Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSeksCelana Dalam Wajib Dibuka Setelah Berhubungan Seksual. Kenapa, Ya?
Seks

Celana Dalam Wajib Dibuka Setelah Berhubungan Seksual. Kenapa, Ya?

Tamara Anastasia, 05 Jul 2020

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ada banyak hal yang harus dihindari pasca berhubungan seks, salah satunya adalah memakai celana dalam. Kenapa, ya?

Celana Dalam Wajib Dibuka Setelah Berhubungan Seksual. Kenapa, Ya?

Selain memberikan manfaat untuk kesehatan fisik, berhubungan seks juga baik untuk meningkatkan keintiman dengan pasangan. Akan tetapi, tahukah Kamu, bahwa ada beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan pasca berhubungan seks? 

Ya, salah satu hal yang harus dihindari habis bercinta adalah menggunakan celana dalam, terutama untuk wanita. Lho, apa alasannya?

Apa yang Terjadi Pada Vagina Setelah Berhubungan Seks?

Vagina merupakan salah satu bagian tubuh wanita yang paling sensitif. Maka, kebersihan dan kesehatan vagina pun sangat perlu diperhatikan.

Menurut dr. Sara Elise Wijono, ada beberapa perubahan yang bisa terjadi pada vagina pasca melakukan hubungan seks, salah satunya vagina terasa lebih kendur. 

Dokter Sara menjelaskan vagina adalah organ tubuh yang terdiri dari otot. Ketika Kamu terangsang, maka otot di sekitar vagina akan mengendur. 

Kondisi kendur bertujuan untuk mempersiapkan penetrasi penis yang akan masuk ke dalamnya.

Vagina yang terasa lebih kendur dan longgar, normal terjadi sehabis berhubungan seks. Namun, tak usah cemas, usai bercinta, otot akan kembali seperti semula dan vagina akan kencang kembali.

Selain itu, vagina juga bisa mengalami nyeri dan bengkak pasca berhubungan seks. Mengapa? Salah satu pemicunya karena kurang pelumas (cairan pelicin alami atau non alami) saat sesi “tempur” dimulai. 

Artikel Lainnya: 5 Kesalahan Kecil yang Sering Dilakukan dalam Hubungan Seks

Gesekan yang terjadi antara penis dan vagina yang kurang pelumas, akan menyebabkan ruam dan organ intim wanita jadi terasa nyeri.

“Untuk bengkak sendiri, ini disebabkan karena adanya peningkatan aliran darah ke organ intim wanita, sehingga menimbulkan bengkak sementara. Bengkak ini juga bisa disebabkan karena gesekan berlebih atau terlalu semangat (kasar) saat bercinta,” ujar dr. Sara. 

Gatal pada vagina juga bisa terjadi pasca berhubungan seks. Kondisi ini merupakan keluhan umum, dan bila gatalnya tidak berlebihan, hal itu wajar. 

“Gatal juga bisa terjadi karena faktor alergi sperma, alergi pada bahan kondom, infeksi organ intim, dan ketidakseimbangan pH vagina yang menyebabkan rentan terkena infeksi,” jelas dr. Sara. 

Mengapa Tidak Dianjurkan Pakai Celana Dalam Sehabis Bercinta?

Bukan tanpa alasan, memakai celana dalam pasca berhubungan seks, disebut-sebut bisa meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri dan jamur di area vagina.

Mengutip laman WebMD, pakai celana dalam, terutama yang ketat, bisa menghambat sirkulasi udara masuk ke area vagina sehabis berhubungan seks. 

Nah, hal ini harus dihindari, karena dapat memicu vagina jadi basah, lembap, dan berisiko meningkatkan pertumbuhan jamur serta bakteri di dalam vagina. 

Menanggapi hal ini, dr. Devia Irine Putri mengatakan penggunaan celana dalam pasca berhubungan seks sebenarnya boleh saja dilakukan, dengan catatan wanita harus terlebih dahulu membersihkan vaginanya. 

“Kalau setelah berhubungan seks, boleh, kok, pakai celana dalam, asalkan sudah membersihkan vaginanya. Kalau langsung pakai celana dalam, kemungkinan besar akan ada bakteri dan jamur yang bisa tumbuh dalam vagina. Nantinya jamur ini bisa buat vagina jadi terasa gatal dan bau,” ujar dr. Devia. 

Artikel Lainnya: Manfaat Luar Biasa dari Bercinta di Pagi Hari

Kalau Celana Dalam Tetap Dipakai, Apa Risikonya?

Berdasarkan risiko di atas, Kamu disarankan untuk tidak langsung pakai celana dalam sebelum membersihkan vagina pasca berhubungan seks. 

Tidak perlu sampai mandi atau menggunakan sabun, cukup bersihkan vagina dengan air mengalir, kemudian keringkan dengan handuk bersih atau tisu. 

Jika memang ingin menggunakan sabun, pilihlah sabun tanpa pewangi agar tidak merusak pH pada vagina. 

“Jika tetap memaksa untuk menggunakan celana dalam pasca berhubungan seks tanpa membersihkannya terlebih dahulu, maka jamur dan bakteri yang tumbuh akan meningkatkan risiko infeksi saluran kencing (ISK), keputihan, dan gatal berlebihan,” jelas dr. Devia. 

Apabila hal ini dilakukan secara berulang, tidak heran jika vagina Kamu jadi banyak ruam, lecet, dan bau.

Kamu nggak mau, kan, vagina Kamu jadi tidak sehat? Selain merugikan diri sendiri, kondisi vagina tidak sehat juga bisa menurunkan gairah seksual pasangan, sehingga kehidupan seksual Kamu pun jadi terganggu!

Untuk itu, yuk, jaga kesehatan vagina mulai sekarang! Bila ada pertanyaan lebih lanjut, tentang kebersihan, kesehatan, atau mitos organ intim wanita, sebaiknya konsultasi ke dokter langsung. Mau lebih praktis? Ajukan saja pertanyaan lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter!

(OVI/AYU)

Seks

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter