Sukses

Lebih Optimal Manfaatnya, Gunakan Ini Saat Memijat Bayi

Selain mandi, pijat bayi juga dapat Anda lakukan untuk mempererat ikatan antara satu sama lain. Agar lebih optimal, yuk, ketahui tipsnya disini.

Saat belum memahami bahasa, bayi membutuhkan sentuhan untuk berkomunikasi dan menghibur mereka. Misalnya, ketika bayi Anda menangis, dengan menggendong dan membelainya mereka akan tenang. Dengan melakukan pijat bayi, Anda juga memberikan rangsangan sentuhan sehingga bayi akan merasa lebih nyaman.

Pijat bayi tidak hanya berguna bagi si Kecil, tetapi juga untuk orang tua yang melakukannya. Hal ini akan membuat hubungan antara anak dan orang tua menjadi lebih erat.

Manfaat pijat bayi yang sudah terbukti adalah meningkatkan sirkulasi darah, otot, saraf, serta membantuperkembangan otak. Selain itu, bayi Anda juga akan lebih tenang, jarang menangis, dan memiliki kualitas tidur yang baik.

1 dari 3 halaman

Tips Memiijat Bayi yang Aman

Agar memperoleh manfaat yang lebih optimal, berikut cara memijat bayi yang aman dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah:

  • Letakkan bayi pada kasur yang telah dialaskan handuk atau kain lembut.
  • Hangatkan minyak atau krim di tangan Anda dengan menggosok kedua telapak tangan.
  • Mulailah dengan memijat bagian kaki. Lakukan pijatan lembut dari paha sampai mata kaki dengan gerakan lurus atau memutar.
  • Lanjutkan memijat telapak kaki sampai ke jari-jari mungilnya. Gunakan juga gerakan memutar pada telapak dan punggung kakinya, lalu berikan tarikan lembut pada setiap jarinya.
  • Untuk bagian dada, letakkan kedua tangan dengan lembut di tengah tubuh bayi Anda, lalu lakukan pijatan lembut ke arah luar dan ulangi gerakan beberapa kali.
  • Untuk bagian perut, lakukan pijatan melingkar searah jarum jam secara lembut. Hindari memijat bagian pusar jika belum sembuh dengan baik.
  • Pijat lengan bayi dengan belaian lembut dari bahu sampai ke pergelangan tangan. Lakukan juga tarikan lembut pada jari-jari tangannya.
  • Lalu, gunakan jari-jari Anda untuk memijat bagian muka. Mulailah dari tengah dahi, turun ke bagian pipi sampai dagu. Untuk kepala, lakukan pijatan seperti membentuk lingkaran kecil.
  • Tengkurapkan bayi, lalu mulailah pijatan dari leher hingga bokong menggunakan jari Anda dan lakukan secara berulang.

Pilihlah waktu yang tepat untuk melakukan pijat bayi dan pastikan anak Anda tidak sedang lapar ataupun lelah. Atur juga suhu ruangan yang nyaman untuk bayi agar mereka lebih siap berinteraksi dengan Anda.

2 dari 3 halaman

Minyak Pilihan untuk Optimalkan Manfaat Pijat Bayi

Mempersiapkan minyak adalah hal utama yang perlu diperhatikan saat memijat bayi. Karenanya, pastikan Anda menggunakan minyak yang tepat, yakni minyak yang dapat menghangatkan tubuh dan terbuat dari bahan-bahan yang aman.

Salah satu yang sering digunakan pada bayi adalah minyak telon. Minyak ini terdiri dari campuran minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa.

Jika digunakan saat memijat bayi, minyak telon akan memberikan kehangatan pada tubuh si Kecil. Selain itu, minyak telonmemiliki bau yang khas dan tentunya lembut untuk bayi.

Menggunakan minyak ini saat memijat mampu melindungi kulit bayi dari gigitan serangga dan melegakan pernapasannya, terutama saat si Kecil sedang mengalami gangguan pernapasan, seperti beringus. Minyak telon juga dapat meredakan nyeri dan perut kembung yang dialami bayi Anda.

Jika Anda menggunakan minyak telon saat memijat bayi, pastikan produk yang digunakan telah teruji secara klinis memiliki kandungan yang alami dan aman bagi bayi. Pastikan juga bahan yang terkandung di dalamnya hypoallergenic, sehingga aman digunakan untuk kulit bayi yang sensitif sekalipun.

Meski minyak ini aman, bukan berarti semua bagian tubuh bisa dioleskan minyak telon, ya. Yang bisa Anda olesi minyak telon adalah bagian dada, perut, tangan, kaki, dan punggung.

Sebisa mungkin hindari penggunaan minyak pada bagian wajah bayi agar tidak terkena mata. Jangan pula mengoleskannya pada jari tangan bayi guna mencegah minyak masuk ke mulut. Daerah sensitif bayi seperti organ genital juga harus dihindari dari penggunaan minyak telon.

Setelah mengetahui manfaat dan tips melakukan pijat bayi, pastikan juga minyak oles yang Anda gunakan adalah minyak yang memiliki manfaat kesehatan untuk si Kecil. Semoga bermanfaat!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar