Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ekstrak Ikan Gabus Dapat Membantu Pasien Virus Corona, Benarkah?

Ekstrak Ikan Gabus Dapat Membantu Pasien Virus Corona, Benarkah?

Jangan sepelekan ikan gabus. Sekarang sedang diteliti bahwa jenis ikan ini dapat membantu pasien virus corona.

Banyak penelitian berlomba-lomba menemukan obat COVID-19. Walaupun bukan obat untuk menyembuhkan total, tapi minimal diharapkan bisa mengurangi gejalanya.

Salah satu calon obat yang sempat disebut Menteri Kesehatan RI,  Terawan Agus Putranto adalah ekstrak ikan gabus. Benarkah ekstrak ikan gabus punya manfaat untuk jadi obat COVID-19?

Manfaat Ekstrak Ikan Gabus Diteliti Sebagai Obat Virus Corona

Ikan gabus adalah jenis ikan air tawar yang banyak ditemukan di sungai. Meski biasanya ditangkap untuk dijadikan lauk, nyatanya ikan ini punya manfaat lebih.

Manfaat ekstrak ikan gabus tengah diteliti oleh para peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU) beserta dua rekanan lain.

Rencananya, manfaat ekstrak ikan gabus akan dikombinasikan dengan temulawak dan meniran.

Para peneliti meyakini kombinasi tersebut berkhasiat menaikkan kadar albumin. Nantinya, kadar albumin dalam manfaat ekstrak ikan gabus  berperan sebagai agen yang mencegah peradangan dan koagulasi ketika seseorang terinfeksi COVID-19.

Selain itu, formula ekstrak ikan gabus, temulawak, dan meniran juga akan diinovasi lebih lanjut menjadi produk obat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta pencegahan virus corona.

Apabila berhasil dikembangkan, obat dengan kandungan manfaat ekstrak ikan gabus akan diproduksi secara massal.

Artikel Lainnya: Benarkah Ikan Gabus Bantu Mempercepat Penyembuhan Luka?

1 dari 3 halaman

Nutrisi yang Terkandung dalam Ikan Gabus

Selain digadang-gadang bisa membantu meningkatkan imun tubuh agar terhindar dari infeksi virus corona, dalam 150 gram ikan gabus mengandung nutrisi seperti berikut:

  • Kalori: 118 kalori
  • Protein: 20 gram
  • Lemak: 4 gram
  • Besi: 2% dari kebutuhan harian
  • Kalsium: 6% dari kebutuhan harian
  • Air: 69 gram
  • Vitamin A: 150 milligram
  • Vitamin B: 0,04 miligram

Artikel Lainnya: Manfaat Zat Albumin dalam Ikan Gabus untuk Kesehatan

2 dari 3 halaman

Manfaat Kesehatan Lain Ketika Mengonsumsi Ikan Gabus

Banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat mengonsumsi ikan gabus, yakni:

  1. Baik untuk Proses Penyembuhan Luka

Dokter Devia Irine Putri mengatakan ikan gabus adalah sumber makanan yang baik untuk proses penyembuhan luka.

"Ikan gabus paling banyak mengandung proteinnya, jadi sering dimanfaatkan untuk mempercepat penyembuhan luka pasca operasi,” jelasnya.

"Nah, protein ini selain untuk penyembuhan juga berperan dalam daya tahan tubuh. Jadi, kalau dikonsumsi orang yang sakit bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya," tambah penjelasan dr. Devia.

  1. Membentuk Otot

Sudah disebutkan dr. Devia Irine sebelumnya, ikan gabus memiliki kandungan protein lebih tinggi. Bahkan kadarnya lebih tinggi dari protein dalam lele dan ikan mas.

Mengonsumsi zat protein dalam jumlah tinggi bermanfaat untuk membantu pembentukan otot di tubuh.

Artikel Lainnya: Tidak Perlu Impor, Inilah Super Food Asli Indonesia

  1. Mempertahankan Keseimbangan Cairan Dalam Tubuh

Albumin adalah salah satu zat yang terkandung dalam ikan gabus. Zat ini bermanfaat menjaga fungsi sistem yang mengatur cairan di dalam tubuh.

Apabila pengatur cairan dalam tubuh tidak bekerja dengan baik, protein di dalam tubuh tidak bisa terpecah dengan baik. Jika demikian efeknya, kekebalan tubuh bisa menurun dan penyembuhan luka jadi lambat.

  1. Mudah Dicerna

Ikan gabus mudah dicerna sistem pencernaan karena memiliki daging yang terbilang empuk.

Ini dikarenakan tingkat protein kolagen ikan gabus lebih rendah daripada kandungan protein di daging. Hal inilah yang menyebabkan daging ikan gabus lembut dan mudah dicerna tubuh.

  1. Memiliki Sifat Antijamur dan Antibakteri

Siapa sangka, ikan gabus punya kandungan antijamur dan antibakteri?

Ya, menurut penelitian dari jurnal Science Forest, ikan gabus berpotensi menjadi obat terapeutik yang mengandung sifat antijamur dan antibakteri untuk mengatasi penyakit menular.

Meskipun tidak langsung membasmi strain penyebab penyakit menular, manfaat antijamur dan antibakteri pada ekstrak ikan gabus dianggap cukup baik untuk pengobatan pada manusia. Sebab, ketika diuji, ekstrak ikan gabus tidak menimbulkan efek samping apa pun.

Jangan sepelekan ikan gabus yang mudah Anda temukan di pasaran. Mengonsumsi jenis ikan air tawar ini ternyata baik bagi kesehatan dan sekarang sedang diteliti terkait penyembuhan gejala virus corona.

Untuk informasi lebih lanjut tentang manfaat ekstrak ikan gabus atau perkembangan obat COVID-19, jangan ragu ajukan pertanyaan langsung ke dokter. Mau lebih praktis? Gunakan fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar