Sukses

Membersihkan Rambut Bayi, Kapan dan Bagaimana Caranya?

Menjaga kebersihan tubuh bayi wajib dilakukan, termasuk bagian rambutnya. Tetapi, bagaimana cara membersihkan rambut bayi yang benar?

Menjaga kesehatan dan kebersihan bayi pastinya merupakan prioritas Anda sebagai orang tua. Bayi memerlukan perhatian khusus, karena ia belum dapat membersihkan dirinya sendiri. Salah satu bagian tubuh bayi yang wajib diperhatikan adalah rambut.

Pasalnya, rambut yang tidak dibersihkan dengan baik bisa menjadi sarang tempat kuman dan kotoran. Pada akhirnya, hal ini dapat menyebabkan bayi terkena penyakit. Lalu, bagaimana cara membersihkan rambut bayi yang benar?

Kapan Perlu Membersihkan Rambut Bayi?

Tentunya Anda ingin si Kecil selalu bersih, sehingga Anda berpikir untuk mencuci rambutnya setiap hari. Faktanya, Anda tidak perlu mencuci rambut bayi setiap hari, khususnya pada bayi yang baru lahir.

Pada sebagian besar kasus, kotoran pada kepala bayi dapat dibersihkan degan menggunakan lap basah dan mengeringkan kepalanya setelah itu.

Jika Anda ingin menggunakan sampo, Anda dapat membersihkan rambut si Kecil dengan sampo sebanyak 2-3 kali seminggu. Jangan lupa untuk membersihkan kepala bayi secara lembut dan hindari tekanan yang berlebihan.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan hair lotion pada kepala bayi, untuk menjaga kelembapan rambut dan kesehatan kulit kepala si Kecil.

1 dari 2 halaman

Cara Membersihkan Rambut Bayi

Lalu, bagaimana cara membersihkan rambut bayi yang benar? Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencuci rambut si Kecil:

  • Siapkan air dan keperluan mandi seperti sabun dan sampo.
  • Baringkan bayi di atas handuk.
  • Gunakan tangan Anda untuk mengambil sedikit air hangatdan tuangkan secara lembut ke kepala bayi untuk membasahi rambutnya.
  • Oleskan sedikit sampo bayi di rambut bayi Anda.
  • Gosok dengan lembut dalam gerakan memutar.
  • Kemudian, gunakan cangkir plastik atau tangan Anda untuk membilas sampo sampai rambut bayi bersih dari sampo.

Kini, Anda tidak perlu bingung lagi dalam membersihkan rambut bayi. Dengan menjaga kebersihan rambutnya, niscaya bayi akan terhindar dari penyakit yang mengintai.

Jika Anda masih memiliki pertanyaan terkait cara membersihkan kotoran pada rambut bayi, konsultasikan saja kepada dokter kami melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Yuk, unduh aplikasinya sekarang juga!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar