Kesehatan Mental

Pernah Alami Anxiety Dreams? Ini Penyebabnya yang Perlu Dihindari

Aprinda, 10 Mar 2023

Ditinjau Oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog

Tanpa disadari, orang dewasa sering mengalami anxiety dreams. Untuk kurangi frekuensinya, ketahui dulu penyebab Anxiety Dreams dan cara mengatasinya.

Pernah Alami Anxiety Dreams? Ini Penyebabnya yang Perlu Dihindari

Apa alasan untuk tidur? Pastinya, kamu ingin melepas lelah dan beristirahat dengan tenang, ya. Namun, apa jadinya kalau tidur jadi bikin tambah cemas dan bikin capek?

Jangan-jangan, kamu mengalami anxiety dreams! Apa itu anxiety dreams dan bagaimana mimpi tersebut bisa terjadi? Ikuti ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Anxiety Dreams?

Anxiety atau yang dalam bahasa Indonesia disebut ansietas merupakan kondisi emosional yang tidak menyenangkan dengan ciri-ciri tegang, takut, cemas, serta aktifnya sistem saraf pusat.

Nah, bicara soal apa itu anxiety dreams, mimpi tersebut merupakan mimpi buruk yang muncul akibat perasaan negatif yang ada di dalam diri kita.

Misalnya, saat stres berat, kamu jadi mengalami mimpi buruk, seperti mimpi mati tenggelam, mimpi dikejar sesuatu yang menyakitkan, mimpi telanjang di depan umum, dan sebagainya.

Mengalami mimpi buruk tersebut akan membuat tidur tidak berkualitas dan tubuh terasa lelah.

Saat terbangun dari mimpi cemas ini, perasaan semakin tak nyaman. Tubuh tegas, perasaan kalut, meski kita tahu bahwa apa yang tadi kita alami sebetulnya cuma bunga tidur alias mimpi.

Selain gambaran mimpi yang buruk atau kesialan, salah satu indikasi kamu mengalami mimpi cemas adalah tidak pernah merasa benar-benar beristirahat, berapa pun waktu tidur yang dimiliki.

Pola dalam anxiety dreams sering kali sama. Kita sudah tahu bahwa pemicu atau akar permasalahannya hanya satu (di dalam kehidupan nyata). Alhasil, pola mimpi yang terjadi akan mirip-mirip.

Apa Penyebab Anxiety Dreams?

Orang yang sedari awal punya gangguan kecemasan dan serangan panik biasanya lebih berisiko mengalami anxiety dreams.

Orang yang punya pengalaman traumatis juga lebih mungkin untuk mengalami mimpi cemas yang satu ini.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini beberapa faktor yang bisa jadi penyebab mimpi cemas:

  • Ketakutan atau stres berlebih terhadap sesuatu di dunia nyata
  • Habis mengalami perubahan kehidupan yang drastis
  • Sedang berada di situasi yang tidak pasti, tidak jelas, dan membingungkan
  • Keseringan minum-minuman beralkohol pada malam hari
  • Peristiwa traumatis

Perlu diketahui juga, otak kamu tetap aktif saat tidur, lho. Terkadang, saat otak bekerja, ia juga melibatkan memori dan berbagai sensasi.

Hal ini membuat tercipta sebuah semi narasi (mimpi). Kecemasan dan mimpi buruk akan terus-menerus terkoneksi satu sama lain.

Artikel lainnya: Kenapa Perasaan Cemas Bikin Sesak Napas? 

Bagaimana Cara Mengatasi Anxiety Dreams?

Stres karena mimpi buruk tentu tak enak dan bikin capek lahir batin. Karena itulah, coba lakukan beberapa hal yang dianjurkan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog berikut:

1. Sadari dan Identifikasi Penyebab Kecemasan

Cari tahu apa yang membuat kamu cemas, apakah itu karena pekerjaan, hubungan, atau yang lainnya. 

“Dengan mengenali akar masalah dari mimpi buruk atau mimpi cemas ini, kita juga jadi termotivasi untuk segera menyelesaikan hal tersebut,” kata Ikhsan.

2. Relaksasi Sebelum Tidur

Sebelum tidur, lakukanlah relaksasi pernapasan hingga benar-benar merasa tenang. 

“Relaksasi atau meditasi jangan cuma 3 menit, tetapi sampai tubuh dan pikiran merasa enakan. Pas sudah lebih tenang, barulah kamu pergi tidur,” Psikolog Ikhsan menuturkan.

3. Minum Minuman Hangat

Minum minuman yang menenangkan, misalnya teh sereh, teh bunga kamomil, susu hangat, atau air jahe.

Jangan minum kopi, teh pekat, apalagi minuman beralkohol untuk mencegah mimpi buruk. Percayalah, yang terjadi justru sebaliknya!

4. Melakukan Hal Menyenangkan Sebelum Tidur

Coba lakukan aktivitas yang menyenangkan sebelum tidur. Bisa dengan mendengarkan musik slow, sejenak ngobrol ringan dan santai dengan seseorang, atau bermain dengan hewan peliharaan.

Intinya, lakukan sesuatu yang membuat Anda senang dan tenang sebelum memejamkan mata.

5. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat juga bisa dilakukan untuk mengurangi ketegangan otot dan pikiran. Setelah itu, coba hirup aromaterapi. Bila perlu, pasang aromaterapi itu di dalam kamar.

Artikel lainnya: Makanan dan Minuman Penghilang Rasa Cemas 

Perlukah Periksa ke Psikolog?

Mengalami anxiety dreams tentu bisa mengganggu waktu istirahat kamu. 

Jadi, saat mimpi cemas sudah mulai memengaruhi pekerjaan, hubungan, atau kualitas hidup secara keseluruhan pertimbangkan untuk berkonsultasi kepada psikolog.

Psikolog akan memberi saran cara mengatasi kecemasan dan terapi saat bangun, mengelola stres, atau apabila ada gejala kesehatan mental lain yang mendasari. 

Itu dia penjelasan tentang anxiety dreams, si mimpi buruk yang timbul karena stres dan dapat menyebabkan stres makin parah.

Ada pertanyaan terkait stres, kecemasan, atau kondisi psikis dan medis lainnya? Yuk, langsung saja konsultasi dengan psikolog lewat fitur Tanya Dokter.

#JagaSehatmu setiap hari. Jangan tunggu sakit memberat.

(JKT)

Mimpi Buruk

Konsultasi Dokter Terkait