Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Pakai Bra yang Sama Lebih dari Sehari, Amankah untuk Kesehatan?

Pakai Bra yang Sama Lebih dari Sehari, Amankah untuk Kesehatan?

Merasa belum kotor dan terus dipakai berhari-hari, adakah bahaya tidak mengganti bra? Apa aman-aman saja kalau hanya diangin-anginkan?

Ada saja kebiasaan wanita dalam mengenakan pakaian dalam. Bahkan, beberapa wanita tak merasa risih ketika harus memakai bra yang sama lebih dari sehari.

Ya, kadang jumlah bra di rumah memang lebih sedikit ketimbang celana dalam, sehingga setelah pakai bra, tinggal diangin-anginkan lagi saja untuk dipakai besok. Tapi, amankah kebiasaan tersebut?

Tidak Mengganti Bra Setiap Hari, Aman atau Tidak?

Memakai bra berarti Anda secara aktif mengenakannya ke kulit dan payudara, sembari menopang dan menyerap keringat.

Nah, karena ada keringat di situ, lalu apakah aman bila tidak mengganti bra setiap hari, mengingat keringat bikin pakaian lembap?

Ternyata, jawabannya masih aman, kok. Tetapi, ada syarat yang mesti dilakukan agar kebiasaan tidak mengganti bra setiap hari tidak menjadi “bumerang”.

Syarat yang dimaksud yaitu dalam satu hari, bra tersebut tidak boleh dipakai terus-menerus. Anda harus melepasnya selama beberapa jam untuk digantung dan diangin-anginkan.

Lagipula, bila setiap hari mencuci bra, apalagi habis itu langsung dipakai lalu dicuci lagi, akan merusak cup dan tali bra lebih cepat.

Namun, perhatikan pula kadar keringat Anda. Jika pakaian dalam tersebut habis dipakai untuk melakukan aktivitas fisik yang melelahkan (seperti olahraga), maka lebih baik lupakan soal tidak mengganti bra!

Pasalnya, bra yang sangat basah akibat keringat tak cukup hanya dengan diangin-anginkan. Ini bisa jadi sarang bakteri. Hal ini pun dibenarkan oleh dr. Karin Wiradarma, M.Gizi.

Menurutnya, Anda boleh tidak mengganti bra asalkan berada di area yang dingin dan kebetulan susah keadaannya untuk mencuci baju (sedang tidak di rumah).

“Saat menjemur, harus benar-benar kena angin dan matahari, ya. Biar lembapnya benar-benar hilang,” katanya.

Artikel Lainnya: Mitos Tentang Bra yang Tidak Perlu Anda Percaya

1 dari 3 halaman

Apa Bahaya Tidak Mengganti Bra Setiap Hari?

Jangan salah, bila Anda tetap memaksakan memakai bra yang super lembap selama beberapa hari ke depan, ada bahaya kesehatan yang mengintai.

Dokter Karin mengatakan, “Bahaya tidak mengganti bra setiap hari, khususnya yang sudah lembap dan kotor, adalah dermatitis kontak iritan. Bra lembap yang nempel banget di payudara, apalagi kalau penggunanya obesitas sehingga banyak lipatan, lipatannya bisa tergesek-gesek dan menimbulkan iritasi.”

“Jamur candidiasis juga lebih mudah menginfeksi kulit payudara bila area tubuh tersebut lembap. Ini bisa menimbulkan rasa gatal, perih, dan kemerahan. Lalu, saat Anda pakai bra lain dan pakaian yang cukup ketat, rasanya sangat nggak nyaman,” jelasnya.

Ia menambahkan, “Memang, frekuensi ganti celana dalam itu harus lebih sering ketimbang bra. Kalau bra, asal nggak terlalu keringetan lalu udaranya dingin, masih bisa dijemur dan diangin-anginkan, terus dipakai besoknya. Saat besoknya sudah dipakai, sorenya harus dicuci. Jadi, besok sudah harus pakai bra yang lain.”

Dengan kata lain, bra yang tidak lembap bisa digunakan hari ini dan besoknya, tetapi harus tetap dijemur untuk meminimalkan tumbuhnya bakteri atau jamur.

Sedangkan, untuk pakaian dalam lainnya seperti celana dalam, Anda harus menggantinya dua kali sehari.

Artikel Lainnya: Selama #DiRumahAja, Lebih Baik Pakai Bra atau Tidak?

2 dari 3 halaman

Terlanjur Iritasi akibat Tidak Ganti Bra, Apa yang Harus Dilakukan?

Rasa kapok muncul setelah merasakan akibatnya. Ya, keinginan untuk lebih sering mengganti bra muncul ketika sudah terlanjur terkena dermatitis kontak iritan atau infeksi jamur.

Nah, kalau sudah begitu, lakukan hal-hal ini agar gejalanya mereda:

  • Lebih rajin mengganti pakaian dalam, apalagi kalau sudah berkeringat.
  • Jika rasanya sudah sangat tak nyaman, maka periksakan ke dokter. Biasanya dokter akan memberikan terapi topikal dengan steroid.
  • Hindari mandi dengan air hangat untuk sementara waktu.
  • Oleskan pelembap pada luka.
  • Cuci pakaian dalam menggunakan deterjen yang aman untuk kulit sensitif.
  • Bila yang dialami adalah candidiasis, dokter akan memberikan obat antijamur.

Kapan Anda harus mengganti bra? Idealnya, pakaian apa pun diganti setiap hari. Namun, untuk bra, Anda boleh tidak menggantinya dengan syarat yang telah dijelaskan di atas.

Anda wajib mengganti bra ketika sudah banjir keringat dan sudah dipakai satu hari sebelumnya.

Bila ada pertanyaan seputar masalah kulit, konsultasikan kepada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar