Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Kulit Bayi Sensitif, Jangan Asal Pilih Produk untuk Mandi

Kulit Bayi Sensitif, Jangan Asal Pilih Produk untuk Mandi

Kulit bayi sangat sensitif sehingga mudah muncul ruam. Oleh sebab itu, pilihlah produk mandi bayi yang terbukti aman dan tidak menyebabkan iritasi.

Mandi merupakan waktu yang tepat untuk membangun ikatan antara orang tua dan anak dengan suara, sentuhan halus, ataupun kontak mata. Selain itu, mandi dapat membuat kulit bayi yang sensitif tetap bersih dan membantu mencegah ruam.

Kulit bayi yang sensitif membuat orang tua harus tahu betul bagaimana cara memandikan bayi yang benar, terutama saat bayi baru lahir. Hal ini tentu saja untuk menghindari timbulnya lecet, reaksi alergi, atau gangguan kulit lainnya.

Cara memandikan yang benar tidak hanya penting bagi ibu yang anaknya sudah lahir. Ibu hamil trimester ketiga juga bisa mulai mempelajarinya agar tidak kaget dan lebih siap dalam mengurus si Kecil nantinya.

1 dari 3 halaman

Waspada Kulit Sensitif pada Bayi

Mengapa kulit bayi sangat halus dan sensitif? Karena, lapisan terluar kulitnya 30 persen lebih tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa. Lalu, kelembapan kulit bayi juga lebih cepat hilang sehingga rentan kering dan iritasi.

Ada beberapa hal yang sering menimbulkan iritasi pada kulit bayi, yaitu produk bayi yang tidak cocok, penggunaan popok yang salah, detergen, pewangi pakaian, dan bahan kimia lainnya.

Muncul rasa gatal, perih, dan kering di kulit adalah hal yang sangat mengganggu pada orang dewasa, apalagi jika itu terjadi pada bayi Anda. Ini akan membuat bayi Anda rewel karena kulitnya yang iritasi.

Oleh karena itu, produk mandi untuk kulit bayi berbeda dengan orang dewasa. Anda perlu memilih produk mandi bayi yang sudah terbukti lembut dan aman untuk mencegah ruam kulit.

2 dari 3 halaman

Mandikan Bayi dengan Produk yang Aman

Bayi baru lahir ternyata tidak perlu dimandikan tiap hari, 3-4 kali seminggu sudah cukup untuk membuatnya tetap bersih dan terbebas dari ruam kulit. Pembatasan mandi ini dilakukan agar tidak menghilangkan minyak alami yang berfungsi untuk melindungi kulitnya.

Lalu, pastikan air yang Anda gunakan bersuhu pas untuk kulit bayi. Jangan menggunakan air yang terlalu panas karena akan membuat kulitnya lebih kering. Pastikan juga mandinya tidak terlalu lama atau lebih dari 10 menit. Hal ini berguna untuk mencegah kulit bayi yang sensitif menjadi iritasi.

Hal yang tidak kalah penting adalah penggunaan produk mandi bayi. Pastikan produk yang Anda gunakan itu memiliki kandungan yang aman, lembut, dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif.

Produk mandi bayi yang aman harus menggunakan bahan yang ringan dan tetap menjaga keseimbangan alami kulit, terutama pada lapisan terluar.

Selalu perhatikan kandungan dari produk bayi sebelum Anda membeli dan menggunakannya untuk si Kecil. Pastikan produk yang Anda akan gunakan pada bayi Anda terbuat dari bahan-bahan alami yang sudah teruji hypoallergenic, yaitu menggunakan seminimal mungkin bahan yang bisa menimbulkan reaksi alergi.

Selain itu, kadar pH dari produk mandi bayi Anda juga penting. Bayi baru lahir memiliki pH kulit yang sedikit asam, yaitu sekitar 5,5. Jadi, pilihlah produk mandi bayi dengan pH yang paling mendekati dengan pH kulit bayi. Paling aman menggunakan produk mandi dengan pH yang netral agar tidak mengganggu lapisan pelindung kulitnya.

Lalu, karena kulit bayi sangat sensitif dan mudah terkena masalah kulit, pastikan Anda memilih produk yang berlabel dermatologically tested. Itu menandakan bahwa produk tersebut telah diuji keamanannya dan diawasi secara langsung oleh dokter kulit.

Sudah tahu, kan, kenapa kulit bayi sensitif? Oleh karena itu, pastikan Anda memilih produk mandi bayi yang sudah terbukti aman untuk kulitnya, guna mencegah iritasi dan ruam yang meresahkan.

Jika bayi telanjur mengalami masalah pada kulitnya, segera konsultasikan kepada dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Anda masih memiliki pertanyaan terkait topik ini? Tanyakan saja langsung melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar