Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mau Produksi ASI Lancar, Alpukat Kabarnya Cocok untuk Ibu Menyusui!

Mau Produksi ASI Lancar, Alpukat Kabarnya Cocok untuk Ibu Menyusui!

Mau produksi ASI lancar? Cobalah makan alpukat. Manfaat alpukat untuk ibu menyusui katanya sangat baik dan bisa bantu memperbanyak ASI.

Produksi air susu ibu (ASI) terkadang tidak lancar atau mudah. Ada kalanya para ibu bisa mengalami produksi ASI yang kurang. Oleh karena itu, perlu konsumsi makanan yang bisa menjadi booster, misalnya alpukat. Apa saja manfaat buah tersebut untuk ibu menyusui?

Alpukat sejak lama dikenal sebagai salah satu buah yang sering dijadikan jus. Rasanya yang nikmat membuat buah ini banyak penggemarnya.

Termasuk para ibu yang sedang menyusui. Nah, yuk, kita bahas apakah alpukat benar cocok untuk ibu menyusui atau tidak.

1 dari 4 halaman

Amankah Konsumsi Alpukat saat Menyusui?

Tidak sedikit yang ragu apakah alpukat aman disantap saat menyusui. Namun, menurut dr. Devia Irine Putri, alpukat sangat aman dikonsumsi kalau Anda sedang menyusui.

"Alpukat baik dikonsumsi untuk ibu menyusui maupun hamil, karena mengandung lemak, sumber vitamin dan mineral, serta asam folat. Kandungan ini baik untuk menunjang pertumbuhan bayi," ujar dr. Devia.

Ya, Anda dapat menambahkan alpukat ke dalam menu makanan sembari menyusui bayi yang baru lahir.

Faktanya, beberapa dokter merekomendasikan untuk menambahkan buah dalam sarapan atau makanan ringan saat menyusui.

Ini karena buah memberikan beberapa manfaat kesehatan, tidak hanya untuk Anda tetapi juga untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi baru lahir. Jadi, pastikan konsumsi buah bergizi dalam jumlah yang tepat saat menyusui bayi.

2 dari 4 halaman

Alpukat Kaya akan Nutrisi

Sudah jelas, alpukat mengandung sumber lemak, vitamin, dan mineral. Hal yang sama disampaikan oleh Allison Childress, Ph.D, seorang asisten profesor di Texas Tech University. Ia menyebut alpukat adalah makanan super.

Ia menjelaskan, lemak dalam alpukat adalah sumber nutrisi yang luar biasa untuk pertumbuhan otak dan kesehatan mata.

Selain itu, alpukat juga sangat tinggi kalium, vitamin B1 dan C yang larut dalam air, serta vitamin K, E, dan A yang juga mudah larut dalam lemak.

Artikel Lainnya: 8 Buah untuk Ibu Menyusui agar ASI Lancar

Satu alpukat dapat mengandung hampir 15% dari asupan kalium yang direkomendasikan setiap hari.

Childress juga mengatakan, alpukat kaya akan serat, di mana 100 gram alpukat mengandung 7 gram serat.

3 dari 4 halaman

Manfaat yang Didapat Ibu Menyusui dari Alpukat

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan ibu menyusui yang mengonsumsi alpukat, antara lain:

  1. Menjaga Ibu Menyusui Tetap Bertenaga

Alpukat adalah pembangkit tenaga alias energy booster untuk ibu menyusui. Perlu diketahui, ibu menyusui sering merasa perut keroncongan.

Ternyata, hal tersebut ada yang penjelasan medisnya. Saat ibu merasakan hal tersebut, ini bisa terjadi karena ada peningkatan terhadap kebutuhan kalori. Sedangkan Busui juga tak punya waktu untuk menyiapkan makanan ataupun mengonsumsinya.

Alpukat mengandung hampir 80% lemak sehat dan membantu menjaga perasaan kenyang. Buah ini juga menjadi sumber folat, vitamin B, vitamin K, kalium, vitamin C, dan vitamin E.

  1. Membantu Perkembangan Otak Bayi

Asam lemak omega-3 dalam alpukat sangat baik kalau dikonsumsi ibu menyusui. Selain itu, buah alpukat yang rutin dikonsumsi bisa membuat ibu menyusui mudah untuk menyerap vitamin, seperti vitamin E. Perlu diketahui, kandungan nutrisi itu membantu perkembangan otak bayi.

Artikel Lainnya: Adakah Pengaruh Asupan Makanan Ibu pada Kandungan Nutrisi ASI?

  1. Menurunkan Stres

Stres atau cemas menghambat produksi ASI para ibu. Nah, untuk itu para ibu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat. Kandungan ini dipercaya bisa mengurangi atau mencegah stres.

Asam folat membantu mencegah penumpukan zat yang mengganggu sirkulasi pengiriman nutrisi ke area otak yang dinamakan homocysteine.

Penumpukan zat ini dapat mengganggu produksi hormon serotonin dan dopamin yang biasanya bertugas mengatur suasana hati, kualitas tidur, dan nafsu makan.

  1. Bagus untuk Pencernaan

Ibu yang sedang menyusui bisa memiliki beberapa masalah, salah satunya konstipasi atau susah buang air besar (BAB). Nah, alpukat bisa membantu Anda terhindar dari konstipasi.

  1. Mengontrol Berat Badan

Kebutuhan kalori yang tinggi memaksa ibu yang menyusui harus makan banyak. Tapi, di sisi lain ibu juga takut gemuk.

Tenang saja, alpukat bisa membantu menjaga berat badan. Ini karena alpukat bisa menyerap nutrisi pada tubuh.

Itulah deretan manfaat yang bisa Anda dapatkan dari makan buah alpukat saat menyusui. Tapi ingat, jangan berlebihan dan tetap disesuaikan dengan anjuran dokter.

Ini karena kalau berlebihan, bisa memunculkan masalah kesehatan, seperti diare, perut kembung, atau nyeri pada perut.

Bila ingin berkonsultasi seputar asupan di masa menyusui, pakai fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar