Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Amankah Konsumsi Buah yang Sudah Dipotong dalam Kemasan? Ini Faktanya

Amankah Konsumsi Buah yang Sudah Dipotong dalam Kemasan? Ini Faktanya

Buah potong banyak dijual dan sangat memudahkan kita untuk memakannya. Tapi, sebenarnya amankah makan buah potong menurut dokter? ini faktanya!

Banyak sekali orang yang tidak mau repot makan buah, akhirnya memilih untuk makan buah potong atau buah kemasan. Tapi, konon buah yang sudah dipotong dan dijual kurang baik bagi kesehatan. Benar atau tidak, ya?

Mengapa Buah Potong yang Dijual Kurang Baik Dikonsumsi?

Bukannya sama sehatnya, ya, kalau makan buah yang sudah dipotong dalam kemasan?

Justru lebih mudah melahapnya tanpa perlu repot memotongnya. Sayangnya, ini pernyataan yang kurang benar.

Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya jangan sering mengandalkan buah potong untuk dinikmati, yaitu:

  1. Sudah Teroksidasi dan Rentan Terkontaminasi

"Iya, memang sebenarnya buah potong itu ada minusnya. Buah-buah yang sudah dipotong bisa mengalami oksidasi, cairan dalam buah bisa berkurang karena menguap. Buah yang dipotong juga rentan terkontaminasi," ujar dr. Devia Irine Putri.

Terlebih kalau alat potong dan wadahnya tidak bersih. Menurut dr. Devia, proses oksidasi yang berlangsung (ditandai dengan berubahnya warna buah), memengaruhi kandungan vitamin buah itu sendiri.

"Kalau suhu penyimpanan tidak baik, selain merusak kandungan vitamin, juga bisa jadi tempat bakteri berkembang," sambungnya.

  1. Kesegaran Buah Hilang

Hilang sudah kesegaran dari buah yang sudah dipotong lama! Karena, buah yang sudah dipotong akan mengalami perubahan pada warna, rasa, tekstur, dan kelembapan. Belum lagi, kandungan air dalam buah bisa menguap kalau sudah dipotong.

  1. Kandungan Gizi Berkurang

Setelah kehilangan kandungan air, ini dapat mengganggu keseimbangan asam atau basa dalam buah. Akhirnya, ini bisa menghilangkan kandungan gizi atau nutrisinya. 

Misalnya, ada beberapa kandungan vitamin dan mineral yang tidak tahan panas setelah buah dipotong.

Artikel Lainnya: 10 Buah Terbaik untuk Kesehatan Tubuh Anda

1 dari 4 halaman

Apa Risiko Kesehatan yang Bisa Muncul Saat Konsumsi Buah Potong Kemasan?

Tentu ada risiko kesehatan yang bisa terjadi kalau makan buah potong. Sebelumnya, sudah dipaparkan mengapa buah potong kurang baik dikonsumsi.

Parahnya, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa terjadi. Menurut dr. Devia, paling mungkin adalah Anda jadi rentan terkontaminasi bakteri, yang ditandai dengan demam.

"Infeksi Salmonella, Listeria, atau E. coli. Bisa ditandai dengan demam yang disertai gangguan pencernaan, seperti diare, mual, dan muntah," ungkap dr. Devia.

Oleh karena itu, buah potong atau buah kemasan harus dipilih yang baik. Salah-salah, Anda malah bisa mengalami salah satu keluhan di atas!

2 dari 4 halaman

Bagaimana Penyajian Buah yang Benar dan Sehat?

Menurut dr. Devia, menyiapkan buah sendiri adalah cara yang lebih baik. Anda bisa membeli buah yang utuh dan memotong sendiri. 

Perhatikan juga cara penyimpanan dan berapa lama buah itu dapat disimpan. Lalu, mencuci buah sebaiknya dengan air mengalir.

"Kalau bisa memang lebih baik beli buah yang masih utuh. Selain daya simpannya lebih lama, kita bisa memastikan kebersihannya saat dikonsumsi," kata dr. Devia.

"Cuci buah dengan air mengalir atau dengan sabun khusus buah dan sayur. Dikeringkan dan kemudian simpan di kulkas atau di wadah. Pastikan untuk menyimpan di tempat terpisah dengan daging, ayam, ikan, dan produk laut lainnya," sambungnya.

Artikel Lainnya: Manfaat Jus yang Perlu Anda Ketahui

Selain itu, dr. Devia juga menyarankan, sebaiknya langsung konsumsi buah setelah dipotong.

"Jangan dibiarkan atau ditunda makannya. Tujuannya menghindari oksidasi buah dan kontaminasi bakteri atau kuman lainnya," tegasnya.

3 dari 4 halaman

Masih Bolehkah Konsumsi Buah Potong Kemasan?

Sebenarnya, tidak ada larangan dan semua pilihan kembali kepada Anda. Mengonsumsi buah potong tetap bisa jadi pilihan bila sedang kerepotan. Namun, memang perlu memerhatikan beberapa hal.

"Kalau memang mau beli buah potong, sebaiknya perhatikan tempat belinya, misalnya di supermarket. Lihat orang yang memotong, pakai sarung tangan atau tidak, talenannya bersih atau kotor, cara penyimpanan buahnya baik atau tidak," saran dr. Devia.

"Lalu, pilih buah yang baru dipotong dan tampak segar. Hindari pilih buah yang sudah mulai layu," sambung dokter muda ini.

Jadi, kalau mau konsumsi buah potong, sah-sah saja. Yang penting, ingat tips-tips di atas sebelum beli buah potong. Lebih baik, beli buah utuh dan potong sendiri lalu langsung dihabiskan, agar manfaat sehatnya tidak berkurang.

Yuk, jangan malas makan buah! Bila ingin konsultasi seputar asupan buah untuk kesehatan Anda, chat dokter via LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar