Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Wajib! Bersihkan Mata Setiap Hari, Terutama Saat New Normal

Wajib! Bersihkan Mata Setiap Hari, Terutama Saat New Normal

Mata adalah salah satu organ yang vital. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan mata Anda terutama saat new normal ini.

Mata merupakan salah satu dari indra yang harus dijaga kebersihannya. Terlebih dalam masa new normal atau normal baru seperti sekarang ini, mata dapat menjadi tempat masuknya virus yang tidak diinginkan. Marilah kita membahas bagaimana cara menjaga kebersihan mata saat fase normal baru.

Pentingnya Menjaga Kebersihan Mata Saat Normal Baru

Kebersihan mata harus dijaga khususnya pada era normal baru. Hal ini dikarenakan mata dapat menjadi tempat masuknya virus, tak terkecuali virus corona.

Mata yang kotor tentunya dapat membuat mata terasa gatal, dan sering kali kita tidak sadar mengucek-nguceknya. Padahal, Anda tidak tahu apakah tangan Anda itu bersih atau tidak dari virus.

Perlu diingat juga bahwa ketika droplet (percikan air liur) keluar dari penderita corona melalui batuk atau bersin, virus ini dapat tetap hidup selama beberapa waktu di berbagai permukaan benda. Misalnya, meja, karpet, ponsel, dan lainnya.

Ketika Anda menyentuh permukaan benda tersebut dan langsung menyentuh mata, hidung, atau mulut tanpa mencuci tangan terlebih dulu, maka Anda akan berisiko untuk terinfeksi COVID-19. Virus lainnya serta bakteri juga dapat menyerang mata Anda.

1 dari 2 halaman

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Mata?

Lalu, apa cara yang dapat dilakukan agar kebersihan mata tetap terjaga selama masa normal baru? Berikut tipsnya untuk Anda:

  1. Rutin Cuci Tangan

Selalu biasakan diri untuk mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir, sebelum menyentuh mata atau wajah secara keseluruhan.

  1. Hapus Riasan Sebelum Tidur

Sebelum tidur, bersihkan wajah dan mata terutama jika Anda memakai riasan di sekitar mata, seperti maskara, eye shadow, dan lainnya. Jangan lupa, bersihkan mata dengan mengusapnya perlahan menggunakan lap yang bersih dan hangat.

  1. Lepas Lensa Kontak Sebelum Tidur

Bagi para pengguna lensa kontak, untuk mengurangi kotoran pada mata dan menghindari infeksi, mereka harus melepas lensa kontak pada malam hari dan tidak dibawa tidur. Selalu gunakan lensa kontak sesuai dengan aturan pakainya.

Apabila lensa kontak Anda harian, gunakanlah hanya untuk satu hari. Gunakan cairan khusus untuk membersihkan lensa kontak. Selalu kontrol ke dokter spesialis mata untuk memeriksa ketajaman penglihatan masing-masing mata.

  1. Gunakan Pembersih Kelopak Mata

Tepi kelopak mata dan bulu mata merupakan bagian yang tidak mudah untuk dibersihkan karena sulit dijangkau. Tanpa disadari, kotoran sering tertinggal di tepi kelopak mata dan bulu mata, termasuk sisa make-up.

Meskipun sudah membersihkan make-up, sering kali ada bekas make-up yang tersisa sehingga penting untuk membersihkan mata dengan saksama. Jika tidak dibersihkan, bisa saja menyebabkan gangguan mata, seperti blefaritis dan lainnya.

Oleh karena itu, perlu pembersih yang efektif dan tidak menyebabkan iritasi pada mata. Salah satu yang aman dan direkomendasikan adalah gel Blephasep.

Gel Blephasep mengandung minyak babassu yang dapat melembapkan kelopak mata dan memiliki sifat antiperadangan. Gel ini juga dapat mencegah tumbuhnya berbagai bakteri dan virus di kelopak mata.

Sama halnya menggosok gigi, area mata juga perlu dibersihkan rutin setiap hari. Gunakan Blephasep setidaknya satu kali sehari untuk menjaga kebersihan mata.

Kebersihan mata perlu dijaga dengan baik selama masa normal baru ini. Selalu cuci tangan Anda sebelum menyentuh mata, agar virus dan bakteri tidak masuk ke dalam mata dan menimbulkan iritasi.

Jika ingin bertanya lebih lanjut seputar kesehatan dan kebersihan mata, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar