Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Posting Foto Pacar di Media Sosial Bisa Tingkatkan Kualitas Hubungan?

Posting Foto Pacar di Media Sosial Bisa Tingkatkan Kualitas Hubungan?

Ada yang bilang, dengan posting foto pasangan di media sosial, itu membuat hubungan dengan kekasih jadi lebih hangat. Benarkah demikian? Atau justru sebaliknya?

Sebagian orang enggan mengunggah foto pasangan di media sosial. Namun sebagian lainnya, khususnya remaja, justru senang posting foto pasangan di media sosial pribadinya.

Katanya, posting foto pasangan di media sosial bisa membuat kualitas hubungan semakin baik alias semakin mesra. Apakah hal ini dapat dibenarkan dari kacamata psikolog?

Cara Pandang Remaja terhadap Hubungan Asmara

Seorang psikolog, penulis buku Who Stole My Child? Parenting through four stages of adolescence dan pengajar dari Austin, Texas, Carl Pickhardt, Ph.D., berpendapat, ketika sepasang remaja jatuh cinta, mereka belum menjalani hubungan yang dalam. Hal yang mereka rasakan adalah ketertarikan dan kepedulian yang kompleks.

“Mereka tertarik secara seksual dan senang bersama. Ada kasih sayang fisik dan perasaan persahabatan. Semua itu tergabung menjadi satu ketertarikan dan kenikmatan bersama,” jelasnya.

Memang, jatuh cinta saat remaja akan terasa lebih menggebu-gebu. Pasalnya, menurut Pickhardt, ada konflik yang mereka hadapi bersama.

Misalnya, ingin hidup layaknya orang dewasa meski masih di bawah pengawasan orang tua (kebebasan), dan merasa bahwa pacar adalah miliknya meski mereka masih bergantung pada orang tua (kepemilikan).

Artikel Lainnya: Punya Panggilan Sayang untuk Pasangan, Geli atau Penting?

1 dari 4 halaman

Mengapa Pasang Foto Pacar di Media Sosial Penting bagi Remaja?

Adanya sesuatu yang ‘menggebu-gebu’ di dalam raga bisa saja memicu rasa ingin pamer kepada orang lain.

Itulah mengapa, remaja adalah golongan yang paling banyak dan sering ditemukan posting foto pasangan di media sosial.

Selain itu, 47 persen remaja dalam sebuah penelitian menerangkan, media sosial merupakan tempat bagi mereka untuk menunjukkan seberapa besar rasa peduli terhadap pasangan.

Tak sedikit pula remaja yang menganggap bahwa posting foto pasangan di media sosial adalah bagian dari bukti cintanya.

Dengan kata lain, remaja menganggap bahwa jumlah foto pasangan yang diunggah di media sosial merupakan tolok ukur kadar cinta mereka.

2 dari 4 halaman

Unggah Foto Pasangan Adalah Tanda Adanya Hubungan

Pengguna media sosial generasi muda cenderung mengunggah foto atau video seseorang untuk menunjukkan bahwa ada yang spesial di antara mereka. Ini menjadi aturan tidak langsung yang berlaku bagi warganet.

Dengan adanya foto atau video tersebut, orang yang melihatnya bisa menerka apakah mereka masih sendiri atau sudah berpasangan.

Artinya, jika tidak mendapati adanya foto atau video sejenis itu, orang-orang akan beranggapan bahwa ia sedang single atau belum berpasangan.

Artikel Lainnya: Lagi Cari Jodoh? Ini Tanda Kamu Tak Cocok Main Aplikasi Kencan Online

3 dari 4 halaman

Benarkah Posting Foto Pasangan Bisa Tingkatkan Kualitas Hubungan?

Apakah dengan sering posting foto pasangan bisa menjadi tanda hubungan yang sehat dan berkualitas? Menanggapi pertanyaan ini, Ikhsan Bella Persada, M. Psi. Psikolog angkat bicara.

Posting foto pasangan di media sosial bisa saja meningkatkan kualitas hubungan bila sesuai dengan kesepakatan bersama. Selain itu, dengan mengunggah foto tersebut, ini juga bisa melindungi pasangan kita dari ancaman orang lain,” jelas Ikhsan.

Dengan kata lain, lanjut Ikhsan, kita bisa membuat diri sendiri dan pasangan menjadi lebih aman. Dari sinilah yang akhirnya memengaruhi kualitas hubungan yang sedang dijalani.

“Mengunggah sesuatu yang berhubungan dengan pasangan juga merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan. Jadi secara tidak langsung, itu bisa meningkatkan kualitas hubungan,” tambah Ikhsan.

Satu hal yang perlu digaris bawahi, hasil tersebut hanya akan dirasakan jika kedua belah pihak merasa nyaman dengan unggahan masing-masing. Bila hanya salah satunya saja yang nyaman, manfaatnya tidak akan terasa.

Meski faktanya demikian, bukan berarti orang-orang yang tak pernah mengungah foto pasangan di media sosial memiliki hubungan yang buruk.

Karena pada dasarnya, hal ini dikembalikan lagi ke sudut pandang masing-masing pasangan.

Kesimpulannya, seringnya remaja posting dipengaruhi oleh perasaan cinta menggebu-gebu yang tengah dialaminya. Kebanyakan remaja justru merasa ada hubungan spesial ketika fotonya di-posting si pacar.

Jika Anda masih ada pertanyaan terkait hubungan percintaan remaja, masalah psikologis, ataupun masalah kesehatan fisik lainnya, konsultasikan secara langsung dengan psikolog dan dokter melalui fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar