Sukses

Inilah Sederet Perbedaan Kulit Wajah Pria dengan Wanita

Meski sekilas tampak serupa, ternyata kulit wajah pria dan wanita tidak bisa dianggap sama. Agar tidak salah dalam merawatnya, kenali perbedaan di antara keduanya!

Serupa tapi tak sama, itulah ungkapan yang paling tepat untuk menggambarkan kondisi kulit wajah pria dan wanita. Jika dilihat sekilas, Anda mungkin akan kesulitan untuk menemukan perbedaan kulit wajah pria dengan wanita. 

Namun jika ditelusuri lebih dalam, ternyata keduanya memiliki karakteristik yang bahkan tidak bisa dianggap mirip, lho! Tentu saja, adanya perbedaan kulit wajah pria dengan wanita juga memengaruhi perawatan yang mesti diterapkan. 

Jika hal ini tidak diperhatikan dengan seksama, kulit wajah Anda bisa saja rusak sehingga rasa percaya diri ikut berkurang. Anda tentu tidak ingin mengalami hal ini, bukan?

1 dari 3 halaman

Mengenal Perbedaan Kulit Wajah Pria dan Wanita

Apa saja beda kulit wajah pria dan wanita? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Rambut di Kulit

Terdapat sekitar lima juta rambut di seluruh tubuh pria dan wanita. Rambut tersebut terbagi menjadi dua jenis, yaitu rambut vellus yang tipis dan rambut terminal yang tampak kasar.

Selama masa pubertas, hormon testosteron dapat mengubah rambut vellus yang tipis dan lunak menjadi lebih kasar. Rambut tersebut bisa tumbuh di ketiak, lengan, kaki, area kemaluan, dan dagu.

Nah, pria memiliki kadar hormon testosteron yang lebih tinggi daripada wanita. Oleh karena itu, kulit wajah pria cenderung ditumbuhi rambut di sekitar dagu dan membentuk brewok.

Artikel Lainnya: Perawatan Kulit dengan Ampoule Lebih Canggih dari Serum?

  1. Ketebalan Kulit

Secara garis besar, kulit pria memiliki ketebalan 20 persen lebih tinggi dibandingkan kulit wanita. Kondisi ini terjadi karena pria memiliki kadar kolagen yang lebih tinggi daripada wanita.

Studi skala besar yang mengukur kadar kolagen pada kulit pria dan wanita menyebut, ketebalan kulit pada pria menurun secara linear seiring bertambahnya usia dan biasanya dimulai saat usia 20 tahun. 

Sedangkan pada wanita, mereka mengalami penurunan ketebalan kulit secara konstan, khususnya saat memasuki usia 50 tahun (menopause).

  1. Kadar Minyak

Di bagian wajah terdapat kelenjar sebasea, yang tugasnya memproduksi minyak agar kelembapan kulit lebih terjaga. 

Pada pria, kelenjar tersebut bekerja dengan lebih aktif sehingga ‘menciptakan’ lebih banyak pori-pori di kulit.

Tingginya aktivitas kelenjar sebasea juga membuat wajah pria lebih sering berminyak dan tampak mengkilap daripada wanita. 

Selain itu, kondisi tersebut juga membuat kulit wajah pria memiliki pH yang lebih rendah daripada kulit wanita.

Artikel Lainnya: Wanita Memakai Produk Perawatan Pria, Bolehkah?

  1. Kelembapan

Tahukah Anda bahwa pria berkeringat lebih banyak daripada wanita? Hal ini terjadi karena suhu tubuh pria lebih mudah meningkat, sehingga keringat akan keluar lebih banyak untuk kembali menyeimbangkan suhunya.

Adanya produksi keringat yang lebih banyak pada pria ternyata membuat kulit di tubuh, termasuk wajah, memiliki kelembapan yang sedikit lebih baik. Oleh karena itu, kulit pria cenderung tidak mudah kering, tidak seperti wanita pada umumnya.

  1. Tekstur

Tekstur kulit wajah pria lebih kasar dibandingkan wanita. Hal ini dipengaruhi oleh lebih tebalnya lapisan stratum corneum yang ada pada kulit pria.

Stratum corneum itu sendiri merupakan lapisan yang terbentuk dari keratin. Lapisan paling luar dari kulit lapisan pertama (epidermis) ini memiliki fungsi untuk menyerap cairan dan melindungi bagian kulit di bawahnya.

Itu dia beberapa perbedaan kulit wajah pria dengan wanita. Agar kondisi kesehatannya selalu terjaga, Anda mesti menerapkan metode perawatan wajah pria dan wanita yang paling sesuai.

Artikel Lainnya: Mitos Tentang Skincare yang Tak Perlu Anda Percaya

2 dari 3 halaman

Perawatan untuk Kulit Wajah Pria dan Wanita

Karena terdapat perbedaan yang lumayan signifikan, perawatan kulit wajah pria dan wanita juga harus disesuaikan. Salah satu hal yang mesti diperhatikan dalam hal ini adalah memilih produk yang tepat.

Bagi pria, Anda dianjurkan untuk memilih produk perawatan kulit wajah yang diformulasikan secara khusus. Beberapa produk sejenis biasanya juga mengandung senyawa tertentu yang dapat mencegah terjadinya masalah pada kulit wajah.

Lantas, bagaimana dengan wanita? Secara umum, produk kecantikan yang beredar di pasaran ditujukan untuk wanita. Jadi, yang perlu dilakukan adalah memilih produk yang paling tepat sesuai dengan kondisi kulit Anda.

“Daripada memikirkan jenis produknya untuk pria atau wanita, lebih baik pikirkan jenis kulit yang dimiliki. Karena pada dasarnya, produk perawatan kulit baru akan memberikan hasil yang maksimal apabila sesuai dengan kondisi kulit sang pemakai,” kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti.

Tertarik untuk mengetahui perbedaan perawatan wajah pria dan wanita lebih lanjut? Lihat artikel berikut ini: Beda Perawatan Wajah Untuk Pria dan Wanita

“Namanya produk perawatan kulit itu harus dicoba. Cocok-cocokan, setiap orang bisa berbeda-beda. Jika ingin lebih yakin dengan produk perawatan kulit wajah yang digunakan, cobalah berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit,” sambungnya. 

Sekarang Anda sudah tahu beda kulit wajah pria dan wanita, bukan? Jika Anda masih penasaran atau terkendala dalam menerapkan perawatan wajah sehari-hari, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar