Sukses

Aneh tapi Nyata, Ini Manfaat Tidak Pakai Celana Dalam!

Meski terkesan aneh dan risih, tidak pakai celana dalam, khususnya saat beristirahat di rumah, punya sejumlah manfaat, lo! Apa sajakah?

Keuntungan tidak pakai bra mungkin kini sudah cukup populer di masyarakat. Lalu, bagaimana dengan manfaat tidak memakai celana dalam? Sepertinya, yang satu ini masih kalah populer, ya.

Pasalnya, celana dalam dianggap sebagai pakaian yang amat krusial, sehingga terasa sangat aneh jika tidak dikenakan, khususnya bagi wanita.

Namun, siapa sangka bahwa tidak pakai celana dalam ternyata juga menyimpan efek positif bagi kesehatan? 

 

1 dari 4 halaman

Mengapa Membutuhkan Celana Dalam?

Sebelum Anda mengenal manfaat tidak memakai celana dalam, ada baiknya Anda pahami dulu mengapa selama ini kita membutuhkan pakaian tersebut.

Menurut dr. Devia Irine Putri, celana dalam difungsikan untuk melindungi dan menutupi organ intim. 

Organ intim kita merupakan bagian yang sensitif. Jika itu tidak dilapisi atau tidak dilindungi dulu oleh celana dalam, maka organ tersebut bisa luka atau mengalami ketidaknyamanan, khususnya saat pakai celana berbahan tebal dan kasar, seperti jeans. 

“Bagi pria, kalau nggak pakai celana dalam, risiko kulit penisnya terjepit bisa terjadi. Sedangkan pada wanita, selain untuk melindungi vagina, celana dalam juga jadi tempat perlekatan pembalut saat datang bulan,” jelas dr. Devia. 

2 dari 4 halaman

Lalu, Apa Manfaat Tidak Pakai Celana Dalam?

Nah, kalau ternyata celana dalam berfungsi untuk melindungi organ intim, apakah dengan tidak pakai celana dalam justru membahayakan area tersebut? Jawabannya, bisa iya dan bisa tidak. 

Dokter Devia mengatakan, Anda harus tahu kapan waktu boleh tidak pakai celana dalam dan kapan Anda harus pakai celana dalam. Misalnya saja, saat di rumah dan hendak beristirahat. 

Artikel lainnya: Pilihan Celana Dalam Juga Pengaruhi Kesuburan Pria

Ketika sudah seharian penuh beraktivitas di luar dan dengan pakaian yang kurang nyaman pula, Anda diperbolehkan untuk tidak mengenakan pakaian dalam, baik itu bra maupun celana dalam.

“Dengan kita tidak memakai celana dalam di rumah, daerah intim tidak sesak dan tidak terlalu lembap. Risiko pertumbuhan bakteri atau jamur pun berkurang,” jelasnya.

Untuk lebih detailnya,  berikut manfaat tidak memakai celana dalam yang bisa Anda rasakan di rumah:

  • Dapat Mengurangi Bau pada Vagina

Ketika kelembapan keringat dan panas terperangkap di area genital yang tertutupi celana dalam, bau kurang sedap bisa timbul. Oleh karena itu, saat tidur, Anda boleh tidak pakai celana dalam untuk mengurangi kelembapan.

  • Minimalkan Risiko Gesekan dan Alergi pada Bibir Vagina

Manfaat tidur tanpa celana dalam selanjutnya adalah dapat membebaskan bibir vagina Anda dari bahan kimia yang dapat mengendap di pakaian dalam setelah dicuci. Baik itu detergen atau pelembut kain, semuanya dapat mengiritasi kulit Anda. 

  • Kehidupan Seks Meningkat 

Beristirahat di rumah tanpa celana dalam uniknya dapat memberi “dorongan” pada kehidupan seks Anda.

Pasangan bisa berpikir bahwa hal itu seksi dan menggoda. Selain itu, proses foreplay dan penetrasi pun jadi lebih mudah dilakukan.

  • Memelihara Kondisi Sperma

Ini mungkin jadi manfaat tidur tanpa celana dalam yang ditunggu-tunggu kaum pria. Mengenakan celana dalam, terutama celana dalam yang ketat, justru dapat mendorong testis terlalu dalam dan meningkatkan suhunya.

Alhasil, ini menciptakan kondisi yang kurang ideal untuk memproduksi sperma. Jumlah sperma akan menurun masalah kesuburan pun bisa terjadi. 

Artikel Lainnya: Apa Akibatnya Jika Anda Malas Ganti Celana Dalam?

3 dari 4 halaman

Mau Tidak Pakai Celana Dalam, Lakukan Ini Dulu!

Tertarik dengan manfaat tidak pakai celana dalam di atas? Tunggu dulu. Anda wajib melakukan hal ini agar itu tak jadi bumerang bagi diri sendiri.

Beberapa hal yang mesti dilakukan ketika Anda mencoba untuk beraktivitas atau beristirahat tanpa celana dalam, yaitu:

  • Pastikan Anda tidak pakai celana dalam di rumah saja. Hindari tidak pakai celana dalam di luar rumah karena selain tidak nyaman dan tidak sopan, Anda justru bisa terinfeksi bakteri atau digigit binatang kecil di ruang publik. 
  • Saat Anda tidak pakai celana dalam, luaran yang dipakai tidak boleh dipakai terlalu lama, apalagi jika agak basah. Ini meminimalkan risiko perpindahan bakteri. 
  • Saat Anda memutuskan untuk beraktivitas di rumah atau beristirahat tanpa celana dalam, gunakan luaran yang nyaman.

Hindari mengenakan luaran yang sempit atau ketat dan jahitan tengah yang kasar. Ini dapat menyebabkan iritasi pada organ intim Anda. 

Itulah penjelasan tentang manfaat tidak pakai celana dalam saat beraktivitas ringan atau beristirahat di rumah untuk kesehatan organ intim.

Bila masih ada pertanyaan seputar kesehatan organ intim atau penyakit lainnya, konsultasikan langsung dengan dokter via fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

2 Komentar