Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mau Rambut Sehat dan Kuat? Coba Minyak Alpukat yang Kaya Manfaat

Mau Rambut Sehat dan Kuat? Coba Minyak Alpukat yang Kaya Manfaat

Ada satu bahan alami yang disebut-sebut bisa menguatkan rambut, yaitu minyak alpukat. Lantas, apa kata dokter soal manfaat minyak alpukat untuk rambut? Efektifkah?

Sejak keseringan di rumah selama pandemi corona, rambut jadi rusak dan rontok. Sudah coba beragam sampo, hasilnya tetap belum kelihatan juga. 

Harus bagaimana? Apakah harus ke pergi ke salon atau klinik kecantikan agar rambut bisa kembali sehat dan indah dipandang? Tidak juga. Anda bisa mencoba terapi rumahan dengan bahan alami, yakni minyak alpukat. 

Kandungan Minyak Alpukat yang Baik untuk Rambut 

Menurut dr. Karin Wiradarma, M.Gizi, minyak alpukat mengandung berbagai nutrisi yang memang bisa membantu menyehatkan rambut. 

Manfaat ini berkat kandungan antioksidan, vitamin A, vitamin B5 atau asam pantotenat, biotin, asam lemak esensial, vitamin E yang ada di dalam minyak alpukat.

Senada dengan dr. Karin, seorang pakar kecantikan bernama Debbi Burnes juga mengatakan minyak alpukat memang merupakan ‘bahan ajaib’ yang bisa mewujudkan mimpi Anda untuk memiliki rambut sehat.

Faktanya, minyak alpukat menjadi salah satu bahan alami yang dapat menembus batang rambut dan kutikula. Dengan demikian, minyak tersebut dapat memberikan hasil yang lebih efektif untuk mempertahankan kekuatan rambut.

Artikel Lainnya: 10 Alasan Ini Dijamin Bikin Anda Makin Rajin Makan Alpukat

1 dari 3 halaman

Manfaat Minyak Alpukat untuk Rambut

Berkat kandungan yang ada di dalamnya, berikut ini adalah beberapa manfaat minyak alpukat untuk kesehatan rambut Anda.

  • Menutrisi Akar dan Batang Rambut

Manfaat minyak alpukat yang satu ini sangat dibutuhkan oleh pemilik rambut rontok. Pasalnya, nutrisi dalam minyak alami tersebut bisa memperbaiki kondisi akar dan rambut sehingga tak mudah patah.

  • Mengatasi Rambut Kering 

Minyak alpukat juga bisa membuat rambut Anda menjadi lebih lembap dan lembut, lho! Ini cocok buat Anda yang sering menggunakan pengering rambut atau catokan.

  • Melindungi Rambut dari Polusi 

Ahli biokimia dan kecantikan serta penulis Good Bacteria for Healthy Skin, Paula Simpson menuturkan antioksidan yang larut dalam lemak dan fitokimia bioaktif (termasuk vitamin E serta karoten) dalam minyak alpukat dapat membantu melindungi rambut dari polutan.

  • Bikin Rambut Tidak Kaku

Rambut Anda terasa susah diatur? Cobalah untuk mengoleskan sedikit minyak alpukat ke tangan, lalu sisir dan tata rambut menggunakan jari yang sudah dibasahi. 

  • Mempercepat Rambut Tumbuh dan Mengatasi Pengelupasan Kulit Kepala

Untuk mendorong pertumbuhan rambut dan mengatasi pengelupasan kulit kepala, minyak alpukat bisa membantu mewujudkannya. 

Jika ingin lebih efektif, Anda bisa mencampurkan minyak alpukat dengan satu sendok makan yoghurt dan satu sendok teh madu sebelum dioleskan.

Tertarik merasakan manfaat minyak alpukat untuk rambut? Dikatakan oleh dr. Dyah Novita Anggraini, manfaat minyak alpukat untuk rambut akan lebih terasa jika digabung bersama dengan minyak lavender. Keduanya bekerja lebih efektif dalam mencegah dan mengatasi kerontokan rambut. 

Artikel Lainnya: Makan Alpukat Saat Diet, Siapa Takut?

2 dari 3 halaman

Cara Menggunakan Minyak Alpukat untuk Rambut

Untuk merasakan manfaat minyak alpukat untuk rambut, ada beberapa cara dalam menggunakan minyak tersebut, yaitu:

  • Dicampur dengan madu dan putih telur, atau madu dan yoghurt, lalu oleskan ke kulit kepala dan batang rambut. Diamkan selama 15 menit, dan bilas sampai bersih setelahnya. 
  • Disemprotkan atau dioleskan ke tangan untuk menyisir rambut yang kaku menggunakan jari-jari tangan. 
  • Langsung dioleskan ke kulit kepala dan batang rambut, lalu dipijat-pijat dan diamkan selama 10 menit. Bersihkan dengan keramas. 

Selain itu, dr. Karin berpesan, ada dua hal yang mesti Anda perhatikan sebelum benar-benar menggunakan minyak alpukat. Adapun hal yang dimaksud, yaitu:

  • Jangan lupa bilas hingga bersih. Seperti diketahui, membersihkan minyak di kulit kepala tidaklah mudah. Karena itu, Anda mesti teliti. Jika tidak, minyak justru akan semakin menumpuk dan memicu timbulnya ketombe.
  • Perhatikan betul penyebab kerontokan rambut Anda. Jika penyebabnya adalah jamur ketombe atau psoriasis, atasi dulu permasalahan tersebut dengan produk perawatan yang disarankan oleh dokter. 

Setelah itu, barulah Anda bisa memelihara kondisi rambut yang sudah lebih baik dengan minyak alpukat. 

Manfaat minyak alpukat untuk kesehatan rambut memang tak perlu diragukan lagi. Namun, perhatikan beberapa hal yang sudah dijelaskan, sebelum Anda mencobanya. 

Ini dilakukan agar Anda bisa sepenuhnya merasakan manfaat minyak alpukat untuk rambut, tanpa khawatir akan efek samping yang mungkin terjadi.

Jika masih ada pertanyaan seputar cara merawat rambut, cara mengatasi rambut rontok, ataupun tips kesehatan lainnya, langsung saja konsultasikan hal tersebut dengan dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter. 

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar