Sukses

Nonton Drama Korea Bikin ASI Deras, Benarkah?

Sebagian ibu menyusui tahu bagaimana cara memperbanyak ASI versi mereka, yaitu nonton drama korea. Apa kata medis terkait hal tersebut? Ini faktanya!

Cara memperbanyak ASI biasanya tak akan jauh-jauh dari ramuan herbal, misalnya konsumsi sayur daun katuk. Namun, ASI booster versi ibu-ibu milenial ternyata jauh berbeda. Pasalnya, ibu-ibu milenial mengaku salah satu caranya dengan nonton drama Korea alias drakor!

Salah satunya Ningrum, ibu berusia 34 tahun. Menurut pengakuannya, nonton drakor bikin produksi ASI-nya berlimpah, bahkan lebih banyak dari biasanya. 

“Aku kalau lagi memompa ASI paling mentok di angka 80 ml. Bahkan kalau stres, cuma 50 ml. Beda pas aku memompa ASI sambil nonton drama Korea. Jumlahnya bisa 100-120 ml,” terang Ningrum kepada Klikdokter.

Suaminya pun tidak pernah protes dengan kebiasaan tersebut. Asalkan si istri senang dan produksi ASI lancar, maka sah-sah saja untuk dilakukan. 

1 dari 4 halaman

Efek Nonton Drama Korea untuk Perbanyak ASI Busui

Efek nonton drama Korea yang katanya bisa memperbanyak ASI ditanggapi oleh dr. Devia Irine Putri.

“Sebenarnya. ASI itu sendiri bersifat supply dan demand. Jadi, produksinya bergantung pada permintaan bayi. Semakin sering diberikan kepada bayi, maka produksinya juga akan bertambah,” jelasnya. 

“Selain harus terus diberikan kepada bayi, cara memperbanyak ASI dan melancarkannya adalah dengan membuat si ibu relaks. Kalau stres, hormon kortisol di tubuh akan tinggi dan menghambat oksitosin atau si hormon penghasil ASI,” tambah dr. Devia. 

Lebih lanjut, dr. Devia juga mengatakan bahwa nonton drama Korea bisa menjadi salah satu cara meningkatkan hormon oksitosin sehingga produksi ASI akan meningkat.

“Ditambah lagi, nonton drakor kesukaan itu bisa killing time alias membunuh waktu saat ibu-ibu lagi memompa ASI,” sambungnya.

Tak dimungkiri bahwa terbangun tengah malam untuk memompa ASI memang bikin jenuh. Bahkan, beberapa ibu bisa saja mengalami gangguan mood akibat kondisi tersebut. Karena dia memompa sambil kesal, maka ASI yang keluar akan sedikit. 

Beda hasilnya jika Anda memompa ASI sambil melakukan hal yang membuat relaks dan senang, dalam hal ini nonton drakor plus ada aktor kesayangan. Pasti ASI yang dihasilkan bisa lebih banyak. 

Artikel Lainnya: Kualitas ASI Perah Tak Sebaik ASI yang Diberikan Langsung?

2 dari 4 halaman

Drama Korea Ditambah Nutrisi Tepat Bikin ASI Makin Lancar

Manfaat nonton drama Korea memang bisa menjadi cara melancarkan produksi ASI. Ini karena menyaksikan sesuatu yang disukai berperan dalam memperbanyak hormon oksitosin.

Kendati demikian, ada beberapa hal terkait nutrisi yang tetap harus dilakukan ibu menyusui agar produksi ASI bisa lancar secara konsisten, yaitu:

  • Menambah Asupan Kalori

Ibu menyusui memerlukan sekitar 2.200 kalori per hari. Jadi, tahan dulu mimpi Anda untuk berdiet-diet. Akan lebih baik jika Anda memenuhi kebutuhan tersebut, agar produksi ASI bisa lancar secara konsisten.

  • Cukupi Karbohidrat, Protein, dan Kalsium 

Sembari nonton, isi piring makan Anda dengan karbohidrat kompleks, protein nabati dan hewani. Jangan lupa juga untuk minum susu, ya. Ini penting untuk mencukupi kebutuhan gizi ibu menyusui agar ASI semakin berkualitas. 

Hindari terlalu banyak makan camilan tinggi garam atau gula. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan bergizi saat Anda menyaksikan Lee Min Ho, Hyun Bin, atau Kim Soo Hyun berakting. Pasti manfaatnya jadi berlipat ganda!

  • Perbanyak Minum Air Putih

Ibu menyusui cenderung cepat haus. Ini disebabkan oleh tubuh yang menggunakan cadangan air untuk pembentukan ASI. Penting bagi busui untuk minum 2,25 sampai 2,7 liter dalam sehari. 

Artikel Lainnya: Awas, Gangguan Hormon Sebabkan ASI Tidak Lancar!

3 dari 4 halaman

Bosan Nonton Drakor? Ini Aktivitas Lain Agar Busui Relaks dan Senang

Sesuatu yang menyenangkan jika dilakukan terlalu sering memang kadang bikin bosan, apalagi kalau stok drama korea yang bagus menurut selera sedang habis. 

Kalau sudah begitu, ibu menyusui harus bisa melakukan hal lain yang membuat dirinya relaks dan senang. Beberapa alternatif kegiatan yang bisa dilakukan, antara lain sebagai berikut ini.

  • Olahraga yoga. Selain bikin kondisi tubuh lebih segar, jenis olahraga yang satu ini juga bisa membuat pikiran Anda menjadi lebih tenang.
  • Dengarkan musik atau nonton film genre comedy romance. Buat sebagian besar wanita, film-film tersebut bisa memperbaiki mood sehingga hormon oksitosin meningkat.
  • Pergi ke salon untuk massage, creambath, atau meni-pedi. Mempercantik diri bisa membuat ibu menyusui lebih senang dan percaya diri sehingga hormon oksitosin pun meningkat. 

Nonton drama Korea dapat dijadikan sebagai cara memperbanyak ASI buat sebagian ibu muda. Jika Anda bukan penggemar drakor, yang penting adalah melakukan segala sesuatu yang bisa membangkitkan mood serta membuat perasaan nyaman dan senang. 

Bila masih ada pertanyaan mengenai cara melancarkan ASI atau masalah kesehatan lainnya, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan dokter lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar