Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ini 5 Buah yang Aman dan Sehat Dikonsumsi Anak Autis, Coba, yuk!

Ini 5 Buah yang Aman dan Sehat Dikonsumsi Anak Autis, Coba, yuk!

Bingung mau kasih buah apa untuk anak dengan spektrum autisme? Jangan khawatir, ada tips dari dokter tentang memilih buah dan makanan untuk anak autis.

Anak dengan spektrum autisme atau kerap disebut anak autis cenderung tergolong picky eater. Ya, sulit menemukan makanan yang cocok untuknya, tak terkecuali buah.

Padahal, kebutuhan serat dan vitamin dari buah harus dipenuhi agar ia selalu sehat. Kalau sudah begini, pasti ibu bingung, kan, apa saja buah untuk anak autis yang bisa memelihara kesehatannya?

Mengapa Anak Autis Harus Diperhatikan Asupan Makanannya?

Sebelum menjelaskan soal buah untuk anak autis, ada baiknya Anda ketahui dulu kenapa harus memerhatikan betul asupan makanan dan minuman untuknya.

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Autism Speaks menunjukkan anak-anak yang memiliki spektrum rentan terkena peradangan di saluran pencernaan mereka.

Alhasil, mereka lebih sering mengalami diare, sembelit, kembung, dan sakit perut ketimbang anak-anak kebanyakan.

Nah, apabila mereka terus-menerus mengalami gangguan pencernaan akibat makanan yang “asal”, tentu kondisi kesehatan dan pertumbuhannya akan terganggu.

Dokter Karin Wiradarma, M.Gizi mengatakan kepada KlikDokter soal makanan untuk anak autis. Memang, ada beberapa penelitian yang melaporkan bahwa dengan adanya perbaikan asupan makanan untuk anak autis.

Khususnya diet bebas gluten dan bebas casein, itu bisa memberikan dampak positif buat kesehatannya.

“Namun, sebelum Anda benar-benar menerapkan diet free gluten dan free casein ke anak, lebih baik berkonsultasi dulu ke dokter anak atau dokter gizi. Kalau terlalu banyak pantangan tanpa memberi makanan pengganti, anak malah berpotensi kurang gizi,” jelas dr. Karin.

Ya, gluten ada di dalam gandum dan tepung-tepungan. Banyak sekali makanan yang mengandung gluten di dalamnya. Sementara, casein ada di dalam susu. Makanan anak banyak sekali yang mengandung susu.

Agak sulit untuk melarang anak untuk tidak memakan itu semua, sehingga orang tua harus siap dengan makanan pengganti bila tak ingin anak kekurangan gizi.

Artikel Lainnya: Tips Cermat Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah

1 dari 3 halaman

Kandungan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Autis

Sementara itu, ada beberapa nutrisi penting yang memang sangat diperlukan anak dengan spektrum autisme agar kesehatan mereka terjaga, tumbuh kembangnya tidak terganggu, dan bisa lebih tenang.

Adapun nutrisi makanan untuk anak autis yang dimaksud, antara lain:

  • Asam Lemak

Asam lemak membantu otak dan sistem kekebalan tubuh berkembang. Contoh asam lemak yang dibutuhkan adalah omega-3 dan omega-6.

Karena tubuh tidak membuat sendiri kedua zat ini, maka harus didapatkan lewat makanan.

Omega-3 bisa Anda dapatkan dalam makanan laut, seperti ikan salmon, tuna, dan kerang. Sedangkan, omega-6 bisa didapat dari daging, telur, susu, dan minyak nabati.

  • Probiotik

Ini sangat baik untuk pencernaan anak yang rentan bermasalah. Tubuh membutuhkan bakteri baik untuk melindungi dan membantu pencernaan berfungsi normal.

Konsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti yoghurt akan membantu mengendalikan pembengkakan dan peradangan di pencernaan.

  • Vitamin dan Mineral

Anak autis yang sangat memilih-milih makanan rentan mengalami kekurangan vitamin dan mineral. Menambahkan suplemen dapat membantu menyeimbangkan kondisi dan nutrisi tubuh anak. Untuk dosis atau efek sampingnya, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Artikel Lainnya: Kiat Mendeteksi Tanda Autisme pada Anak Sejak Dini

2 dari 3 halaman

Buah yang Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi Anak Autis

Setelah Anda mengetahui alasan mengapa wajib memerhatikan asupan untuk anak dengan spektrum autisme plus nutrisi apa yang penting untuk dipenuhi, kini saatnya Anda mengetahui apa saja buah yang baik untuknya.

Menurut dr. Karin, pada dasarnya tidak ada buah yang secara spesifik baik untuk anak autis.

Ia mengatakan, “Yang penting, ketika ibu memilih buah untuk anak autis, tidak yang terlalu manis dan tinggi kalori seperti durian dan semangka. Itu hanya boleh dimakan sesekali.”

Selain itu, Anda juga bisa memberikan buah-buahan berwarna pucat. Buah-buahan berwarna pucat ini mengandung serat, mineral, dapat menyeimbangkan hormon, dan mencegah inflamasi.

Adapun ragam buah untuk anak autis, antara lain:

1. Pisang

Kurang lebih 93% dari total kalori buah ini berasal dari karbohidrat. Pisang kaya akan kalium, natrium, magnesium, serat, vitamin C, B2, B6, dan folat.

Pisang tidak cuma baik untuk sumber energi, melainkan bisa memelihara imunitas tubuh.

2. Pir

Pir berukuran sedang mengandung sekitar 5,5 gram serat. Kandungan serat yang dikombinasikan dengan fitonutrien membuat pir menjadi buah sehat yang bisa disantap kapan saja oleh anak autis.

3. Anggur Hijau

Anggur hijau mengandung antioksidan yang tinggi, salah satunya katekin. Katekin bisa mengatasi peradangan dan membantu menghilangkan zat-zat berbahaya dalam tubuh.

4. Kelapa

Satu cangkir air kelapa mengandung 46 kalori, 3 gram serat, dan kalium yang tinggi.

Air kelapa sangat baik untuk mengembalikan cairan tubuh setelah anak autis beraktivitas. Bahkan, air kelapa juga membantu melancarkan sistem pencernaannya.

5. Buah Persik

Buah persik memiliki tekstur lembut dan lunak. Masuk dalam daftar makanan gastrointestinal soft diet (diet untuk memulihkan usus), buah persik kalengan bisa menenangkan nyeri perut dan kembung.

Itu dia penjelasan tentang buah untuk anak autis. Yang penting, pilih yang kalorinya tidak banyak dan tidak terlalu manis.

Bila Anda punya pertanyaan seputar asupan untuk anak autis, konsultasikan kepada dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar