Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Pernah Alami Anxiety Dreams? Ini Penyebabnya yang Perlu Dihindari

Pernah Alami Anxiety Dreams? Ini Penyebabnya yang Perlu Dihindari

Tanpa disadari, orang dewasa sering mengalami anxiety dreams. Untuk kurangi frekuensinya, yuk, ketahui dulu penyebab dan cara mengatasinya di bawah ini.

Apa alasan untuk tidur? Pastinya, Anda ingin melepas lelah dan beristirahat dengan tenang, ya. Namun, apa jadinya kalau tidur jadi bikin tambah cemas dan bikin capek?

Jangan-jangan, Anda mengalami anxiety dreams! Apa, sih, itu dan bagaimana mimpi tersebut bisa terjadi?

Apa Itu Anxiety Dreams?

Anxiety atau yang dalam bahasa Indonesia disebut ansietas merupakan kondisi emosional yang tidak menyenangkan dengan ciri-ciri tegang, takut, cemas, serta aktifnya sistem saraf pusat.

Nah, bicara soal apa itu anxiety dreams, mimpi tersebut merupakan mimpi buruk yang muncul akibat perasaan negatif yang ada di dalam diri kita.

Ya, karena stres berat misalnya, kita jadi mengalami mimpi buruk. Mimpi buruk akan membuat tidur kita tidak berkualitas alias capek.

Saat terbangun dari mimpi cemas ini, perasaan pun semakin tak nyaman. Tubuh tegas, perasaan kalut, meski kita tahu bahwa apa yang tadi kita alami sebetulnya cuma bunga tidur alias mimpi.

Adapun contoh anxiety dreams ini adalah mimpi mati tenggelam, mimpi dikejar sesuatu yang menyakitkan, mimpi telanjang di depan umum, dan lain sebagainya.

Intinya, anxiety dreams adalah mimpi buruk yang disebabkan oleh perasaan negatif dan dapat menimbulkan perasaan negatif pula.

1 dari 5 halaman

Seperti Apa Contoh Anxiety Dreams?

Selain gambaran mimpi yang buruk atau kesialan, salah satu contoh yang mengindikasikan bahwa Anda mengalami mimpi cemas adalah tidak pernah merasa benar-benar beristirahat selama berapa pun waktu tidur yang dimiliki.

Mimpi buruk yang biasa umumnya hanya menyisakan kengerian, tanpa embel-embel stres tambahan saat terbangun. Beda dengan anxiety dreams, kita bisa makin stres karena mimpi buruk yang kita alami.

Pola dalam anxiety dreams sering kali sama. Ini karena sebenarnya kita sudah tahu bahwa pemicu atau akar permasalahannya hanya satu (di dalam kehidupan nyata). Alhasil, pola mimpi yang terjadi akan mirip-mirip.

Artikel Lainnya: 5 Gangguan Kesehatan yang Jadi Penyebab Sering Mimpi Buruk

2 dari 5 halaman

Apa Penyebab Anxiety Dreams?

Orang yang sedari awal punya gangguan kecemasan dan serangan panik biasanya lebih berisiko mengalami anxiety dreams.

Selain itu, orang yang punya pengalaman traumatis pun lebih mungkin untuk mengalami mimpi cemas yang satu ini.

Untuk lebih jelasnya, berikut di bawah ini beberapa faktor yang bisa jadi penyebab mimpi cemas:

  • Ketakutan atau stres berlebih terhadap sesuatu di dunia nyata.
  • Habis mengalami perubahan kehidupan yang drastis.
  • Sedang berada di situasi yang tidak pasti, tidak jelas, dan membingungkan.
  • Keseringan minum-minuman beralkohol pada malam hari.
  • Peristiwa traumatis.

Perlu diketahui juga, otak Anda tetap aktif saat tidur, lho. Terkadang, saat otak bekerja, ia juga melibatkan memori dan berbagai sensasi.

Hal ini membuat terciptalah sebuah semi narasi (mimpi). Kecemasan dan mimpi buruk akan terus-menerus terkoneksi satu sama lain.

3 dari 5 halaman

Adakah Arti Di Balik Mimpi Cemas yang Dialami?

Sebetulnya, ini sangat bergantung pada kepercayaan yang dianut tiap orang di berbagai negara.

Kadang, mimpi A diartikan sebagai pertanda dapat rezeki, mimpi B diartikan sebagai pertanda akan jatuh sakit atau kehilangan yang dicintai, dan lain sebagainya.

Namun, umumnya anxiety dreams tidak menandakan sesuatu yang “lebih dalam”. Ini adalah bentuk kekhawatiran bawah sadar (atau sadar) tentang hal-hal di sekitar Anda.

Belum ada penelitian ilmiah untuk mendukung gagasan bahwa mimpi dapat memprediksi peristiwa di masa depan.

Artikel Lainnya: Mengapa Ibu Hamil Rentan Alami Mimpi Buruk?

4 dari 5 halaman

Bagaimana Cara Mengatasi Anxiety Dreams?

Stres karena mimpi buruk tentu tak enak dan bikin Anda capek lahir batin. Karena itulah, coba lakukan beberapa hal yang dianjurkan oleh Ikhsan Bella Persada, M.Psi., Psikolog berikut ini:

  • Sadari dan identifikasi penyebab kecemasan Anda. Apakah itu karena pekerjaan, hubungan, atau yang lainnya.

“Dengan mengenali akar masalah dari mimpi buruk atau mimpi cemas ini, kita juga jadi termotivasi untuk segera menyelesaikan hal tersebut,” kata Ikhsan.

  • Sebelum tidur, lakukanlah relaksasi pernapasan hingga benar-benar merasa tenang. Psikolog Ikhsan mengatakan,

“Relaksasi atau meditasi jangan cuma 3 menit, tetapi sampai tubuh dan pikiran merasa enakan. Pas sudah lebih tenang, barulah Anda pergi tidur.”

  • Minum minuman yang menenangkan, misalnya teh sereh, teh bunga kamomil, susu hangat, atau air jahe.

Jangan minum kopi, teh pekat, apalagi minuman beralkohol untuk mencegah mimpi buruk. Percayalah, yang terjadi justru sebaliknya!

  • Coba lakukan aktivitas yang menyenangkan sebelum tidur. Bisa mendengarkan musik slow, ngobrol sebentar dengan seseorang (tapi jangan membahas hal-hal berat yang bikin pusing, ya!), atau main dengan hewan peliharaan.

Intinya, lakukan dulu hanya yang membuat Anda senang dan tenang sebelum memejamkan mata.

  • Mandi dengan air hangat juga bisa dilakukan untuk mengurangi ketegangan otot dan pikiran. Setelah itu, coba hirup aromaterapi. Bila perlu, pasang aromaterapi itu di dalam kamar Anda.

Itu dia penjelasan tentang anxiety dreams, si mimpi buruk yang timbul karena stres dan dapat menyebabkan stres makin parah.

Jika kondisi ini sangat mengganggu kehidupan Anda, cobalah minta bantuan psikolog ataupun psikiater agar kualitas hidup tak menurun drastis.

Ada pertanyaan terkait stres, kecemasan, atau kondisi psikis dan medis lainnya? Yuk, langsung saja konsultasi dengan psikolog dan dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar