Sukses

Benarkah Air Tajin Bisa Menyuburkan Rambut?

Banyak cara dilakukan untuk menyuburkan rambut, salah satu yang digunakan adalah air tajin. Benarkah air rebusan beras ini bisa tumbuhkan rambut?

Rambut rontok memang bikin pusing, ya. Berbagai Anda cara lakukan untuk kembali menumbuhkan rambut. Mulai dari menggunakan hair tonic hingga coba air rebusan beras atau yang biasa dikenal dengan sebutan air tajin. Apa kata dokter tentang ini?

Bisakah Air Tajin Menyuburkan Rambut Lebih Cepat?

Selain lidah buaya, beberapa orang mengandalkan bahan alami lainnya seperti air tajin untuk menyuburkan rambut. Namun, keberhasilan air tajin masih butuh penelitian lebih lanjut.

Menurut dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, umumnya anjuran air tajin untuk kesuburan rambut tidak memiliki backup science dan hanya berdasarkan pengetahuan empiris (pengalaman).

“Seperti jamu yang benefit dan side effect-nya tidak bisa diukur dengan pasti dan efeknya sangat bervariasi bagi tiap orang,” jelas dr. Astrid.

Pada dasarnya, air tajin memang mengandung berbagai mikronutrien. Contohnya, vitamin B, vitamin E, amino acid, dan antioksidan. Namun, air ini juga mengandung pati yang tinggi.

Namun, perlu dipahami bagi orang-orang tertentu, penumpukan pati dapat berdampak buruk pada kesehatan rambut. 

Artikel Lainnya: Cara Ampuh untuk Dapatkan Rambut Panjang dan Sehat

Dokter Astrid mengatakan, “Ada orang yang bisa berhasil setelah mencoba air tajin untuk rambut. Namun, ada juga yang rambutnya malah rusak total karena penumpukan pati di kulit kepala. Akhirnya jadi ketombean, rontok, dan lainnya.”

“Jadi, kita nggak bisa menilai apakah cara ini bagus banget untuk dicoba atau nggak, karena tidak ada ukuran pasti apakah manfaatnya melebihi risikonya,” ujarnya.

Intinya, Anda boleh-boleh saja mencoba menggunakan air tajin untuk menyuburkan rambut. 

Namun, jangan berekspektasi terlalu tinggi karena hasil dan efektivitas yang didapat masing-masing orang yang mencoba bisa berbeda.

Selain itu, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter bila ingin mencoba air tajin untuk rambut, khususnya bagi yang punya riwayat alergi atau kulit sensitif. 

“Sebagai alternatif, bisa cari produk perawatan rambut yang mengandung rice water yang sudah dikemas. Kebersihannya pun terjaga. Tapi ingat, hasilnya belum tentu sama dengan orang lain,” tutur dr. Astrid.

Penting diingat, kecepatan pertumbuhan rambut seseorang bisa dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti usia, kecukupan gizi, dan genetik.

“Kecukupan gizi sangat berpengaruh, makanya orang malnutrisi sering kali helaian rambutnya tipis dan rontok,” ungkap dr. Astrid.

Artikel Lainnya: 6 Gangguan Kesehatan yang dapat Dideteksi dari Rambut Anda

1 dari 3 halaman

Manfaat Air Tajin untuk Rambut

Memang, khasiat air tajin untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut masih belum terbukti secara jelas dalam penelitian. Namun, manfaat dari air tajin yang cukup populer ialah:

  • Melembutkan rambut agar tidak kasar dan kusut.
  • Membuat rambut makin berkilau.
  • Memperkuat rambut dan membantunya tumbuh lebih panjang.

Mengenai tiga manfaat di atas, dr. Astrid mengingatkan ini bukan terbukti berdasarkan riset. 

Setiap orang bisa mendapat hasil yang berbeda-beda dari pemakaian air tajin untuk rambut.

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Air Tajin pada Rambut

Tak masalah bila Anda ingin mencobanya. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan di rumah untuk mengaplikasikan air tajin ke rambut:

  • Pastikan air tajin dan wadah untuk menaruhnya benar-benar bersih.
  • Cuci rambut dulu dengan sampo, lalu bilas.
  • Usapkan air tajin ke kulit kepala dan rambut, lalu pijat perlahan.
  • Diamkan hingga maksimal dua puluh menit.
  • Bilas rambut dan kulit kepala sampai benar-benar bersih menggunakan air hangat.

Ingin coba treatment rambut menggunakan air tajin? Boleh saja, yang penting kenali dulu kondisi kulit kepala dan rambut, serta jangan lupakan pola hidup sehat agar kesehatan rambut terjaga!

Itulah berbagai penjelasan mengenai manfaat air tajin dan keampuhannya dalam menyuburkan rambut. Bila ingin konsultasi dengan dokter seputar kesehatan rambut dan kulit kepala, pakai fitur Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar