Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ini Cara Menyapih Anak yang Masih Minum ASI Setelah Usia 2 Tahun

Ini Cara Menyapih Anak yang Masih Minum ASI Setelah Usia 2 Tahun

Tidak sedikit anak yang masih menyusu, meski usianya sudah lebih dari 2 tahun. Apakah anak Anda salah satunya? Jangan panik, ini cara menyapih anak lebih dari 2 tahun!

Sudah menjadi pengetahuan lazim bahwa anak mesti disapih agar tidak minum ASI lagi ketika usianya menginjak usia 2 tahun. Sayangnya, tidak setiap ibu bisa melakukan tersebut.

Saking sulitnya, tak sedikit pula ibu yang bahkan baru menyapih anak ketika usianya menginjak 4 tahun.

Kisah tersebut dialami oleh salah satu ibu bernama Ajeng (35). Ia mengaku, anaknya masih menyusu sampai usia 4 tahun. Usut punya usut, hal yang dialami Ajeng rupanya terjadi akibat rasa khawatir.

"Entah mengapa saya merasa sedih kalau anak tidak menyusu lagi. Jadi seperti kehilangan bonding time, takut anak jauh. Sampai pada usia 5 tahun, saya bikin perjanjian dengan anak agar ia mau berhenti minum ASI," kata Ajeng saat diwawancarai tim KlikDokter.

1 dari 4 halaman

Cara Menyapih Anak yang Usianya Lebih dari 2 Tahun

Meski sulit, menyapih tetap harus dilakukan. Berikut ini beberapa tips menyapih anak yang usianya lebih dari 2 tahun menurut dr. Devia Irine Putri.

  • Diberikan pengertian dan dijelaskan anak kini sudah besar, jadi tidak perlu minum ASI dari payudara ibu
  • Ajak Minum susu pakai gelas. Anda bisa mengajak anak memilih gelas favorit dan membuat susu bersama.
  • Mengubah kebiasaan makan. Perbanyak makanan selingan atau snack. Anda juga bisa menambah porsi makan berat agar si Kecil merasa kenyang.
  • Menyusun aktivitas yang membuat si Kecil lupa dengan aktivitas minum ASI dari payudara. Jika si Kecil rewel minta ASI, coba alihkan dengan hal lain yang lebih menarik.
  • Libatkan suami dalam proses menyapih. Misalnya, kalau anak terbangun tengah malam, ada suami yang membantu memberikan susu atau air putih di gelas dengan menggunakan sedotan.

Baca tips menyapih anak lainnya di artikel berikut ini: Tips Menyapih Anak agar si Kecil Merasa Nyaman

Artikel Lainnya: Untuk Anak yang Lepas ASI, Susu UHT atau Formula?

2 dari 4 halaman

Masih Minum ASI meski Sudah 2 Tahun Lebih, Normal atau Tidak?

Perlu Anda tahu, dr. Devia mengatakan menyapih idealnya dilakukan saat si Kecil berusia 2 tahun. Ini karena fase oral akan berakhir saat anak berusia 2 tahun atau memasuki 3 tahun.

"Kalau dilanjutkan terus, gizi dari ASI juga tidak bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Ditambah, bisa mempengaruhi psikologis anak juga,” ujar dr. Devia.

“Masih disusui ibunya hingga usia 4 tahun bisa menyebabkan si Kecil tidak percaya diri, sulit mengambil keputusan, tidak mandiri kelak karena masih bergantung pada ibunya," sambungnya.

Berangkat dari alasan tersebut, dr. Devia menyarankan agar semua ibu berupaya menyapih anak saat usianya sudah menginjak 2 tahun. Proses menyapih pun umumnya hanya berlangsung selama 3-7 hari.

Artikel Lainnya: Saat Produksi ASI Turun, Lakukan Ini

3 dari 4 halaman

Anak Usia di Atas 2 tahun, Masih Membutuhkan ASI atau Tidak?

ASI memang mengandung beragam gizi yang dibutuhkan si Kecil. Namun, jika si Kecil sudah berusia lebih dari 2 tahun, ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan gizinya sehari-hari.

"Gizi dari ASI saja tidak dapat mencukupi kebutuhan anak yang telah berusia 2 tahun atau lebih,” tutur dr. Devia.

"Beda kalau anak di bawah 2 tahun, kapasitas lambung mereka juga tidak sebesar anak usia 2 tahun atau 4 tahun. Jadi, (bagi anak di bawah usia 2 tahun) makanan yang dikonsumsi jumlahnya terbatas dan kandungan ASI masih bisa mencukupi kebutuhan gizinya," pungkasnya.

Sekarang Anda sudah tahu faktanya, bukan? Apabila mengalami kendala atau ingin tahu lebih lanjut mengenai cara menyapih anak 2 tahun lebih, tanyakan saja pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar