Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Inilah Sederet Akibat Melakukan Hubungan Seks di Usia Dini

Inilah Sederet Akibat Melakukan Hubungan Seks di Usia Dini

Salah satu suku di Papua Nugini memiliki sebuah tradisi, yaitu memperbolehkan anak usia 6 tahun hubungan seks. Dari sisi medis, apakah seks usia dini aman bagi kesehatan?

Papua Nugini adalah sebuah negara dengan pesona alam yang sangat memanjakan mata. Namun, jauh di dalam pedalaman daerah tersebut, terdapat sebuah suku yang memperbolehkan anak usia 6 tahun untuk melakukan hubungan seksual.

Apabila ditinjau dari sisi medis, seks usia dini sangat tidak disarankan. Pasalnya, masalah reproduksi dan gangguan psikologis bisa saja terjadi akibat melakukan seks usia dini.

1 dari 3 halaman

Mengulik Bahaya Berhubungan Intim Usia Dini

Terlepas dari adanya pengaruh adat atau tradisi, seks usia dini merupakan tindakan yang dapat menyebabkan dampak merugikan. Hal ini khususnya terjadi jika tindakan tersebut dilakukan oleh anak yang bahkan belum menginjak masa pubertas.

Berdasarkan penuturan dr. Devia Irine Putri, melakukan hubungan seksual di usia yang sangat muda bisa menyebabkan trauma.

“Anak-anak seharusnya masih menjalani hal-hal yang menyenangkan, seperti bermain dan sebagainya. Kalau mereka sudah harus melakukan hubungan seksual padahal belum waktunya, itu bisa menimbulkan dampak merugikan di kemudian hari,” kata dr. Devia.

Artikel Lainnya: 5 Langkah Mudah Berikan Edukasi Seks kepada Anak

Lebih lanjut, dr. Devia mengungkapkan seks usia dini juga bisa meningkatkan risiko komplikasi kehamilan di kemudian hari. Misalnya, anemia atau kurang darah, perdarahan saat persalinan, bahkan kelahiran prematur.

“Hal itu terjadi karena alat reproduksi yang dimiliki anak belum sepenuhnya siap untuk melakukan hubungan seksual,” ujar dr. Devia.

“Selain komplikasi kehamilan, seks usia dini juga bisa meningkatkan risiko kanker serviks di kemudian hari. Karena semakin dini melakukan hubungan seks, semakin cepat pula risiko terpapar virus HPV,” sambungnya.

Dampak negatif seks usia dini tidak berhenti di situ. Faktanya, tindakan tersebut ternyata juga bisa memberikan dampak psikologis bagi sang anak. Apalagi jika hubungan seksual ini dilakukan  di bawah paksaan.

Psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi mengatakan anak yang dipaksa untuk melakukan seks usia dini bisa saja berujung pada terjadinya trauma berkepanjangan.

Selain itu, anak juga bisa menjadi sosok yang rendah diri atau merasa tidak berharga karena dia sulit mengungkapkan hal yang dirasakannya akibat tertekan oleh paksaan.

“Anak juga jadi tidak mudah percaya dengan orang lain, terutama sosok lawan jenisnya. Ada perasaan bersalah atau malu, karena pernah mengalami kondisi berhubungan seksual yang dipaksakan,” ungkap Ikhsan.

Artikel Lainnya: Cara Melindungi Anak agar Tidak Terjerumus Pergaulan Bebas

2 dari 3 halaman

Tips Mencegah Hubungan Seks pada Anak Usia Dini

Sebisa mungkin, hubungan seks pada anak usia dini benar-benar dihindari. Untuk mewujudkan hal tersebut, orang tua memiliki peran yang sangat besar.

“Peran orang tua sangat besar. Kalau bisa memberikan pendidikan seksual sedini mungkin dengan bahasa dan materi yang mudah dimengerti. Misalnya, mengajari batasan tubuh mana yang tidak boleh dipegang dan dilihat oleh orang lain,” tutur dr. Devia.

Bukan hanya itu, dr. Devia mengatakan bahwa upaya-upaya berikut juga sangat diperlukan untuk mencegah hubungan seks pada anak usia dini:

  • Bekerja sama dengan pihak sekolah untuk memberikan edukasi seks yang tepat sasaran dan sesuai dengan usia.
  • Membatasi penggunaan gawai. Kalau memang menggunakan gawai, orang tua wajib mendampingi alias tidak membiarkan anak sendiri.
  • Keterbukaan antara orang tua dan anak. Sebisa mungkin orang tua harus bersikap terbuka. Dengan demikian, anak juga tidak akan malu untuk bercerita mengenai diri dan lingkungannya.
  • Pantau dan perhatikan lingkup pertemanan si anak. Jika hendak menetapkan larangan, berikan juga alasan yang jelas agar anak bisa sepenuhnya mengerti.

Seks usia dini ternyata dapat membawa banyak kerugian bagi si Kecil. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memberikan pengawasan dan bimbingan yang tepat agar anak terhindar dari kerugian tersebut.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai akibat berhubungan intim usia dini? Anda punya pertanyaan mengenai masalah kesehatan lainnya? Tanyakan saja melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar