Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Sastrawan Sapardi Djoko Damono Meninggal Akibat Penurunan Fungsi Organ

Sastrawan Sapardi Djoko Damono Meninggal Akibat Penurunan Fungsi Organ

Sastrawan senior Sapardi Djoko Damono meninggal dunia pada Minggu (19/7). Kabarnya, sang penyair meninggal karena penurunan fungsi organ.

Indonesia kehilangan salah satu sastrawan terbaiknya, Sapardi Djoko Damono. Sang penyair mengembuskan napas terakhirnya di Rumah Sakit Eka Hospital BSD, Tangerang Selatan, pada usia 80 tahun.

Sapardi menutup usia pada Minggu (19/7) sekitar pukul 09.17 WIB. Sapardi Djoko Damono memang dikenal sebagai salah satu sastrawan besar di Indonesia, dengan karya puisi dan beberapa bukunya seperti Hujan Bulan Juni, Novel Jawa Tahun 1950-an: Telaah Fungsi, Isi, dan Struktur (1996).

Sapardi Djoko Damono Punya Riwayat Penurunan Fungsi Organ 

Dilansir dari berbagai sumber, menurut salah satu kerabat almarhum, Sonya Sondakh, Sapardi memang tengah menjalani perawatan di rumah sakit lantaran kondisi kesehatannya yang terus menurun. 

Menurut Sonya, kadar Hb (Hemoglobin) yang dimiliki oleh Sapardi terus menurun, bahkan ini sudah ketiga kalinya dalam empat bulan terakhir. Sapardi juga sempat dirawat di rumah sakit akibat penurunan fungsi organ. 

1 dari 4 halaman

Apa yang Dimaksud dengan Penurunan Fungsi Organ?

Kepada KlikDokter, dr. Devia Irine Putri menjelaskan penurunan fungsi organ adalah sebuah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh faktor usia. 

Selain itu, penurunan fungsi organ juga bisa terjadi akibat adanya riwayat penyakit yang mendasari.

Misalnya, kondisi diabetes mellitus (DM) yang komplikasinya bisa ke ginjal dan menyebabkan fungsinya jadi menurun. 

“Umumnya, lansia bisa saja mengalami kondisi yang disebut sindrom geriatri. Ini adalah serangkaian kondisi yang menyebabkan penurunan fungsi tubuh dan juga psikisnya. Paling awal mungkin ditandai dengan hilangnya nafsu makan. Pasien jadi tidak mau makan, sehingga daya tahan menurun, dan berat badan turun,” ujar dr. Devia. 

Artikel Lainnya: 7 Jurus agar Lansia Selalu Sehat

2 dari 4 halaman

Kalau Fungsi Organ Alami Penurunan, Bisakah Kembali Normal?

Menurut dr. Devia, apabila seorang lansia sudah mengalami penurunan fungsi organ, umumnya kondisi ini tidak bisa dipulihkan secara maksimal. 

Namun,i gejala dan komplikasinya masih bisa dicegah dengan rutin mengonsumsi obat atau terapi.

“Tidak bisa sembuh total, tapi komplikasinya masih bisa dicegah. Jadi harus diketahui terlebih dahulu apa penyebab dari penurunan fungsi organ orang tersebut,” kata dr. Devia.

“Misalnya, ada penurunan fungsi organ pada otak akibat demensia. Kondisi ini tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dibantu dengan melakukan terapi agar fungsi otaknya tidak menurun, dan kualitas hidupnya tetap baik,” jelas dr. Devia.

Selain itu, ketika seseorang mengalami penurunan fungsi pada ginjal, harus dicari tahu juga penyebabnya. 

Jika disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti DM atau hipertensi, penderita tetap harus mengontrol penyakit tersebut. Ini adalah dua cara yang paling tepat untuk mencegah kemungkinan terburuk.

“Dipertimbangkan juga melakukan cuci darah, jika ada kecurigaan penurunan fungsi ginjal yang menyebabkan gagal ginjal,” dia menambahkan. 

Artikel Lainnya: Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut bagi Lansia

3 dari 4 halaman

Apa Hubungan Penurunan Kadar Hemoglobin dengan Fungsi Organ?

Seperti yang dikatakan sebelumnya, Sapardi juga dikabarkan mengalami penurunan Hb selama tiga kali dalam empat bulan terakhir. 

Hemoglobin adalah komponen yang membuat sel darah merah mampu mengantarkan oksigen dari paru-paru ke bagian tubuh lainnya. 

Untuk memproduksi hemoglobin dan sel darah merah, tubuh manusia membutuhkan zat besi, vitamin B12, dan asam folat yang cukup dari makanan sehari-hari. 

Sayangnya, ketika seseorang mengalami penurunan fungsi organ tubuh, nutrisi yang masuk ke dalam tubuh juga tidak maksimal. Akibatnya, zat besi yang dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin pun juga tidak tercukupi. 

“Kalau nutrisi tidak terpengaruhi, zat besinya dalam makanan juga sedikit yang didapat. Tentu ini akan memengaruhi kadar hemoglobin darah, mengingat zat besi salah satu komponen dalam hemoglobin yang berfungsi menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.” 

“Kalau pasokan oksigen ke organ tubuh berkurang, metabolismenya jadi lambat, dan fungsinya juga berkurang,” dr. Devia menjelaskan. 

Lansia memang lebih rentan terkena penyakit ketimbang orang yang lebih muda. Itu sebabnya, lansia diharapkan menjaga kondisi kesehatan dengan asupan nutrisi yang cukup. Selamat jalan Sapardi Djoko Damono, karyamu akan selalu dikenang.

Pada suatu hari nanti

jasadku tak akan ada lagi

tapi dalam bait-bait sajak ini

kau takkan kurelakan sendiri... 

(Pada Suatu Hari Nanti - Sapardi Djoko Damono)

Yuk, download aplikasi KlikDokter untuk mengetahui informasi kesehatan seputar penurunan fungsi organ, hemoglobin, dan kesehatan lansa. Anda juga bisa langsung konsultasi via fitur LiveChat 24 jam. 

(HNS/AYU) 

1 Komentar