Relationship

Posting Foto Pacar di Media Sosial Bisa Tingkatkan Kualitas Hubungan?

dr. Karin Wiradarma, 03 Nov 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada yang bilang, dengan posting foto pasangan di media sosial, itu membuat hubungan dengan kekasih jadi lebih hangat. Benarkah demikian? Atau justru sebaliknya?

Posting Foto Pacar di Media Sosial Bisa Tingkatkan Kualitas Hubungan?

Sebagian orang enggan pasang foto pasangan di media sosial. Namun sebagian lainnya, khususnya remaja, justru senang posting foto pasangan di media sosial pribadinya.

Katanya, sering upload foto pasangan di media sosial bisa membuat kualitas hubungan semakin baik alias semakin mesra. 

Jika dilihat dari kacamata psikologi, apakah ada kaitan antara memasang foto pasangan di media sosial dengan kualitas hubungan?

Cara Pandang Remaja terhadap Hubungan Asmara

Seorang psikolog dan penulis buku Who Stole My Child?: Parenting through the Four Stages of Adolescence, Carl Pickhardt, Ph.D., berpendapat bahwa ketika sepasang remaja jatuh cinta, mereka belum menjalani hubungan yang dalam. 

Hal yang mereka rasakan adalah ketertarikan dan kepedulian yang kompleks.

“Mereka tertarik secara seksual dan senang bersama. Ada kasih sayang fisik dan perasaan persahabatan. Semua itu tergabung menjadi satu ketertarikan,” jelasnya.

Artikel Lainnya: Ini Tanda Pasangan Tidak Mau Menjalin Komitmen dengan Anda

Memang, jatuh cinta saat remaja akan terasa lebih menggebu-gebu. Pasalnya, menurut Pickhardt, ada konflik yang mereka hadapi bersama.

Misalnya, ingin hidup layaknya orang dewasa meski masih di bawah pengawasan orang tua (kebebasan), dan merasa bahwa pacar adalah miliknya meski mereka masih bergantung pada orang tua (kepemilikan).

Mengapa Pasang Foto Pasangan di Media Sosial Penting bagi Remaja?

Adanya sesuatu yang ‘menggebu-gebu’ di dalam raga bisa saja memicu rasa ingin pamer kepada orang lain. Itulah mengapa, remaja adalah golongan yang paling banyak dan sering ditemukan posting foto pasangan di media sosial.

Selain itu, 47 persen remaja dalam sebuah penelitian menerangkan, media sosial merupakan tempat bagi mereka untuk menunjukkan seberapa besar rasa peduli terhadap pasangan.

Tak sedikit pula remaja yang menganggap bahwa posting foto pasangan di media sosial adalah bagian dari bukti cintanya.

Dengan kata lain, remaja menganggap bahwa jumlah foto pasangan yang diunggah di media sosial merupakan tolok ukur kadar cinta mereka.

Artikel Lainnya: Tips Hadapi Pasangan yang Suka Follow Cewek Cantik di Media Sosial

Unggah Foto Pasangan Adalah Tanda Adanya Hubungan

Pengguna media sosial generasi muda cenderung mengunggah foto atau video seseorang untuk menunjukkan bahwa ada yang spesial di antara mereka. Ini menjadi aturan tidak langsung yang berlaku bagi warganet.

Dengan adanya foto atau video tersebut, orang yang melihatnya bisa menerka apakah mereka masih sendiri atau sudah berpasangan.

Artinya, jika tidak mendapati adanya foto atau video sejenis itu, orang-orang akan beranggapan bahwa ia sedang single atau belum berpasangan.

Benarkah Posting Foto Pasangan Bisa Tingkatkan Kualitas Hubungan?

Memang ada beberapa manfaat dari posting foto pasangan. Berikut di antaranya:

  • Meningkatkan kualitas hubungan bila sesuai dengan kesepakatan bersama. 
  • Melindungi pasangan dari ‘ancaman’ orang lain.
  • Membuat diri sendiri dan pasangan menjadi lebih aman.
  • Kualitas hubungan menjadi lebih baik.
  • Merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan. 

Artikel Lainnya: Benarkah Pasangan Pernah Selingkuh, Pasti Akan Selingkuh Lagi?

Satu hal yang perlu digarisbawahi, hasil tersebut hanya akan dirasakan jika kedua belah pihak nyaman dengan unggahan masing-masing. Bila hanya salah satunya saja yang nyaman, manfaatnya tidak akan terasa.

Lebih lanjut, bukan berarti orang-orang yang tak pernah mengunggah foto pasangan di media sosial memiliki hubungan yang buruk.

Karena pada dasarnya, hal ini dikembalikan lagi ke sudut pandang masing-masing pasangan.

Kesimpulannya, seringnya remaja posting foto pasangan dipengaruhi oleh perasaan cinta yang sedang menggebu-gebu. Kebanyakan remaja merasa aman dan spesial ketika fotonya dipasang si pacar.

Jika kamu masih punya pertanyaan terkait hubungan percintaan atau masalah dengan pasangan, konsultasikan secara langsung dengan psikolog melalui layanan Tanya Dokter

Baca juga artikel kesehatan lainnya dengan download aplikasi KlikDokter. Mari #JagaSehatmu selalu!

[RS]

RelationshipAsmaraTips Relationship

Konsultasi Dokter Terkait