Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Selain untuk Atasi Flu, Buah Berenuk Dipercaya Dapat Cegah Kanker

Selain untuk Atasi Flu, Buah Berenuk Dipercaya Dapat Cegah Kanker

Buah berenuk sejak lama dipercaya untuk mengatasi flu. Akan tetapi, buah asal Amerika Tengah ini kabarnya dapat mengatasi kanker. Benarkah?

Pernah mendengar soal buah buah berenuk? Kebanyakan dari Anda mungkin masih jarang mendengarnya. Tapi, kabarnya, ada banyak manfaat buah berenuk bagi kesehatan, lho! Mulai dari atasi flu sampai kanker! Benarkah?

Buah Berenuk Si Buah Ajaib

Tanaman dengan nama latin Crescentia cujete ini lebih banyak tumbuh di Amerika Tengah dan Amerika Selatan, termasuk di kawasan Afrika. 

Meski sering dijadikan tanaman hias, pohon berenuk juga banyak digunakan untuk pengobatan tradisional, salah satunya flu.

Pohon berenuk bisa tumbuh sekitar 6-12 meter. Cabang-cabangnya panjang dan menyebar ke arah horizontal dengan hampir tidak ada cabang sekunder.

Panjang daunnya berkisar antara 5-15 cm, berbentuk tombak, dan lancip di bagian dasarnya. Bunga-bunga di pohonnya biasanya memiliki lima kelopak yang menyatu dalam bentuk corong. 

Bunganya biasanya berwarna hijau muda dengan garis-garis samar ungu. Kulit buah membungkus dagingnya yang berwarna putih dan biji coklat gelap tipis. Pohon itu dapat berbunga dan berbuah kapan saja sepanjang tahun.

Bagaimana dengan buahnya? Buah berenuk berwarna hijau dan berbentuk bulat besar, hingga diameter sampai 50 cm. 

Buahnya yang bercangkang keras juga kerap dimanfaatkan dan didaur ulang sebagai mangkuk, gelas, dan wadah lainnya.

Buah ini sepintas mirip dengan buah maja. Hanya saja, buah maja relatif agak lebih kecil dari berenuk. Soal rasa, berenuk memiliki rasa yang pahit, sehingga sering kali dimanfaatkan untuk kesehatan. 

Artikel Lainnya: Efektifkah Konsumsi Buah dan Sayuran Organik untuk Cegah Kanker?

1 dari 4 halaman

Kandungan Nutrisi Buah Berenuk

Menurut Philippine Council for Health Research and Development (PCHRD) dan Department of Science and Technology (DOST), berenuk mengandung flavonoid seperti quercetin dan anthraquinone

Buah berenuk juga mengandung phytochemical, yang penting untuk aktivitas antiangiogenik.

Selain itu, buah berenuk diperkaya dengan sederet nutrisi penting, seperti vitamin B1, vitamin C, karbohidrat, protein, kalium, kalsium, bahkan zat besi.

"Mineral seperti kalium dan sodium juga baik untuk mengontrol tekanan darah. Oleh karena buah ini berserat, maka cocok untuk mencegah konstipasi," ungkap dr. Devia Irine Putri saat dihubungi KlikDokter.

Artikel Lainnya: Benarkah Sayuran Pahit Ampuh Usir Kanker?

2 dari 4 halaman

Buah Berenuk Bisa Cegah Munculnya Kanker

Cara mencegah kanker yang utama adalah menjalani pola hidup sehat. Lantas, apakah manfaat buah berenuk juga bisa menghindarkan Anda kanker?

Untuk mengetahui hal tersebut, mahasiswa biologi dari Notre Dame of Dadiangas University meneliti bahan aktif dari buah berenuk untuk keperluan medis.

Analisis menunjukkan, ekstrak buah dan daun berenuk mengandung flavonoid seperti quercetin dan antrakuinon, yakni fitokimia penting untuk aktivitas antiangiogenesis. 

Apa itu antiangiogenesis? Bagi yang tak paham, antiangiogenesis merupakan proses tumbuh kembang pembuluh darah baru.

Proses tersebut bertugas menjaga penyebaran sel tumor dalam tubuh. Caranya dengan mematikan distribusi nutrisi menuju sel kanker. Biasanya, tumor dimulai dari satu sel dan membelah diri untuk membuat lebih banyak sel kanker.

Pertumbuhan sel-sel ganas akan tergantung pada ketersediaan nutrisi spesifik yang diangkut oleh pembuluh darah.

Dari temuan ini, para peneliti mengklaim bahwa ekstrak berenuk memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan dan perkembangan pembuluh darah. 

Artikel Lainnya: Enak Dikonsumsi, Terong Belanda Ternyata Bisa Bantu Cegah Kanker!

Plus, buah ini dapat digunakan untuk membantu mencegah penyebaran sel kanker dalam tubuh manusia. 

Para peneliti juga percaya pohon berenuk dapat menjadi sumber daya alam untuk pengembangan perawatan anti-kanker yang lebih murah dan tersedia secara lokal.

Hal ini juga diamini oleh dr. Devia. Menurut dia, kandungan buah berenuk, yakni flavonoid, memang ampuh untuk mencegah kanker.

"Paling tinggi kandungan flavonoid seperti quercetin dan anthraquinone yang bisa membantu mencegah pertumbuhan dan perkembangan sel abnormal," kata dr. Devia Irine.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kesehatan Buah Berenuk yang Lain

Salah satu manfaat buah berenuk bagi kesehatan adalah memang untuk mencegah kanker. Akan tetapi, sebenarnya buah ini memiliki banyak manfaat lainnya yang pasti Anda butuhkan.

Menurut dr. Devia Irine, buah berenuk bisa mengontrol tensi sampai cocok untuk diet. Tidak ada salahnya untuk mencoba buah ini sekali-kali. Ini karena manfaatnya yang luar biasa.

"Ini bisa mengontrol tensi, cegah konstipasi, mencegah nyeri-nyeri otot, mengurangi keluhan migrain. Selain itu dia rendah kalori juga, cocok untuk diet," jelas dr. Devia.

Salah satu manfaat buah berenuk memang untuk mencegah kanker. Namun, buah ini juga punya banyak khasiat lain yang sayang untuk dilewatkan. Tak ada salahnya menambahkan buah ini ke dalam variasi menu harian Anda. 

Yuk, manfaatkan layanan LiveChat di aplikasi KlikDokter untuk tanya-tanya seputar kesehatan langsung sama dokter!

(HNS/AYU)

1 Komentar