Sukses

Sederet Manfaat Plank bagi Tubuh Anda

Ingin otot perut jadi rata dan kencang? Atau ingin tubuh semakin seimbang plus lentur? Tenang, itu semua adalah manfaat plank yang bisa Anda dapatkan!

Olahraga kebugaran bernama plank sudah dikenal sejak zaman dahulu. Namun, eksistensinya dalam dunia kebugaran masih diminati masyarakat. Bahkan plank kini semakin populer. 

Plank merupakan olahraga yang dilakukan dengan cara menempatkan kedua sisi telapak tangan ataupun siku di atas lantai, dengan posisi tubuh terangkat dalam keadaan lurus seperti ingin push-up

Salah satu manfaat plank yang terkenal adalah dapat menguatkan otot inti tubuh. Namun, plank juga punya banyak manfaat kesehatan lainnya. Apa sajakah?

1 dari 3 halaman

Manfaat Plank bagi Kesehatan Tubuh

Walaupun terlihat mudah diikuti dan simpel, plank bisa membantu Anda mendapatkan tubuh yang bugar sekaligus kencang. Berikut adalah manfaat yang bisa Anda peroleh dengan melakukan plank setiap hari:

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat plank yang pertama adalah dapat memperbaiki postur tubuh. Postur tubuh yang baik memastikan tulang belakang Anda berada pada posisi yang tepat, sehingga tidak mudah mengalami nyeri punggung. 

Dengan melakukan plank, otot-otot bagian atas tubuh tertarik ke belakang dan turun. Hal ini akan membantu memperbaiki tulang belakang yang bengkok sekaligus memperkuat daerah punggung atas, bahu, leher, dada, dan otot perut. 

Tak lupa, melakukan plank juga dapat melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, dan panggul.  

Artikel lainnya: Postur Tubuh yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

  1. Melatih Keseimbangan

Keseimbangan didapat salah satunya melalui kekuatan otot perut. Dengan melakukan plank, otot-otot inti tubuh termasuk otot perut akan terlatih menjadi kuat.

Alhasil keseimbangan tubuh Anda akan terjaga, bahkan saat berdiri di atas satu kaki sekalipun. Anda juga dapat terhindar dari cedera saat beraktivitas.

  1. Melatih Fleksibilitas

Dengan melakukan plank, otot-otot punggung, hamstring, lengkungan kaki dan jari-jari kaki akan teregang sehingga menjadi lebih lentur. Kelenturan otot-otot tubuh dapat membuat Anda bergerak bebas tanpa merasa cepat lelah. 

Gerakan seremeh apa pun dapat menguras tenaga apabila otot inti tubuh Anda lemah atau tidak fleksibel. Hal inipun nantinya akan memperbesar risiko cedera saat berolahraga maupun beraktivitas.

  1. Mendukung Metabolisme Tubuh

Plank ternyata membakar kalori lebih banyak dibanding latihan otot perut lainnya seperti sit-up. Dengan melakukan plank setiap hari, tubuh Anda membakar energi lebih cepat dan mempertahankannya seharian penuh!  

Perlu diketahui bahwa semakin baik metabolisme, maka tubuh Anda akan semakin bugar. Sebab, kalori akan terbakar secara maksimal dan tubuh terhindar dari kalori berlebih penyebab obesitas.

Artikel lainnya: 6 Bagian Tubuh yang Rentan Cedera akibat Olahraga

  1. Menurunkan Risiko Cedera Punggung

Seperti yang telah disebutkan tadi, plank memiliki manfaat untuk otot tubuh, salah satunya otot punggung. Otot punggung yang kuat akan menjadi penopang yang kuat untuk seluruh punggung Anda, sehingga tidak mudah mengalami cedera ataupun nyeri punggung.

  1. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat plank bagi tubuh tidak hanya berkaitan dengan otot saja, melainkan kesehatan mental. Mengapa bisa? 

Jika otot-otot Anda lebih rileks karena plank, dengan demikian tubuh merasa nyaman sehingga mood menjadi lebih baik. Apalagi, tubuh melepaskan hormon endorfin saat Anda berolahraga, termasuk saat melakukan pose plank.

  1. Meratakan Perut

Lemak viseral atau yang dikenal dengan lemak perut adalah lemak tubuh yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, mulai dari penyakit hati, demensia, bahkan kanker payudara. Dengan melakukan pose plank secara rutin, Anda bisa mendapatkan perut rata idaman yang kencang.

2 dari 3 halaman

Tips Melakukan Plank yang Efektif

Semakin lama Anda mampu menahan posisi plank, akan semakin baik manfaatnya. Kunci utama agar Anda bisa menahan plank lebih lama adalah lakukan bertahap setiap harinya. Jangan paksakan untuk melakukannya langsung dalam waktu yang lama. 

Selain durasi dan konsistensi, perhatikan teknik dasar melakukan pose plank agar upaya yang Anda lakukan tidak sia-sia. Yuk, intip tips di bawah ini:

  • Pastikan punggung dalam keadaan lurus, tidak ada bagian punggung yang menggantung.
  • Kencangkan perut saat melakukan plank, kepala dalam posisi rileks dan menghadap ke lantai.
  • Tarik bahu ke belakang dan kencangkan bagian bokong, pastikan berat badan Anda tidak menumpu di satu sisi.
  • Atur napas dengan menarik dan mengembuskan napas secara teratur.
  • Daripada melakukan sekali plank dalam waktu lama, lebih baik lakukan plank dalam durasi yang pendek namun dengan posisi yang benar. Bila otot tubuh sudah lebih kuat, tambahkan durasi secara perlahan.

Walaupun terlihat sederhana, plank punya banyak sekali manfaat. Untuk melakukan plank juga tidak memerlukan peralatan yang macam-macam. Namun selayaknya olahraga pada umumnya, jangan lupa melakukan stretching atau pemanasan sebelum plank untuk menghindari cedera. 

Ingin mengetahui info kesehatan lainnya atau menanyakan manfaat plank untuk kesehatan Anda? Tanyakan langsung kepada dokter-dokter kami dengan menggunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS]

0 Komentar

Belum ada komentar