Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Hati-Hati Saat Mau Makan Jamur Enoki, Ini Cara Membersihkannya!

Hati-Hati Saat Mau Makan Jamur Enoki, Ini Cara Membersihkannya!

Jamur enoki belakangan menjadi perhatian karena mengandung bakteri. Mari ketahui cara membersihkan jamur ini sebelum disantap.

Pernahkah Anda makan jamur enoki? Jamur ini dapat diolah menjadi berbagai bentuk makanan yang lezat. Namun, Anda memang harus hati-hati dalam memakan jamur enoki. Sebelum menyantap, sebaiknya ketahui cara membersihkan enoki.

Penting diperhatikan, bakteri Listeria dapat mengontaminasi jamur yang tidak disimpan dan diolah dengan baik. Pasalnya, bakteri Listeria ini dapat bertahan hidup dalam suhu dingin dan juga bisa menyebar ke permukaan atau makanan lainnya.

Untuk menghindari bakteri ini, ada baiknya Anda tahu cara membersihkan jamur enoki sebelum diolah menjadi makanan yang akan Anda santap.

Berikut adalah cara-cara membersihkan dan mengolah jamur enoki yang benar agar tidak “beracun”:

1. Cuci dengan Bersih

Langkah pertama sebelum mengolah enoki, yaitu pastikan Anda mencucinya dengan bersih. 

Mencuci jamur enoki harus menggunakan air bersih yang mengalir. Pastikan Anda memakai wadah yang juga bersih untuk mencuci.

Selain itu, Anda disarankan menggunakan air panas dalam mencuci jamur. Air panas membantu menghilangkan bakteri pada jamur. 

Artikel Lainnya: Bayi Boleh Makan Jamur, Ini Tips Sehatnya!

1 dari 3 halaman

2. Masak Sampai Matang

Cara memasak jamur enoki agar tidak beracun adalah dengan memasaknya hingga matang. 

Masaklah jamur dengan air mendidih yang tentunya bersih. Jangan biarkan jamur enoki dimakan dalam kondisi yang tidak matang.

3. Jangan Terlalu Lama Disimpan

Kelamaan menyimpan jamur enoki justru bisa membuat bakteri Listeria berkembang dengan mudah. Jadi, sebisa mungkin hindari menyimpan makanan yang satu ini terlalu lama.

Selain itu, untuk makanan beku, Anda dianjurkan mengonsumsinya sebelum mencapai tanggal kedaluwarsa yang ada di kemasan.

4. Pastikan Kulkas Dalam Keadaan Bersih

Bila Anda ingin menyimpan jamur enoki sebelum diolah, pastikan kulkas dalam keadaan bersih.

Sebenarnya, bukan hanya saat menyimpan jamur enoki, bila Anda sering menyimpan makanan di kulkas, pastikan kebersihan kulkas selalu terjamin.

Artikel Lainnya: Manfaat Jamur Enoki untuk Ibu Hamil

Bersihkan setiap sisi dan rak di dalam lemari pendingin menggunakan air panas dan detergen cair yang ringan. Setelah dibilas, kemudian keringkan menggunakan lap bersih.

Penting diingat, apabila ada tumpahan makanan dan minuman di kulkas, sebaiknya segera bersihkan. Tujuannya, agar tidak ada bakteri Listeria yang muncul dan mengontaminasi makanan lain.

2 dari 3 halaman

5. Dinginkan dengan Suhu yang Tepat

Selain menerapkan cara membersihkan jamur enoki yang tepat, perhatikan pula tempat penyimpanan jamur ini. Bila Anda menyimpan di dalam lemari pendingin, pastikan suhunya sesuai.

Idealnya, suhu lemari pendingin ada di angka 4 derajat Celsius atau lebih rendah. Sementara untuk freezer, atur suhunya di angka -18 derajat Celcsus.

6. Cuci Tangan dan Peralatan Masak Anda

Mencuci tangan adalah hal paling penting saat mengolah makanan, termasuk jamur enoki. Cuci tangan Anda sebelum dan setelah masak pakai sabun serta air mengalir, lakukan ini selama 20 detik.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan peralatan masak yang habis digunakan, seperti pisau, piring, sendok, dan talenan.

Itulah cara membersihkan dan mengolah jamur enoki yang baik. Pastikan Anda membersihkan jamur dengan benar sebelum mengolahnya menjadi berbagai hidangan. Bila tidak diperhatikan, ditakutkan infeksi bakteri akibat jamur enoki dapat menyebabkan masalah kesehatan serius.

Apabila masih ada pertanyaan tentang cara mengolah jamur enoki yang benar, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter. Gunakan fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA]

2 Komentar