Sukses

Kapan Periode Emas Pertumbuhan dan Perkembangan Anak?

Laju perkembangan otak akan sangat optimal saat Anak sedang berada dalam periode emas. Pertanyaannya, kapan periode emas Anak berlangsung?

Perkembangan otak Anak akan berlangsung dengan sangat optimal selama periode emas tumbuh kembangnya. Lantas, tahukah Bunda dan Ayah apa itu periode emas Anak? Lalu, kapan periode tersebut berlangsung?

Apa itu Periode Emas Anak?

Periode emas adalah durasi waktu di mana terjadi perkembangan massa otak sebanyak 70-80%. Periode ini menjadi salah satu faktor penentu, akan menjadi seperti apa Anak di masa depan kelak.

Apabila periode emas Anak dilalui dengan cara yang tepat, dirinya akan menjadi pribadi yang mumpuni dan siap untuk menghadapi persaingan global di masa depan.

Sebaliknya, jika periode emas berlalu begitu saja tanpa adanya upaya tertentu, Anak  bisa saja mengalami berbagai gangguan kesehatan di kemudian hari. Salah satu gangguan kesehatan yang dimaksud adalah kekurangan gizi, yang bisa berdampak pada segala aspek dalam kehidupannya kini dan nanti.

Tidak hanya itu, periode emas yang terlewati begitu saja juga bisa membuat Anak berperawakan pendek, rentan terkena penyakit, kecerdasan yang pas-pasan, serta massa otot yang rendah.

Kapan Periode Emas Anak Terjadi?

Periode emas Anak terjadi di 1000 hari pertama kehidupannya. Durasi ini dimulai sejak pertama kali terjadi pembuahan (hari ke 270 kehamilan) hingga 730 hari pertama setelah Anak dilahirkan ke dunia.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa periode emas Anak terjadi saat usia kehamilan 270 hari dan terus berlangsung hingga Anak berusia kurang lebih dua tahun.

1 dari 2 halaman

Tips Memenuhi Nutrisi Selama Periode Emas Anak

Guna mengoptimalkan periode emas Anak, Bunda yang sedang hamil diwajibkan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Ini karena janin di dalam kandungan menyesuaikan apa yang dikonsumsi oleh Bunda. Jadi, apabila nutrisi Bunda kurang, perkembangan janin pun akan mengalami gangguan.

Nah, begitu Anak lahir ke dunia, Bunda sangat dianjurkan untuk memberikan ASI eksklusif di 6 bulan pertama. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI (MPASI), khususnya jika Anak sudah genap berusia 6 bulan.

Kemudian, setelah Anak genap bersia 1 tahun, Bunda dapat memberikan asupan nutrisi tambahan yang memiliki kandungan sebagai berikut:

  • AA dan DHA, yang berfungsi untuk meningkatkan daya tangkap Anak
  • Kolin, yang berfungsi untuk meningkatkan daya ingat Anak
  • Alfa lactalbumin, yang meningkatkan fungsi kognitif alias kemampuan berpikir Anak
  • Zat besi, yang berfungsi meningkatkan konsentrasi saat Anak mulai belajar
  • Fosfolipid, yang berfungsi untuk membentuk fungsi otak Anak
  • Nukleotida, yang berfungsi meningkatkan daya tahan tubuh Anak
  • Serat pangan GOS yang berfungsi sebagai makanan untuk bakteri baik di dalam saluran pencernaan Anak
  • Bifidobakterium, yang merupakan bakteri baik untuk membantu menjaga fungsi pencernaan Anak
  • Kalsium, yang berfungsi untuk memperkuat tulang dan gigi Anak

Guna memenuhi seluruh nutrisi yang dibutuhkan, Bunda perlu memberikan Anak menu sehat dan bergizi setiap hari. Tidak cukup dengan itu, Bunda juga perlu memberikan susu pertumbuhan Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus.

Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus terbukti dapat mewujudkan pertahanan tubuh ganda pada Anak, karena mengandung nukleotida dan laktoferin serta gabungan Serat Pangan GOS dan Probiotik Triple Bifidus.

Jangan lupa untuk menyandingkan pemberian asupan nutrisi yang seimbang dengan stimulasi yang tepat. Bunda dan Ayah dapat memberikan stimulasi melalui permainan yang menyenangkan. Untuk mencari tahu ide permainan yang tepat, Bunda bisa mengakses website www.morinagamiplayplan.com atau biasa disebut juga sebagai website Morinaga Mi Play Plan (website Morinaga MIPP).

Tidak hanya ide bermain sehari-hari yang disesuaikan dengan usia Anak, website Morinaga MIPP juga bisa membuat Bunda mengetahui kecerdasan majemuk Anak sekaligus mendeteksi kecerdasan-kecerdasan yang dimiliki Anak, lho! Bunda jadi bisa memiliki waktu yang berkualitas bersama Anak sambil bermain dengannya.

Pemberian makanan bergizi seimbang, susu pertumbuhan Morinaga Platinum MoriCare Zigma dengan Triple Bifidus, dan stimulasi yang tepat di periode emas Anak akan membuat tumbuh kembangnya berlangsung dengan optimal. Selain itu, Anak juga akan memiliki kecerdasan multitalenta dan pertahanan tubuh ganda sehingga siap menghadapi persaingan global di masa depan!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar