Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Editor's Choice: Ini Rekomendasi Susu Formula Terbaik Anak 1-3 Tahun!

Editor's Choice: Ini Rekomendasi Susu Formula Terbaik Anak 1-3 Tahun!

Susu formula bisa membantu tumbuh kembang Si Kecil. Berikut rekomendasi susu formula terbaik pada anak usia 1-3 tahun.

Usia 1 sampai 3 tahun merupakan masa golden years untuk Si Kecil. Di waktu tersebut, otak anak sudah mulai berkembang dan menyerap banyak hal.

Tak dimungkiri juga, kalau di usia golden years banyak anak malas atau susah makan. Padahal, menurut dr. Devia Irine Putri, golden years (periode emas) atau dikenal dengan 1000 hari pertama kehidupan anak adalah hal yang sangat penting.

Pada masa itu, pertumbuhan otak anak sangat pesat untuk mendukung tercapainya proses tumbuh kembang yang baik. Apabila di periode emas ini anak kekurangan gizi maka tumbuh kembangnya akan terganggu

Itu sebabnya, Si Kecil memerlukan asupan makanan dan minuman terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Nah, pilihan penambah nutrisi anak terbaik yang bisa Ibu berikan antara lain adalah susu formula.

Sebelum memutuskan untuk membelinya, yuk, simak rekomendasi susu formula terbaik untuk Si Kecil berikut ini.

Kapan Si Kecil Membutuhkan Konsumsi Susu Formula?

Umumnya, anak akan mendapatkan ASI selama enam bulan pertama setelah lahir, lalu diikuti dengan mengonsumsi MPASI.

Meski demikian, ada juga anak-anak yang sudah diberikan susu formula sebelum berusia 6 bulan.

Banyak alasan lain kenapa Si Kecil butuh minum susu formula. Misalnya, Bunda tidak dapat memproduksi ASI dengan cukup atau kondisi Bunda tidak memungkinkan untuk menyusui.

Sebenarnya, pemberian susu formula boleh dilakukan ketika Si Kecil sudah menginjak usia 6 bulan.

"Kalau bayinya sehat, 6 bulan harus ASI eksklusif dan kalau bisa dilanjutkan sampai 2 tahun. Di atas usia 6 bulan sebenarnya boleh diberikan susu formula sebagai bentuk susu tambahan selain ASI," ujar dr. Devia kepada KlikDokter.

Namun, beda anak, beda juga kebutuhannya. Hal ini tidak bisa disamaratakan. Pilihannya jelas, harus melihat kondisi Si Kecil dan ibunya juga.

1 dari 4 halaman

Cara Memilih Susu Formula Balita yang Tepat

Menurut dr. Devia Irine, orang tua harus melihat kandungan nutrisi dari susu formula yang akan diberikan kepada Si Kecil.

Susu yang dipilih harus mengandung mikronutrien seperti zat besi. Jika kekurangan zat besi, nantinya anak bisa rentan mengalami anemia.

Nah, susu formula umumnya berbahan dasar susu sapi. Sayangnya, beberapa anak tidak bisa mengonsumsi susu formula jenis ini karena alergi.

Kondisi Si Kecil yang mengalami intoleransi laktosa dan kesulitan mencerna galaktosa juga membuat ia tidak bisa minum susu formula sapi.

"Untuk pilihannya sendiri, harus disesuaikan kondisi anak. Ada yang alergi susu sapi jadi harus pakai yang susu berbahan dasar lain," ungkap dr. Devia Irine.

Jika Si Kecil tidak memiliki masalah dengan susu formula sapi, silakan memberikannya kepada mereka.

Susu formula dari sapi memang pilihan produk susu paling umum diberikan kepada anak pada usia 1-3 tahun.

2 dari 4 halaman

Pastikan Susu Formula Baik untuk Kesehatan Saluran Cerna Anak

Selain itu, Bunda bisa memilih susu mengandung bakteri probiotik dan prebiotik yang baik untuk kesehatan saluran pencernaan anak di masa golden years.

Perlu diketahui, menurut penelitian yang dikutip Harvard Health Publishing, antara organ otak dan usus sifatnya saling terhubung. 

Ini karena saluran pencernaan anak yang sehat akan mendukung kecerdasan otaknya secara optimal, hubungan ini disebut sebagai Brain Gut Axis.

Pasalnya, ketika otak berkembang pesat, ternyata ada pertumbuhan mikroflora di saraf pleksus (saraf di saluran cerna yang berhubungan dengan otak) si kecil.

Umumnya, para ahli menyebutkan otak adalah organ terpenting buat anak. Namun, banyak juga ahli yang berpendapat bahwa saluran pencernaan adalah organ yang paling penting.

Karena terbilang sama penting, saluran pencernaan sampai disebut-sebut sebagai the second brain! Maka dari itu, Bun, saluran pencernaan si kecil juga wajib dijaga kesehatannya dan dioptimalkan layaknya organ otak.

3 dari 4 halaman

Rekomendasi Produk Susu Formula yang Baik untuk Anak 1-3 Tahun

Awalnya, Bunda pasti bingung untuk memilih susu yang cocok untuk Si Kecil. Tetapi, jangan khawatir, berikut adalah daftar susu formula pilihan terbaik yang bisa diberikan untuk Si Kecil.

  1. Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus

Biasanya Bunda khawatir daya tahan tubuh Si Kecil kurang dan takut kecerdasannya tidak berkembang maksimal. Padahal, kedua hal tersebut bisa dicegah dengan memberikan asupan nutrisi yang cukup.

Tenang, Bun, salah satu solusinya adalah memberikan susu formula Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus.

Susu pertumbuhan ini baik untuk kecerdasan anak karena mengandung alfa laktalbumin, AA & DHA, kolin, zat besi, omega 6, omega 3, dan fosfolipid yang bermanfaat untuk membentuk fungsi otak.

Kandungan-kandungan ini membuat Si Kecil punya memori kuat, kemampuan berpikir dan daya tangkapnya cepat, serta tingkat konsentrasinya pun tinggi.

Terdapat juga kandungan nukleotida, prebiotic GOS, dan probiotic triple bifidus (Bifidobacterium longum BB536, Bifidobacterium breve M16V, dan Bifidobacterium infantis M63) pada susu Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma.

Semua kandungan triple bifidus dalam susu ini, berguna untuk memperkuat dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan Si Kecil.  Nantinya, ia jadi tidak mudah sakit akibat daya tahan tubuhnya kuat menahan infeksi dari virus dan bakteri.

Tumbuh kembang Si Kecil berusia 1-3 tahun pun tak luput diperhatikan oleh Morinaga Chil Kid Platinum MoriCare Zigma.

Produk susu ini mengandung kalsium, vitamin D, magnesium, whey protein, dan beta palmitat. Kandungan ini baik untuk membantu pertumbuhan optimal anak.

Ketika disentuh, bubuk susu Morinaga Chill Kid Platinum MoriCare Zigma terasa sedikit kasar. Namun, tekstur ini ternyata menguntungkan saat Bunda mengolah susunya.

Lantaran, tekstur susu ini jadi mudah larut dan membuat tidak ada gumpalan yang tersisa saat diaduk.

Kebanyakan anak menyukai aroma susu ini karena mirip dengan biskuit vanila ketika sudah diseduh air panas. Di mana hal ini dapat menambah selera Si Kecil untuk segera mengonsumsinya.

Memberikan susu ini juga memudahkan Bunda untuk memenuhi asupan nutrisi pada Si Kecil yang susah makan.

  1. S-26 Procal Gold Tahap 3

Produk susu formula lain yang cocok untuk dikonsumsi oleh anak usia 1-3 tahun adalah S-26 Procal Gold. Mengapa merek ini bisa menjadi pilihan lain?

Pertama, susu formula satu ini adalah pengembangan dari produk yang sebelumnya. Tentunya, ada penambahan formula, yakni, MULTIEXCELTM αLipids System®.

Lalu apa fungsi formula baru tersebut? Kandungan tersebut berguna untuk mendukung potensi Si Kecil, meningkatkan kemampuan belajarnya, serta menguatkan daya tahan tubuhnya.

Untuk tekstur bubuk susunya, S-26 Procal Gold ini mirip dengan mainan magic sand. Ketika digesekkan di jari, bubuknya langsung melebur dan menghilang. Tandanya, bubuk susu ini mudah larut meskipun belum diaduk.

Aromanya mirip sekali dengan adonan kue. Ketika membuat susu ini, biasanya anak akan menghampiri. Si Kecil menyangka Bunda tengah mempersiapkan adonan kue ulang tahun. Tentu, rasanya juga disukai Si Kecil.

  1. ENFAGROW A+ 3

Meskipun sudah mencoba beberapa produk susu formula, tidak semua anak langsung cocok dan menemukan pilihannya, lho.

Bahkan, ada anak yang pernah mengalami mencret seperti sedang terkena diare. Kalau sudah begini, kira-kira merek susu formula apa yang cocok untuk Si Kecil?

ENFRAGROW A+ 3 bisa menjadi jawabannya, Bun. Produk susu ini tidak terlalu manis ketika dikonsumsi, tidak menimbulkan sembelit, atau pun mencret. Cocok diminum setiap hari untuk Si Kecil yang saluran pencernaannya sensitif.

ENFRAGROW A+ 3  ini juga mengandung Beta-Glucan dan GOS yang berguna untuk memperkuat saluran pencernaan. Apabila pencernaan Si Kecil sehat, tentunya daya tahan tubuh juga menjadi lebih tinggi.

Tidak hanya itu, di dalam susu ENFRAGROW A+ 3 terdapat zat omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak anak. Selain itu, susu ini juga sudah dilengkapi dengan DHA, vitamin B, dan zat besi yang akan mencukupi kebutuhan harian Si Kecil.

  1. Friso Gold

Susu Friso Gold adalah merek susu formula untuk anak yang diketahui mengandung prebiotik, vitamin A, C, dan E.

Prebiotik berfungsi membantu pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan. Sedangkan, vitamin A, C, dan E membantu meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil.

Tidak sampai di situ saja, Friso Gold juga mengandung zinc, zat besi, dan selenium. Ini merupakan mineral yang mendukung daya tahan tubuh anak.

Uniknya, produk Friso Gold ini menerapkan konsep nature science dalam pembuatannya. Apa maksudnya, ya?

Begini, seluruh proses produksi Friso Gold dilakukan sendiri oleh Friesland Campina. Mulai dari pemilihan makanan ternak sampai pengolahannya menjadi susu formula berkualitas.

Susu Friso Gold ini juga menggunakan teknologi Locknutri. Cara produksinya dengan membuat kualitas protein dalam susu menjadi lebih mudah dicerna dan diserap oleh anak balita.

Produk susu ini juga tidak terlalu kental atau cair ketika sudah diseduh. Jadi, Si Kecil tak mudah kenyang ketika harus makan setelah minum susu Frisio Gold.

  1. Nutrilon Royal 3 ActiDuoBio+

Keunikan produk susu ini bisa dilihat dari kandungan nutrisi terbarunya. Dalam satu kaleng produk susu formula, terdapat kombinasi emas ActiDuoBio+. Kandungan apa itu?

Maksudnya, fungsi dari kombinasi nutrisi tersebut dapat memperkuat pertahanan tubuh dan meningkatkan kemampuan berpikir Si Kecil.

Pada salah satu kombinasi kandungan, yaitu FOS:GOS 1:9, berguna untuk memperkuat ketahanan tubuh. Sedangkan kombinasi lainnya seperti omega 3, DHA, omega 6, dan zat besi, berguna meningkatkan kecerdasan otak anak usia balita.

Tekstur bubuk susu Nutrilon Royal 3 ActiDuoBio+ ini cukup unik. Ketika diambil sejumput di antara telunjuk dan ibu jari, bubuk itu akan menggumpal seperti bola. Namun, ketika terkena air panas, bubuk ini mudah sekali larut.

Kalau untuk rasa, Nutrilon Royal 3 ActiDuoBio+ ini paling mirip dengan es krim vanila. Pastinya, tidak sulit untuk diberikan kepada Si Kecil karena ia akan menyukai aroma dan rasanya.

Itu adalah rekomendasi susu formula terbaik untuk anak usia 1-3 tahun. Pilihlah yang terbaik dan sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan anak Anda.

Jika Anda masih ragu memilih susu formula terbaik buat si kecil, coba konsultasi dengan dokter di LiveChat 24 jam dalam aplikasi KlikDokter. Siapa tahu kebingungan Ibu bisa segera teratasi.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar