Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Wajib Dicoba, Buah Delima Bermanfaat buat Ibu Hamil dan Promil, Lho!

Wajib Dicoba, Buah Delima Bermanfaat buat Ibu Hamil dan Promil, Lho!

Dear bumil dan pasangan program hamil (promil), lengkapi asupan harian kalian dengan buah delima. Sebab, buah tersebut sangat bermanfaat untuk kesehatan!

Beberapa orang ogah mengonsumsi buah delima atau pomegranate karena dianggap asing. Padahal, manfaat buah delima untuk ibu hamil dan buat pasangan yang sedang melakukan program hamil (promil) tak main-main, lho

Agar tak cuma jadi isapan jempol atau mitos yang berkembang di masyarakat, ini dia penjelasan tentang manfaat buah delima. 

Cek Dulu Kandungan Nutrisi Buah Delima 

Untuk yang belum pernah mengonsumsi delima, bagian yang bisa dimakan dari buah berwarna merah ini adalah butiran-butirannya. 

Dalam satu cangkir biji buah delima (174 gram), adapun nutrisi yang terkandung, antara lain:

  • Serat: 7 gram.
  • Protein: 3 gram.
  • Vitamin C: 30% dari kebutuhan harian. 
  • Vitamin K: 36% dari kebutuhan harian.
  • Folat: 16% dari kebutuhan harian.
  • Kalium: 12% dari kebutuhan harian.
  • Kalori: 144. 
  • Gula: 24 gram.

Ada zat lain dalam buah delima, yaitu punicalagins dan asam punicic. Punicalagins merupakan antioksidan yang sangat kuat. 

Bahkan, jus buah delima disebut-sebut memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi 3 kali lipat dari anggur merah atau teh hijau! 

Sedangkan asam punicic, dipercaya bisa merangsang produksi kolagen serta meningkatkan kesuburan. 

Artikel Lainnya: Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Delima untuk Kesuburan

Sebelum hamil, tentunya Anda dan pasangan harus memiliki tingkat atau kualitas kesuburan yang baik terlebih dulu. 

Nah, dengan mengonsumsi jus buah delima ini, katanya bisa meningkatkan kesuburan wanita dan pria yang hendak melakukan promil. Benar tidak, ya?

Menanggapi pertanyaan terkait manfaat buah delima untuk kesuburan, begini penjelasan dr. Karin Wiradarma, M. Gizi.

“Jus buah delima memang sudah banyak penelitiannya. Dia terbukti bisa meningkatkan kesuburan perempuan dan juga meningkatkan aktivitas sperma laki-laki. Tetapi, penelitiannya baru di hewan tikus,” jelas dr. Karin. 

“Penelitian di manusia belum ada. Kalau mau dicoba, tentu boleh-boleh saja. Buah delima ini antioksidannya memang tinggi banget, jadi untuk menangkal radikal bebas supaya bisa cepat hamil sepertinya bisa. Ini dengan syarat, keduanya (pasutri) tidak memiliki masalah medis tertentu, ya,” tutur dr. Karin. 

Jika belum berhasil hamil, tetapi akar permasalahannya adalah gangguan organ dalam, ada perlengketan, ada infeksi, atau mengalami PCOS (pada wanita), ini tak bisa diatasi oleh jus buah delima. 

Begitu pula jika pria mengalami penyumbatan atau penyempitan saluran sperma atau bentuk spermanya abnormal, dan jumlah spermanya zero, jus buah delima tak bisa mengatasi infertilitas tersebut. 

Untuk mendapatkan manfaat buah delima, pria tersebut harus mengobati penyebab dasarnya terlebih dahulu

“Masalah kesuburan yang bisa dibenerin adalah yang berkaitan dengan oksidan atau radikal bebas saja. Entah itu karena stres, terpapar polusi udara, rokok, dan lain sebagainya. Buah tersebut membantu menetralkan radikal bebas yang bisa menghambat implantasi,” tambahnya. 

Artikel Lainnya: Makanan yang Harus Dijauhi Ibu Hamil untuk Hindari Risiko Keguguran

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Delima untuk Ibu Hamil

Lalu, bagaimana dengan manfaat buah delima untuk ibu hamil? Kabar baiknya, karena mengandung nutrisi yang sudah disebutkan di atas, beberapa manfaat buah delima yang bisa dirasakan bumil, antara lain:

  • Mencegah Cacat Lahir

Kandungan antioksidan berperan mencegah cacat lahir pada bayi. Kandungan asam folat yang terkandung dalam buah pomegranate juga baik untuk mendukung pertumbuhan janin.

  • Meningkatkan Imunitas Tubuh 

Vitamin C dan antioksidan pada buah delima berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil. Keduanya bisa menangkal radikal bebas sehingga bumil tak mudah sakit. 

  • Memelihara Kesehatan Gigi 

Ibu hamil lebih rentan sakit gigi dan punya masalah gusi. Kalau tak segera diatasi, ini bisa merembet ke kondisi kesehatan lainnya, mulai dari preeklamsia hingga lahir prematur. 

Dengan mengonsumsi jus buah delima secara teratur, risiko ini bisa diminimalkan. 

  • Mengontrol Batasan Tekanan Darah

Kandungan kalium membantu menurunkan tekanan darah. Kadar garam berlebih dalam tubuh akan dikurangi dan otot-otot dinding pembuluh darah akan dibuat lebih relaks. 

Artikel Lainnya: 8 Buah Terbaik untuk Ibu Hamil

3 dari 4 halaman

Cara Menyajikan Buah Delima yang Tepat Ketika Hamil

Tak ada cara penyajian khusus untuk makan buah delima ketika hamil. Jika Anda penyuka smoothie bowl, biasanya butiran buah delima bisa dijadikan topping dan langsung dimakan begitu saja. 

Namun, tak sedikit juga yang lebih suka mengonsumsinya ketika sudah diolah menjadi jus. 

Ibu hamil yang menderita sembelit kronis perlu waspada. Sebab, mengonsumsi buah delima beserta biji-bijinya dapat meningkatkan risiko obstruksi usus. 

Lalu, apabila Anda punya masalah hipertensi dan sedang mengonsumsi obat-obatan rutin terkait tekanan darah, lebih baik berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi jus buah delima secara teratur dalam jumlah banyak. 

Dikhawatirkan, ini akan menyebabkan tekanan darah menjadi drop. Itu dia penjelasan manfaat buah delima untuk ibu hamil dan khasiatnya untuk meningkatkan kesuburan.

Jika Anda masih punya pertanyaan seputar buah delima atau manfaat makanan lainnya bagi kesehatan, langsung saja konsultasikan hal tersebut dengan dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar