Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Tips Aman Berhubungan Seks di Trimester Ketiga Kehamilan

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Tips Aman Berhubungan Seks di Trimester Ketiga Kehamilan

Keinginan untuk berhubungan seks muncul saat hamil usia tujuh bulan ke atas. Bagaimana tips aman melakukannya?

Masuk usia kehamilan trimester ketiga, ibu semakin berhati-hati dalam beraktivitas. Sebisa mungkin, ibu akan menghindari hal yang dianggap membahayakan janin, salah satunya berhubungan seksual.

Namun, di sisi lain, kebutuhan untuk melakukan hubungan seks bersama pasangan juga kerap muncul.

Pertanyaannya, bagaimanakah posisi seks trimester ketiga yang aman? Apakah aman berhubungan intim saat usia kehamilan tujuh atau delapan bulan, atau bahkan sebelum melahirkan? 

1 dari 3 halaman

Perhatikan Ini Sebelum Berhubungan Saat Hamil Tua

Pada dasarnya, tidak ada larangan berhubungan saat hamil usia tujuh bulan ke atas. Hanya saja, kondisi ibu dan kehamilannya harus diperhatikan.

Selama kondisi hamil sehat, tidak ada kontraksi rahim, tidak ada flek yang keluar dari vagina, dan letak plasenta normal, berhubungan intim saat hamil tua boleh dilakukan. 

Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa hubungan seks di trimester ketiga akan menimbulkan sejumlah kesulitan. Perut ibu yang makin membesar membuat posisi seks saat trimester ketiga lebih menantang.

Artikel Lainnya: Penyebab Pendarahan Setelah Berhubungan Seks Saat Hamil

Tak hanya itu, sperma yang dikeluarkan oleh suami juga dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim yang mungkin membuat ibu merasa sedikit nyeri.

Selain itu, kondisi orgasme yang tercapai saat hubungan seksual juga dapat menimbulkan kontraksi pada rahim sehingga ibu merasa nyeri.

Kontraksi tersebut memang biasanya tidak cukup kuat untuk membuat ibu ingin bersalin, jadi tak perlu dikhawatirkan.

Akan tetapi, untuk lebih aman, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda terlebih dahulu demi memastikan kondisi kehamilan benar-benar aman dan Anda boleh melakukan hubungan seksual. 

2 dari 3 halaman

Posisi Seks yang Aman untuk Ibu Hamil Trimester Ketiga

Lalu, bagaimana gaya berhubungan intim yang aman saat hamil trimester ketiga? 

Ada beberapa posisi seks yang cukup aman dilakukan saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga, yakni:

1. Posisi Spooning 

Posisi ini dapat dilakukan dengan cara berpelukan menyamping dengan pasangan. Ibu berbaring menyamping di posisi depan, sedangkan pasangan di posisi belakang sambil memeluk.

Dengan menerapkan cara berhubungan intim yang aman, maka akan mengurangi tekanan di bagian perut ibu pada usia kehamilan 9 bulan. 

Artikel Lainnya: Pasutri, Ini Posisi Seks yang Bisa Dilakukan saat Hamil

2. Posisi Woman on Top

Posisi woman on top (WOT) juga dapat menjadi pilihan gaya berhubungan saat hamil trimester ketiga.

Pada posisi ini, ibu hamil akan berada di atas pasangan yang berbaring di atas kasur. Gaya ini dapat dikatakan aman dan pas untuk ibu yang perutnya semakin membesar. 

Dengan gaya berhubungan ini, ibu memiliki keleluasaan dalam mengatur penetrasi penis agar terasa lebih nyaman bagi dirinya. 

3. Posisi Edge of Bed

Pada posisi ini, Anda dan pasangan berhubungan intim di sisi tempat tidur. Hampir sama dengan posisi misionaris klasik, bedanya posisi ini membuat pasangan Anda berlutut di tepi ranjang. 

Selain menghindari tekanan pada perut yang kian membesar, posisi seks ini akan membuat ibu nyaman pada trimester ketiga kehamilan.

Artikel Lainnya: Sederet Manfaat Berhubungan Intim saat Hamil

4. Posisi Reverse Cowgirl 

Pada posisi ini, pasangan berbaring, sedangkan ibu duduk di antara pinggang suami dengan tubuh menghadap ke bagian kakinya. Saat penetrasi dilakukan, ibu bisa menopang perut yang membesar di bagian paha pasangan. 

5. Posisi Side by Side

Cobalah posisi seks side by side saat hamil trimester ketiga. Selain aman, keintiman pun akan meningkat karena saat melakukan posisi ini, ibu dan pasangan saling berhadapan.

Untuk melakukan posisi ini, berbaringlah di samping pasangan dengan menghadap satu sama lain. Kemudian, gantungkan kaki ibu kiri di atas badan pasangan.

6. Posisi Duduk 

Posisi hubungan badan yang bagus saat hamil tua sebaiknya membuat ibu lebih leluasa mengatur penetrasi penis. Maka dari itu, posisi duduk dapat menjadi salah satu pilihannya.

Pada posisi ini, pasangan dapat berada pada posisi duduk dengan sandaran, kemudian ibu berada di atas.

Dengan posisi seks yang sesuai, Anda tetap dapat merasa aman dan nyaman dalam berhubungan intim di trimester ketiga. Asalkan, kondisi kehamilan sehat dan bebas dari penyulit. Anda juga harus sudah memastikan ke dokter kandungan bahwa kondisi kehamilan cukup aman untuk melakukan hubungan intim.

Ingin tahu informasi lainnya seputar kehamilan? Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi Klikdokter

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar