Sukses

Segudang Manfaat Minum Air Hangat untuk Ibu Hamil

Sebagian ibu hamil memilih minum air hangat sebagai asupan harian. Apa manfaatnya? Yuk, kita simak pendapat dokter di sini.

Asupan cairan bagi ibu hamil haruslah mencukupi demi kesehatan dirinya dan janin. Ternyata salah satu asupan cairan yang baik bagi ibu hamil adalah air hangat. Tak hanya untuk menyegarkan tubuh, tapi juga minum air hangat punya segudang manfaat di masa kehamilan.

Ibu Hamil Minum Air Hangat, Amankah?

Dr. Sara Elise Wijono, M.Res menjelaskan tidak ada masalah kalau ibu suka minum air hangat saat hamil.

“Hal tersebut lebih ke preferensi ibu hamil saja. Pada prinsipnya, suhu air tidak begitu berpengaruh langsung untuk kesehatan ibu hamil. Nanti, saat sudah masuk, suhu air akan disesuaikan dengan suhu tubuh,” tuturnya.

Hal tersebut juga disetujui dr. Sepriani T. Limbong. Menurutnya, baik air bersuhu normal, air dingin, ataupun air hangat, sama-sama baik.

“Beberapa wanita mungkin lebih menyukai air dingin karena menyegarkan. Apalagi, ibu hamil kan metabolisme tubuhnya sedikit berubah dan sering merasa gerah. Namun, ada juga ibu hamil yang suka air hangat. Tidak apa-apa, air hangat juga sangat boleh dikonsumsi ibu hamil,” kata dia.

Hal yang paling penting ibu senantiasa memperhatikan kecukupan cairan setiap harinya. Dokter Sepriani mengingatkan, ibu hamil memerlukan cairan relatif lebih banyak dari orang biasa.

“Ibu hamil wajib memenuhi kebutuhan cairan setidaknya 6-8 gelas per hari, khususnya air putih,” kata dr. Sepri saat dikonfirmasi.

Artikel Lainnya: Atasi Nyeri Pinggang Saat Hamil dengan Cara Ini

1 dari 3 halaman

Manfaat Air Hangat bagi Ibu Hamil

Seperti yang diucapkan dr. Sepriani, minum air dingin memang menyegarkan. Namun, jangan salah, air hangat juga punya banyak manfaat kesehatan, lho! Apa saja, sih? Berikut daftarnya untuk Anda.

  • Membantu Detoksifikasi dan Pencernaan

Minum air hangat dapat membantu sistem pencernaan dengan membersihkan racun-racun dari tubuh.

Sistem pencernaan yang sehat akan memungkinkan tubuh Anda menyerap nutrisi dengan lebih baik. Nutrisi ini kemudian diteruskan ke bayi.

  • Meredakan Sembelit

Dengan begitu banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh, sangat besar kemungkinan ibu hamil mengalami konstipasi. Nah, air hangat dapat membantu Anda buang air besar secara teratur.

“Air hangat bisa membantu memperlancar gerakan usus sehingga dapat mencegah konstipasi, yang sering dialami ibu hamil,” dr. Sepri menjelaskan.

  • Mengurangi Morning Sickness

Morning Sickness, berupa mual dan muntah, menjadi tantangan tersendiri bagi ibu hamil.

Nah, minum air hangat juga bisa mengurangi keluhan mual, begah, dan nyeri ulu hati. Keluhan ini sering dialami ibu hamil mulai dari trimester 1-3,” ujar dr. Sepri.

Mual dan muntah dapat menyebabkan dehidrasi. Untuk menghindarinya, minum banyak air agar tetap terhidrasi.

Artikel Lainnya: Inilah Sederet Manfaat Minum Air Hangat setelah Bangun Tidur

  • Menjaga Kesehatan Saluran Napas

Salah satu hal yang umum disarankan dokter adalah menghindari konsumsi obat-obatan yang tidak perlu selama mengandung.

Artinya, sebisa mungkin Anda harus menghindari penyakit umum, seperti batuk, flu, dan radang tenggorokan.

Nah, minum air hangat dapat bantu mencegah Anda mengalami masalah-masalah terkait saluran napas tersebut.

“Saat ibu hamil mengalami batuk atau pilek, minum air hangat bisa bantu untuk melegakan saluran pernapasan, mengencerkan dahak, dan mengurangi keluhan batuk,” tutur dr. Sepri.

  • Tubuh Terhidrasi dengan Baik

Minum air hangat akan menghasilkan hidrasi yang lebih baik. Hidrasi yang baik juga membantu Anda mengatasi masalah umum kehamilan, seperti mual di pagi hari, kram, dan pusing.

2 dari 3 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bumil Konsumsi Air Hangat?

Ternyata banyak ya manfaat air hangat untuk ibu hamil. Namun begitu, beberapa hal wajib diperhatikan saat Anda menjalani kebiasaan ini.

“Hal yang paling penting minum air yang bersih. Usahakan air direbus sampai matang atau minum air kemasan yang dihangatkan. Selain itu, perhatikan suhunya, jangan sampai lidah terbakar,” ujar dr. Sara.

“Suhu yang paling ideal itu lukewarm water. Jadi, saat Anda raba airnya kurang lebih sama dengan atau sedikit lebih hangat dari suhu tubuh kita,” dr. Sepri menambahkan.

Jadi, aman-aman saja kalau ibu hamil sering minum air hangat. Selama airnya bersih dan berada pada suhu yang tepat, manfaat minum air hangat bisa tetap dirasakan.

Yuk, dapatkan informasi seputar kandungan dan kesehatan janin di aplikasi KlikDokter. Anda juga bisa mengecek Kalender Kehamilan di sini.

(AYU/ARM)

0 Komentar

Belum ada komentar