Sukses

Pasta Gigi untuk Mengencangkan Payudara, Memang Bisa?

Selain digunakan untuk merawat kesehatan gigi dan mulut, ternyata pasta gigi juga banyak dipercobakan untuk mengencangkan payudara. Apakah efektif?

Pasta gigi memiliki peran yang penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Tidak terbatas pada itu, sebagian orang juga percaya bahwa benda yang sering disebut odol ini juga efektif untuk mengencangkan payudara.

Sempat beredar sebuah video yang mengatakan bahwa kombinasi antara pasta gigi, putih telur, mentimun, dan tepung bisa membantu mengencangkan payudara. Efek yang dihasilkan pun tergolong instan.

Pertanyaannya, apakah efektif cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini agar Anda tidak salah kaprah. 

Kandungan Pasta Gigi Membuat Payudara Terasa Kencang? 

Kandungan di dalam pasta gigi secara garis besar adalah agen abrasif, seperti kalsium karbonat, dikalsium fosfat dihidrat, dan magnesium trisilikat. Di dalam pasta gigi juga terdapat perasa, deterjen, fluoride, dan air.

Semua kandungan yang ada di dalam pasta gigi berfungsi untuk membersihkan noda dan kotoran yang ada di gigi. 

Sedangkan, fluoride terbukti bermanfaat untuk mempertahankan mineral dari enamel gigi dan mencegah terjadinya gigi berlubang dan pertumbuhan bakteri berbahaya. Serta kandungan menthol dapat membuat napas lebih segar.

Artikel lainnya: Buah Alpukat Bisa Memperbesar Payudara, Mitos atau Fakta?

Lalu, benarkah senyawa yang ada di dalam pasta gigi bisa membantu mengencangkan payudara? Dan, adakah cara memperbesar payudara menggunakan pasta gigi? 

Rasa kencang pada payudara setelah dioles pasta gigi kemungkinan karena adanya bahan-bahan yang membuat kulit menjadi kering dan terasa seperti tertarik. 

Inilah mengapa banyak yang berasumsi bahwa payudara mereka terasa kencang, bahkan lebih besar. Tapi kalau sudah dicuci bersih, maka akan kembali lagi kulitnya. 

Hal ini menjelaskan bahwa pasta gigi tidak terbukti dapat mengencangkan atau membesarkan payudara.

Bahaya Mengoleskan Pasta Gigi ke Payudara

Sekarang Anda sudah tahu, kan, bahwa cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi hanyalah mitos? 

Justru, mengoleskan pasta gigi dan bahan-bahan lainnya ke kulit payudara itu berbahaya dan berisiko meningkatkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya: 

1. Reaksi Alergi

Mengoleskan pasta gigi ke payudara bisa saja menimbulkan reaksi alergi dengan gejala utama ruam kemerahan.

Tidak hanya sebatas itu, kandungan deterjen atau SLS (senyawa penghasil busa pada pasta gigi) juga bisa menyebabkan iritasi yang hebat jika dipaparkan ke kulit payudara.

Kedua senyawa tersebut dapat dengan mudah diserap ke dalam tubuh. Setelah terserap, endapan zat ini bisa tertinggal di otak, jantung, paru, dan hati. Dalam jangka panjang, endapan tersebut dapat memicu masalah kesehatan.

2. Dermatitis Kontak

Pasta gigi juga umumnya mengandung propylene glycol untuk bahan pengawet. 

Zat ini dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan dermatitis kontak. Bahkan, studi terakhir menunjukkan bahwa zat tersebut bisa merusak ginjal dan hati.

Artikel lainnya: Cara Mengencangkan Payudara yang Kendur Secara Alami

3. Kulit Payudara Jadi Kering

Pasta gigi umumnya memiliki kandungan seperti baking soda, hidrogen peroksida, menthol, deterjen, dan lainnya. Sehingga jika dioleskan pada kulit payudara akan terasa sensasi kesemutan dan rasa kencang untuk sementara saja. 

Efek lainnya dari bahan-bahan tersebut bisa membuat kulit sekitar payudara menjadi kering. 

Bukannya kencang dan indah, cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi malah bisa memberikan efek samping yang sangat merugikan. 

Lalu, adakah cara untuk mengencangkan payudara yang terbukti efektif dan aman secara medis? Ada! Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengencangkan payudara: 

  • Olahraga secara rutin dan teratur. Beberapa olahraga yang dapat dijadikan pilihan, misalnya push up dan angkat beban.
  • Kontrol berat badan agar tetap berada di rentang ideal.
  • Gunakan bra yang sesuai agar bisa menopang payudara, sehingga bentuknya akan terjaga dengan optimal. Jangan lupa juga untuk gunakan bra khusus saat olahraga.
  • Gunakan masker atau krim khusus untuk kulit payudara. Ini hanya bertujuan untuk mencegah kekenduran pada kulit payudara, bukan untuk memadatkannya.
  • Pemasangan silikon pada payudara juga bisa menjadi pilihan. Tapi, tindakan ini ada risikonya. Misalnya, silikon bocor, infeksi setelah operasi, dan lainnya.

Jadi, cara mengencangkan payudara dengan pasta gigi hanyalah mitos belaka. Anda sebaiknya tidak menelan mentah-mentah dan mengikutinya, agar tidak mengalami hal-hal yang merugikan kesehatan.

Yuk, lebih bijak lagi dalam menyikapi segala informasi yang diterima dari mana saja. 

Untuk membaca artikel kesehatan lainnya, Anda bisa mengunduh aplikasi KlikDokter. Anda juga dapat berkonsultasi secara daring kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam.

[RS]

2 Komentar