianggap membahayakan janin, salah satunya berhubungan seks.

Tak dimungkiri juga, beberapa ibu hamil sudah tidak tahan untuk melakukan hubungan seks akibat perubahan hormon yang dirasakan.

Lantas, amankah berhubungan intim, misalnya di usia kehamilan tujuh bulan, delapan bulan, atau sebelum melahirkan? Adakah tips untuk melakukannya dengan tepat?

1 dari 3 halaman

Mau Berhubungan Seks? Pastikan Bumil dan Janin Sehat

Pada dasarnya, tidak ada larangan berhubungan intim saat hamil usia tujuh bulan ke atas. Dengan kata lain, berhubungan seks saat hamil tua boleh dilakukan. Hanya saja, kondisi ibu dan kehamilannya harus diperhatikan.

Dokter Devia Irine Putri mengatakan, “Sebenarnya melakukan hubungan seksual di trimester ketiga boleh saja untuk dilakukan. Asalkan, kondisi ibu hamil sehat, tidak ada kontraksi rahim, tidak ada flek yang keluar dari vagina, dan punya letak plasenta yang normal.”

Namun, tidak dapat dihindari juga kalau berhubungan seks saat usia tujuh bulan ke atas sulit dilakukan. Ini karena perut ibu di usia kehamilan akhir sudah mulai membesar, sehingga tidak leluasa bagi pasangan untuk bermanuver ria.

Tak hanya itu, menurut dr. Devia, ketika suami mengeluarkan sperma di dalam vagina, ini bisa menimbulkan kontraksi pada rahim yang mungkin membuat ibu merasakan sedikit nyeri.

Saat ibu orgasme, kondisi ini juga bisa menimbulkan kontraksi pada rahim, lho. Akan tetapi tenang saja, kedua kontraksi ini tidak cukup kuat sampai berisiko membuat ibu ingin bersalin.

“Meski boleh berhubungan seks, hati-hati kalau sudah mulai di penghujung trimester ketiga (mulai minggu ke 37), biasanya janin sudah masuk ke rongga panggul. Kalau sudah masuk panggul, berhubungan intim ada risiko perdarahan atau memicu kontraksi sehingga terjadi persalinan,” kata dr. Devia.

Artikel Lainnya: Tips Tetap Aman Berhubungan Intim Saat Hamil

2 dari 3 halaman

Tips Aman Berhubungan Seks di Trimester Ketiga

Nah, karena tidak ada aturan khusus yang mengatakan hamil tua tidak boleh berhubungan seks, ada beberapa tips aman berhubungan seks yang bisa ibu ikuti. Berikut di antaranya:

1. Tidak Ada Perdarahan Sebelumnya

Jika ibu pernah mengalami atau ada riwayat pendarahan, sebaiknya seks saat hamil tua jangan dilakukan dulu. Pasalnya, perdarahan bisa menyebabkan kontraksi dan meningkatkan risiko keguguran.

Jika tetap ingin berhubungan seks, coba konsultasi ke dokter kandungan dan tunggu sampai kondisi ibu benar-benar sehat agar tidak menimbulkan risiko.

2. Lakukan Posisi Spooning

Melansir The Bump, berhubungan intim saat usia 7 hingga 9 bulan misalnya, sebaiknya dianjurkan untuk melakukan posisi seks spooning.  Posisi ini dapat dilakukan dengan cara berpelukan menyamping.

Ibu berbaring menyamping di posisi depan dan pasangan di posisi belakang sambil memeluk.

Artikel Lainnya: Kiat Berhubungan Seks Saat Hamil Muda

3. Coba Posisi Woman On Top

Selain spooning, WOT atau Woman On Top juga bisa jadi posisi berhubungan intim yang dilakukan ibu saat hamil tua.

Dalam posisi ini, ibu hamil akan berada di atas pasangan yang berbaring di atas kasur. Posisi ini juga bisa dikatakan aman dan pas untuk ibu yang perutnya mulai besar.

Gaya woman on top membuat ibu memegang kendali atas pertempuran’ yang sedang dilakukan. Ibu juga bisa mengatur sendiri kedalaman penetrasi penis agar vagina terasa lebih nyaman.

4. Reverse Cowgirl

Sama dengan namanya, posisi ini akan menjadikan ibu sebagai ‘penunggang kuda’ di atas tubuh pasangan.

Caranya, biarkan pasangan berbaring, lalu ibu duduk di antara pinggang suami dengan tubuh menghadap ke bagian kakinya. Saat penetrasi dilakukan, ibu bisa menopang perut yang membesar di bagian paha pasangan.

Jadi, ibu hamil tua usia 7 hingga 9 bulan boleh, kok, untuk berhubungan intim. Namun, disarankan untuk konsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu.

“Sebenarnya berhubungan seksual bisa menjadi induksi alami, tapi tentunya ini harus mendapat persetujuan dokter. Kalau memang kondisi janin siap dilahirkan dan dokter mengijinkan, barulah Anda bisa melakukan hubungan seks,” tutup dr. Devia.

Untuk lebih praktisnya, yuk, konsultasi online langsung dengan dokter lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar