Sukses

Cegah dan Redakan Stres dengan Mengonsumsi 4 Buah Ini

Tidak hanya dengan konsultasi, melakukan hobi, atau olahraga, tapi konsumsi 4 buah ini juga bermanfaat untuk meredakan dan mencegah stres!

Melakukan kegiatan menyenangkan seperti karaoke, yoga, atau travelling, dipercaya bisa membantu mencegah dan mengurangi stres.

Stres merupakan sebuah kondisi kesehatan yang menyerang pikiran dan juga hati seseorang. Dampaknya bermacam-macam, ada yang bisa mengalami gangguan cemas, gangguan panik, depresi, bahkan menyebabkan penyakit. Karena itu, stres harus diatasi dan dicegah sejak dini.

Namun, tahukah Anda, selain bersenang-senang, ada beberapa macam buah yang jika dikonsumsi, bagus untuk mencegah dan mengatasi stres? Yuk, intip apa saja buah-buahan tersebut!

1 dari 3 halaman

Cara Buah Mengatasi Stres Dalam Tubuh

Banyak dari kalian yang mungkin bertanya-tanya, “Kok bisa sih, makan buah bisa cegah bahkan atasi stres?”

Mengutip laman Everyday Health, sekilas, kondisi stres mungkin tampak tidak berbahaya. Akan tetapi, jika dibiarkan, stres bisa menyebabkan sakit kepala, kram perut, sesak napas, berat badan naik, dan menyebabkan Anda mudah terserang penyakit.

Bahkan, menurut National Institute of Mental Health (NIMH), stres kronis atau yang berlangsung selama berbulan-bulan, dapat meningkatkan risiko diabetes, obesitas, penyakit jantung, depresi, dan kondisi kesehatan lainnya.

Sayangnya, saat sedang stres, banyak orang jadi salah atau asal makan makanan yang mengenyangkan tanpa melihat kandungan nutrisi di dalamnya. Padahal, hal itu justru dapat memperburuk kondisi stres yang sedang Anda alami!

Ali Miller, RD, CDE, ahli diet dari AliMillerRD mengatakan, makan makanan mengandung karbohidrat olahan seperti keripik, cookies, dan makanan manis lainnya, justru memicu kadar gula dalam darah naik. Akibatnya, stres yang Anda rasakan pun bisa semakin parah.

Namun, jika Anda memilih makanan sehat, seperti buah misalnya, kandungan zat baik di dalamnya berkhasiat untuk kesehatan tubuh, suasana hati, pikiran, serta menurunkan tingkat stres.

Ali Miller juga menjelaskan, makan sehat seperti buah dapat memicu hormon tubuh untuk mengirim sinyal ke otak agar mood atau suasana hati jadi baik, serta membuat perut kenyang secara cukup (Anda pun tak makan berlebihan).

Di mana kondisi tersebut terbukti mencegah atau bahkan mengurangi tingkat stres yang Anda rasakan!

Artikel Lainnya: Manfaat Menambahkan Buah dalam Sarapan Anda

2 dari 3 halaman

4 Buah Untuk Mencegah dan Mengatasi Stres

Untuk mengatasi rasa stres, ada beberapa jenis buah yang bisa Anda konsumsi. Berikut daftarnya:

  1. Buah Citrus

Buah citrus seperti jeruk dan jeruk nipis, disebut sebagai buah yang paling banyak mengandung vitamin C tinggi.

Menurut penuturan dr. Devia Irine Putri kepada KlikDokter, buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk atau lemon bermanfaat untuk mengurangi tingkat stres. Sebab, vitamin C bisa menurunkan kadar kortisol (hormon yang mengendalikan stres) dalam tubuh.

Tidak hanya itu, bukti lain dari Pakistan Journal of Biological Science juga mengatakan hal serupa. Di dalam penelitian tersebut, mengonsumsi 500 mg vitamin C dari buah citrus per hari terbukti dapat mencegah gangguan kecemasan dan juga stres.

  1. Pisang

Kandungan kalium dalam buah pisang dipercaya bisa meningkatkan hormon dopamin yang baik bisa mencukupi kebutuhan kadar magnesium dalam tubuh. Ketika kebutuhan magnesium tubuh terpenuhi, kadar stres dalam tubuh pun juga menurun.

Selain itu, pisang dikatakan bisa mengurangi tingkat kecemasan yang Anda alami. Pasalnya, pisang berperan sebagai beta-blocker alami. Artinya, ketika Anda makan buah pisang, hormon adrenalin akan mencegah adanya pengikatan reseptor beta.

Dengan makan buah pisang, denyut nadi dan tekanan darah Anda jadi berkurang, sehingga tingkat stres yang Anda rasakan tingkatnya menurun.

Artikel Lainnya: Pola Makan Ini Bisa Bikin Anda Lebih Bahagia dan Bebas Stres

  1. Kakao

Buah kakao, terutama bijinya yang diolah menjadi cokelat hitam, mengandung antioksidan seperti polifenol dan flavonoid. Kedua zat ini dipercaya mampu menurunkan hormon stres dan membangkitkan mood dalam diri Anda.

Kendati demikian, jangan asal pilih cokelat atau produk olahan biji kakao, ya. Manfaat buah kakao untuk redakan stres ini bisa didapat jika sudah diolah menjadi dark chocolate

Menurut penelitian dari Journal of Proteome Research, mengonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate sebanyak 40 gram per hari selama 2 minggu, dapat menurunkan tingkat stres dalam tubuh.

Pilih dark chocolate yang tidak mengandung gula atau zat tambahan. Jadi, kandungan antioksidan di dalamnya masih banyak dan bermanfaat untuk tubuh.

  1. Stroberi

Termasuk dalam keluarga ‘berry’, stroberi merupakan buah yang mengandung vitamin C dan kaya zat antioksidan.

Nah, menurut dalam sebuah penelitian terkontrol, meningkatkan konsumsi vitamin C  terbukti membantu mengatasi kondisi stres.

Sebab, dalam penelitian tersebut, kadar kortisol (hormon stres) peserta yang diberikan suplemen vitamin C dapat menurun cepat. Hasilnya, tekanan darah peserta tersebut bisa normal dan stabil daripada peserta yang tidak mengonsumsi vitamin C.

Tidak hanya meredakan stres, kandungan antioksidan dalam buah stroberi bermanfaat untuk meningkatkan daya kognitif otak sekaligus melindungi kesehatan jantung Anda.

Anda bisa memakan buah stroberi secara langsung, atau menambahkan buah merah cantik ini ke dalam semangkuk oatmeal di pagi hari.

Jadi, selain olahraga, konsultasi dengan psikolog, dan meluangkan waktu untuk diri sendiri, konsumsi empat buah di atas untuk mencegah dan mengatasi stres.

Untuk pertanyaan seputar kesehatan mental atau fisik lainnya, Anda bisa konsultasi lewat fitur Live Chat atau baca artikel kesehatan di aplikasi KlikDokter. Salam sehat!

(OVI)

0 Komentar

Belum ada komentar