Sukses

Manfaat Minyak Zaitun untuk MPASI Bayi

Sebagian ibu sering mencampurkan minyak zaitun ke dalam menu makanan bayi. Apa manfaat MPASI minyak zaitun untuk kesehatan si Kecil?

Tak sedikit orang tua yang menjadikan minyak zaitun sebagai bahan campuran menu MPASI. Apa, sih, manfaat manfaat minyak zaitun untuk MPASI bayi? Apakah aman untuk si Kecil?

Sejatinya, minyak zaitun dapat menjadi salah satu bahan campuran untuk diberikan pada bayi saat masuk dalam MPASI. Layaknya orang dewasa, si Kecil pun membutuhkan asupan lemak sehat yang bisa didapat dari minyak zaitun ini.

Selain lemak, terdapat kandungan vitamin A, C, D, B6, kalsium, magnesium, kalium, dan natrium yang turut melengkapi nutrisi minyak nabati ini.

Karena dinilai memiliki kandungan yang baik, tak heran minyak zaitun kerap dijadikan campuran untuk MPASI. Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak zaitun untuk bayi: 

1. Sebagai Asupan Lemak Baik 

Minyak zaitun mengandung lemak baik yang dapat membantu meningkatkan berat badan anak. Tak hanya lemak baik, minyak zaitun juga mengandung kalori yang bisa membantu mengenyangkan perut si Kecil.

Untuk itu, hindari memberikan minyak zaitun dalam jumlah yang berlebihan agar si Kecil dapat menikmati makanan lainnya.

Artikel Lainnya: Tips Saat Anak Menolak MPASI Pertama

1 dari 3 halaman

2. Membantu Perkembangan Otak

Minyak zaitun baik untuk perkembangan otak bayi karena memiliki kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin K, dan vitamin E tinggi. Kandungan tersebut dipercaya bisa meningkatkan fungsi otak bayi Anda. 

3. Memperkuat Tulang Bayi

Ternyata, minyak zaitun yang ditambahkan ke dalam MPASI juga bermanfaat untuk kesehatan tulang bayi. Selain vitamin C, K, dan E yang tinggi, minyak zaitun mengandung vitamin D yang dapat membantu memperkuat tulang si Kecil.

Jika diberikan secara rutin dan diimbangi dengan ASI, anak jadi lebih mungkin terhindar dari osteoporosis di masa depan. 

4. Memelihara Kesehatan Jantung si Kecil

Tidak perlu khawatir dalam menambahkan minyak zaitun untuk bayi Anda. Ini karena kandungan lemak baik di dalamnya akan turut membantu menjaga kesehatan jantung si Kecil.

Tingginya kandungan antioksidan polifenol dalam minyak zaitun juga membantu mencegah penumpukan lemak di dalam pembuluh darah, sehingga elastisitas pembuluh darah tetap terjaga.

5. Menjaga Organ Hati

Salah satu manfaat minyak zaitun untuk bayi adalah dapat menjaga organ hati si Kecil. Dalam penelitian laboratorium, ditemukan bahwa molekul dalam minyak zaitun bisa membantu mencegah kerusakan organ hati lebih lanjut.

Artikel Lainnya: Cek! Menu MPASI untuk Menambah Berat Badan Bayi 

Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan asam oleat dan fenol dalam minyak zaitun. Kandungan tersebut diketahui bisa mencegah terjadinya peradangan, stres oksidatif, dan resistensi insulin yang dapat menghasilkan kerusakan hati. 

2 dari 3 halaman

6. Mengatasi Masalah Konstipasi

Bayi usia 6 bulan ke atas bisa mengalami konstipasi. Nah, minyak zaitun yang ditambahkan dalam MPASI dipercaya dapat berperan sebagai pencahar alami, sehingga bisa mengatasi masalah konstipasi pada si Kecil.

Meski demikian, Anda perlu berhati-hati. Pasalnya, memberikan minyak zaitun untuk bayi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko diare.

7. Melindungi si Kecil dari Infeksi Bakteri

Minyak zaitun dikenal memiliki potensi sebagai antibakteri alami. Dengan menambahkan minyak zaitun dalam MPASI, secara tidak langsung Anda membantu menghambat hingga membunuh bakteri penyebab infeksi. Si Kecil pun dapat terhindar dari sakit. 

Demikian berbagai khasiat menambahkan minyak zaitun pada MPASI bayi. Cukup tambahkan 1 sdt (atau setara dengan 5 ml minyak zaitun) dalam sekali makan MPASI. Anda juga dapat menggunakan minyak nabati ini untuk memasak atau menumis bumbu MPASI.

Memberikan minyak nabati seperti minyak zaitun terbukti aman dan bermanfaat untuk bayi. Anda juga bisa memvariasikan jenis minyak yang digunakan, misalnya minyak kanola maupun minyak biji bunga matahari.

Jika Anda masih ragu dan ingin bertanya lebih lanjut seputar MPASI, silakan konsultasi dengan para dokter tepercaya melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar