Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Supaya Tetap Higienis, Ini Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Tas Anda!

Supaya Tetap Higienis, Ini Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Tas Anda!

Kuman bisa datang dari mana saja termasuk dari tas Anda. Agar tidak jadi sarang penyakit, ini waktu yang tepat untuk membersihkan tas Anda.

Jika selama ini Anda merasa kamar mandi adalah tempat yang paling banyak kuman, maka ini salah. Menurut sebuah studi terbaru, tas yang Anda bawa sehari-hari justru memiliki kuman yang lebih banyak ketimbang kamar mandi. Bagaimana bisa?

Tas Bisa Jadi Lebih Kotor dari Toilet

Studi ini ditemukan oleh para peneliti di Inggris yang bekerja di sebuah layanan kebersihan bernama Initial.

Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi dari Arizona University mengatakan, permukaan tas atau dompet mempunyai sekitar sepertiga kuman dari bakteri tinja.

Gerba juga menyatakan, tidak hanya permukaan tas yang memiliki banyak kuman, tapi bagian pegangan dan bawah tas juga memiliki kuman yang sangat banyak, bahkan bisa dikatakan jadi bagian tas yang paling menjijikan.

Studi di Inggris menemukan, pegangan tas adalah hotspot (sumber) bakteri. Lalu, barang-barang di dalam tas seperti makeup atau krim tangan memiliki bakteri toilet-flush.

Menanggapi hal ini, dr. Devia Irine Putri mengatakan, tas memang bisa jadi media penyebaran kuman ke tubuh.

Pasalnya, Anda selalu membawa tas ke mana saja, termasuk ke dalam kamar mandi, mall, restoran, maupun ke tempat-tempat umum lainnya.

“Jadi, kalau dikatakan lebih banyak kuman di tas ketimbang di toilet, ya, sebenarnya mungkin saja terjadi. Apalagi kalau tasnya tidak pernah dibersihkan dan selalu dibawa ke mana saja saat keluar rumah,” ujar dr. Devia.

1 dari 4 halaman

Ada 10.000 Bakteri pada Tas

Jika Anda belum membersihkan tas dalam jangka waktu yang lama, maka ini bisa menjadi “rumah” bagi sekitar 10.000 jenis bakteri.

Penelitian di Jerman yang baru telah menemukan, ada 10.000 bakteri yang berbeda dalam setiap sudut dan isi tas.

Merujuk pada penelitian, Roxanna Pelka, seorang manajer mitra perusahaan pembersihan online Helpling, mengatakan,

“Tidak heran bila hal ini terjadi, karena tangan Anda bisa menyentuh barang apa saja dan kemudian tangan itu kembali menyentuh tas. Kuman dari tangan akan berpindah ke tas dan menjadi sarang kuman untuk berkumpul.”

Orang-orang juga cenderung menggunakan tas mereka sebagai tempat menyimpan sampah makanan atau tisu bila saat itu sedang tidak ada tong sampah. Hal ini akan membuat kuman jadi semakin menumpuk dan bisa menyebabkan penyakit.

Bakteri yang muncul memang bisa bermacam-macam. Tapi, umumnya bakteri yang muncul ini berupa bakteri Escherichia coli.

Bakteri ini banyak ditemukan di permukaan-permukaan benda, seperti ponsel dan tas. Lalu, bakteri yang juga disebut E. coli ini bisa menyebabkan diare dan muntah.

Dokter Devia menambahkan bakteri berjenis Coliforms juga jadi bakteri lainnya yang banyak ditemukan di permukaan benda.

“Biasanya bakteri ini banyak terdapat pada kotoran manusia maupun hewan. Tapi, tidak sedikit juga bakteri ini bisa menempel pada permukaan tas atau berpindah pada permukaannya ketika Anda membawa ke dalam kamar mandi,” ujarnya.

Artikel Lainnya: Ini Dia Kuman-kuman Jahat yang Menempel pada Ponsel

2 dari 4 halaman

Waktu yang Tepat untuk Ganti Tas

Setelah mengetahui beberapa fakta di atas, kira-kira kapan, ya, waktu yang tepat untuk mengganti tas?

Menurut dr. Devia, Anda tidak perlu sampai mengganti tas untuk membunuh bakteri atau kuman yang menempel pada permukaan tas.

Anda hanya perlu membersihkan tas secara berkala agar tidak ada kuman dan bakteri penyebab penyakit yang bisa merugikan kesehatan.

“Cukup dibersihkan dengan air alkohol atau cairan pembersih khusus tas. Sebelum kembali digantung atau dimasukkan ke lemari, tas harus dilap dulu. Terlebih sekarang sedang pandemi virus corona, kita tidak tahu kuman atau virus bisa menempel pada tas atau tidak,” ujar dr. Devia.

Artikel Lainnya: 6 Benda Sehari-hari yang Ternyata Penuh Kuman

3 dari 4 halaman

Tips Higienis saat Membawa Tas

Ini dia beberapa cara yang bisa dilakukan agar tas tetap terjaga kebersihannya saat dibawa bepergian, yaitu:

1. Rajin Cuci Tangan

Meskipun sudah jadi kebiasaan yang pasti dilakukan setiap hari, cara paling efektif untuk menghentikan kontaminasi pada pegangan tas adalah dengan mencuci tangan secara rutin.

2. Bersihkan Tas Secara Berkala

Seperti yang sudah dikatakan oleh dr. Devia, membersihkan tas dengan air alkohol atau cairan khusus pembersih tas merupakan cara paling ampuh untuk membunuh bakteri pada tas.

Semprotkan cairan ini setiap kali pulang ke rumah, atau sebelum dan sesudah memakai tas.

3. Hindari Meninggalkan Tas di Permukaan yang Tidak Bersih

Jangan menaruh tas di permukaan kotor, seperti wastafel, nampan makanan, atau meja makan, khususnya yang di tempat umum.

Bila sudah terlanjur menaruh tas di tempat-tempat ini, Anda bisa langsung mengelap dan mencuci tas sesampainya di rumah.

4. Waspadai Kuman di Rumah

Hati-hati pada hotspot kuman di rumah, terutama di tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu! Dapur dan lantai kamar mandi biasanya jadi sarang kuman, sehingga hindari menaruh tas di kedua tempat ini.

Nah, itulah beberapa tips menjaga tas tetap bersih saat pergi ke luar rumah. Tidak perlu sampai membeli tas baru, cukup bersihkan tas setiap Anda pulang dari luar rumah.

Ingin tahu lebih banyak tips pola hidup bersih dari dokter? Download saja aplikasi KlikDokter!

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar