Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Inggris Hadapi Serangan Horse Fly atau Lalat Pikat Pengisap Darah!

Inggris Hadapi Serangan Horse Fly atau Lalat Pikat Pengisap Darah!

Selain virus corona, warga Inggris kini perlu waspadai serangan lalat pikat atau horse fly. Mari ketahui pertolongan pertama kalau tergigit serangga ini.

Biasanya, lalat kita hindari karena suka membawa kotoran ke makanan yang dihinggapinya. Namun beda dengan yang satu ini, lalat pikat atau horse fly justru dihindari karena bisa mengisap darah dan menimbulkan gejala!

Apa Itu Horse Fly atau Lalat Pikat?

Pada musim panas seperti sekarang, serangan lalat pikat atau horse fly sering terjadi di Eropa, termasuk Inggris. Bagi Anda yang belum tahu, lalat pikat ini adalah lalat besar dan berwarna gelap.

Mereka paling aktif pada siang hari, terutama di musim panas. Anda biasanya dapat mengenali horse fly berdasarkan ukurannya.

Lalat ini panjangnya sekitar 1 inci atau sekitar 2,5 cm, membuatnya jauh lebih besar dari rata-rata lalat pada umumnya.

Lalat pikat juga dapat dibedakan berdasarkan warnanya. Bagian atas lalat ini berwarna putih, biasanya ditandai oleh beberapa garis hitam vertikal. Bagian bawah lalat ini berwarna hitam pekat.

Lalat pikat bisa ditemukan di seluruh Amerika bagian utara dan banyak di negara bagian yang panas dan lembap, seperti Florida. Horse fly biasanya suka menyerang mamalia besar, seperti manusia, anjing, dan, tentu saja, kuda.

1 dari 4 halaman

Serangga Horse Fly Serang Taman-Taman di Inggris

Kini, horse fly mulai menyerang taman-taman di Inggris. Melansir Mirror UK, para ahli menyatakan bahwa karena lockdown mulai longgar dan lebih banyak orang yang berani keluar, lalat pikat mulai mencari "mangsa".

Ini akan menjadi lebih buruk karena lalat pikat berkembang di cuaca panas dan hujan. Beberapa korban melaporkan reaksi buruk terhadap gigitan horse fly. Ini karena mereka membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Diperlukan antibiotik, dan dalam skenario terburuk, gigitan yang menyakitkan (lebih buruk dibanding tawon atau lebah) dapat menyebabkan selulitis (infeksi kulit).

Masyarakat Inggris bahkan telah diperingatkan untuk mengeringkan kembali kolam-kolam di kebun karena lalat pikat tertarik pada air.

Asosiasi Pengendalian Hama Inggris (British Pest Control Association) sejak lama menempatkan lalat pikat dalam daftar 10 Sengatan dan Gigitan Serangga yang Perlu Dihindari.

BPCA mengatakan satu teori untuk wabah ini yaitu bahwa lebih banyak orang di luar ruangan dibanding biasanya dapat meningkatkan peluang banyak orang terkena.

Artikel Lainnya: Pertolongan Tanpa Obat Saat Asma Kambuh Mendadak

2 dari 4 halaman

Gejala yang Muncul akibat Gigitan Lalat Pikat

Menurut beberapa sumber, digigit horse fly cukup membuat Anda merasa kesakitan. Kuda saja kalau diserang lalat pikat akan merasakan sakit, apalagi manusia. Anda perlu tahu bahwa ini sangat menyakitkan.

Mandibula lalat pikat itulah yang membuat gigitan serangga ini sangat menyakitkan. Mandibula pada dasarnya adalah rahang serangga. Bentuknya seperti gunting dan dapat memotong langsung ke kulit.

Mandibula juga dilengkapi dengan kait kecil untuk membantu lalat pikat mengunci untuk mendapatkan makanan yang lebih baik. Setelah terkunci, ia memakan darah dari kulit.

Gigitan ini dapat menyebabkan gejala, seperti sensasi tajam dan terbakar pada kulit. Selain itu, hal yang umum bila mengalami gatal, radang, dan pembengkakan di sekitar area gigitan. Anda bahkan mungkin bisa mengalami memar.

Lalu, Anda juga bisa merasa pusing, serta kulit bengkak yang berlangsung sementara di sekitar mata dan bibir. Reaksi alergi yang lebih parah (anafilaksis) mungkin saja terjadi, tetapi ini jarang.

Jika sampai terjadi anafilaksis, maka harus segera berobat ke rumah sakit. Tanda-tanda anafilaksis adalah:

  • Pembengkakan lidah dan tenggorokan.
  • Wajah, bibir, tangan, atau kaki bengkak dari lokasi gigitan.
  • Mual, muntah, atau diare.
  • Merasa sangat tidak sehat.
  • Kesulitan menelan atau bernapas.

Artikel Lainnya: Wajib Tahu, Ini Pertolongan Pertama Saat Tersambar Petir

3 dari 4 halaman

Pertolongan Pertama Tergigit Horse Fly

Mengobati gigitan lalat pikat mirip dengan pengobatan untuk jenis gigitan serangga lainnya.

Tindakan pencegahan utama untuk mengobati gigitan adalah mewaspadai infeksi. Gigitan horse fly lebih mungkin terinfeksi dibanding gigitan serangga lain.

Menurut dr. Devia Irine Putri, untuk setiap gigitan lalat pikat, pertolongan pertama di rumah yang bisa dilakukan yaitu:

  • Karena biasanya gigitan lalat pikat merah dan gatal, beri kompres dingin untuk meredakan keluhan itu. Redakan rasa sakit dan kurangi pembengkakan dengan kompres dingin atau kompres es yang ditahan selama 10 menit.
  • Bekas gigitan lalat pikat bisa infeksi. Kalau memang ada luka baik kecil maupun besar, harus dirawat. Bersihkan dulu pakai air mengalir dan sabun, lalu dikeringkan dan diberikan obat luka dan ditutup kasa.
  • Jangan menggaruk luka, karena dapat memperburuk dan meningkatkan risiko infeksi.
  • Bersihkan kulit yang digigit dengan sabun dan air hangat menggunakan kain bersih atau kapas.

Itulah pertolongan pertama yang bisa dilakukan bila terkena gigitan lalat pikat. Lebih baik, pakai baju panjang atau perlindungan kulit lainnya bila berada di luar rumah khususnya dekat taman.

Konsultasikan seputar infeksi kulit atau keluhan lainnya dengan dokter lewat fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar