Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Pakai Daster saat Mau Tidur Ternyata Punya Manfaat Kesehatan lho!

Pakai Daster saat Mau Tidur Ternyata Punya Manfaat Kesehatan lho!

Gemar pakai daster? Selamat, berarti Anda akan terima 5 manfaat kesehatan ini! Yuk, simak apa saja manfaatnya menurut penjelasan dokter.

Pakai daster saat di rumah memang menyenangkan. Apalagi jika dipakai saat tidur di malam hari. Sayangnya, tidak semua orang punya atau pernah memakai daster. Padahal, memakai baju daster saat tidur bisa menawarkan beberapa manfaat kesehatan, lho.

Manfaat Pakai Daster Saat Tidur untuk Kesehatan

Setiap orang punya kebiasaan berbeda-beda untuk mendapatkan kualitas tidur yang  baik.

Ada yang melakukan ritual sebelum tidur dengan menyikat gigi, cuci muka, cuci kaki, meditasi, atau bahkan mengganti baju tidur khusus.

Akan tetapi, tahukah Anda, bahwa memakai baju daster saat tidur bisa memberikan manfaat kesehatan kesehatan tersendiri? Berikut beberapa manfaat kesehatan pakai daster yang dipaparkan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti:

  1. Memberikan Rasa Sejuk pada Tubuh

Umumnya, daster memang dibuat dengan bahan yang adem, ramah dengan suhu lingkungan rumah. Bahan daster juga cenderung tipis sehingga bisa memberikan rasa sejuk pada kulit tubuh.

Menurut dr. Astrid, memakai daster memang punya manfaat, terutama bagi wanita yang tinggal di Indonesia.

Pasalnya, Indonesia memiliki iklim tropis yang buat kulit bisa iritasi karena suhu panasnya. Maka, saat di rumah, Anda membutuhkan baju yang berbahan longgar dan sejuk seperti daster.

  1. Buat Kulit jadi Lebih Sehat

Setelah seharian beraktivitas, kulit membutuhkan ‘waktu’ untuk bernapas dari pakaian yang ketat.

Nah, dengan memakai baju longgar atau daster, ini bisa memberikan sirkulasi udara yang baik untuk kulit tubuh bisa bernapas. Ketika mendapatkan oksigen yang cukup, maka kulit akan jadi lebih sehat, lembab, tidak mudah iritasi, dan lebih kenyal.

Artikel Lainnya: Hindari Tidur dengan Baju yang Sudah Seharian Dipakai

  1. Merelaksasi Tubuh

Saat tidur, Anda memang dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang longgar.

“Tidur itu tujuannya untuk buat tubuh jadi lebih relaks dan tenang. Pemakaian pakaian yang longgar seperti daster bisa memberikan kulit untuk bernapas dan gerakan tubuh saat tidur juga tidak terestriksi (terbatas),” ujar dr. Astrid.

  1. Mengatur Sirkulasi Darah

Memakai pakaian yang terlalu ketat bisa menahan aliran darah dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya.

Sebagai contoh, ketika Anda menggunakan celana yang terlalu ketat, maka tidak ada aliran darah yang lancar pada area perut. Alhasil, kondisi ini dapat memengaruhi sistem pencernaan saat makan.

Oleh karena itu, selama tidur di malam hari, penting untuk memiliki postur tubuh yang nyaman dan pengaturan aliran darah tepat, salah satunya dengan memakai baju longgar seperti daster.

  1. Punya Kualitas Tidur yang Baik

Ketika seseorang punya kualitas tidur yang baik, maka suasana hati dan pikirannya pun bisa dikelola dengan baik. Sebagai cara untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, Anda bisa pakai daster.

“Tidur dengan pakaian yang longgar bisa buat seseorang jadi lebih nyaman. Tidak hanya buat badan jadi terasa sejuk, tapi pakaian yang longgar juga lebih memudahkan tubuh bergerak saat tidur,” kata dr. Astrid.

Artikel Lainnya: Inilah Akibat Memakai Celana Jeans Ketat bagi Wanita

1 dari 3 halaman

Daster Seperti Apa yang Harus Dipilih?

Menurut dr. Astrid, tidak ada tips tertentu dalam memilih daster. Selama daster itu bisa digunakan dengan baik (tidak robek-robek) dan memberikan rasa nyaman, maka bisa digunakan sehari-hari.

“Tidak ada kriteria khusus, tapi kalau bisa memang cari daster yang berbahan katun karena bahannya tipis dan adem saat digunakan. Teksturnya juga lembut dan halus, jadi nyaman saat digunakan di rumah atau saat tidur,” ujar dr. Astrid.

 

2 dari 3 halaman

Berapa Lama Sebaiknya Daster Digunakan?

Jika ada yang mengatakan bahwa semakin lama Anda menggunakan daster maka akan ada dampak kesehatan yang ditimbulkan, ini salah.

Menurut dr. Astrid, tidak ada risiko atau dampak berbahaya ketika Anda menggunakan daster terlalu lama.

“Sama seperti pakai dress, pakai daster juga nggak menimbulkan risiko berbahaya. Hanya saja, seperti pakaian lain, segera cuci daster jika sudah kotor atau sudah digunakan seharian. Meski banyak ibu-ibu yang gemar pakai daster yang sama secara berulang tanpa dicuci, ini tidak baik untuk kesehatan karena bisa buat kulit jadi iritasi dan gatal-gatal,” jelas dr. Astrid.

Nah, setelah mengetahui beberapa fakta di atas, apa Anda tertarik menggunakan daster dari sekarang?

Untuk informasi lengkap terkait pakaian yang baik untuk tidur, jangan ragu ajukan pertanyaan ke dokter lewat LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar