Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Perut Kembung Setelah Berhubungan Seks, Apa Penyebabnya?

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Perut Kembung Setelah Berhubungan Seks, Apa Penyebabnya?

Beberapa orang mengalami perut kembung setelah bercinta. Apakah kondisi tersebut disebabkan oleh aktivitas seks itu sendiri, atau karena ada kondisi medis lainnya?

Bercinta adalah momen yang dapat dijadikan pasangan suami istri untuk mempererat ikatan yang telah terjalin. Sayangnya, hubungan seks tidak selalu berjalan sesuai rencana. Salah satu kondisi yang mungkin dialami dan cukup mengganggu adalah keluhan perut kembung setelah bercinta.

Tentu saja, adanya keluhan perut kembung setelah bercinta bisa mengganggu momen Anda untuk menikmati ‘jerih payah’ di atas ranjang. 

Sebenarnya, apa yang jadi penyebab perut kembung usai berhubungan seksual? Apakah keluhan ini terjadi akibat penyakit?

Perut Kembung Setelah Bercinta, Normal atau Tidak?

Menurut dr. Dejandra Rasnaya, perut kembung dan aktivitas seks bukanlah kondisi yang saling berhubungan. 

Dengan kata lain, perut kembung yang terjadi setelah berhubungan seks bukanlah sebuah kondisi yang normal.

“Sebenarnya, penyebab perut kembung bukan hubungan seks. Keduanya tidak berhubungan satu sama lain. Jadi, kalau ada orang yang perutnya kembung setelah bercinta, itu disebabkan oleh hal lain,” kata dr. Dejandra. 

Jika demikian, apa yang sebenarnya menjadi penyebab perut kembung usai bercinta? Apakah merupakan tanda dari kondisi medis yang berbahaya?

Artikel Lainnya: Sakit Perut setelah Bercinta, Apa Sebabnya?

1 dari 3 halaman

Penyebab Perut Kembung Setelah Bercinta

Dikatakan oleh dr. Dejandra, salah satu hal yang bisa menjadi penyebab perut kembung usai berhubungan seks adalah penyakit asam lambung.

“Bisa saja, sedari awal orang ini memiliki masalah asam lambung. Ketika dia makan sesuatu yang bikin perut kembung, misalnya sayur-sayuran yang mengandung gas, makanan pedas, atau minuman bersoda, asam lambungnya naik,” ujarnya.

Tidak hanya itu, perut kembung usai berhubungan intim juga bisa terjadi akibat kondisi lainnya. 

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya perut kembung setelah bercinta:

  • Ada Masalah Pencernaan

Menurut pakar kesehatan wanita di AS, Jennifer Wier, MD, masalah perut kembung saat bercinta bisa jadi karena masalah pencernaan yang serius. Misalnya, asal lambung tinggi dan konstipasi.

“Orang dengan masalah pencernaan tersebut, rentan mengalami rasa kembung pada saat usai melakukan hubungan seksual,” jelas Jennifer. 

Itu sebabnya, Anda yang memiliki riwayat gangguan kesehatan pencernaan harus lebih memerhatikan konsumsi makanan sebelum berhubungan seks.

  • Rahim Retroversi 

Jika Anda memiliki rahim yang terbalik (menghadap anus atau tulang belakang), aktivitas seks bisa dapat menyebabkan rahim bergerak dan melakukan kontak dengan organ lain di sekitarnya. Akibatnya, Anda akan merasakan perut kembung dan tak nyaman

  • Sedikit Lagi Akan Haid 

Saat mendekati waktu haid, biasanya gairah seks juga meningkat. Sayangnya, ini berbarengan dengan munculnya keluhan perut kembung. 

Itu semua disebabkan oleh perubahan hormon di dalam tubuh wanita. Nah, selesai berhubungan seks, barulah rasa kembung itu akan semakin terasa.

  • Ejakulasi di Dalam Vagina

Melakukan hubungan seks tanpa kondom dan melakukan ejakulasi di dalam vagina akan menyebabkan perut wanita kram dan terasa agak sakit.

Saat air mani memasuki vagina, zat prostaglandin yang ditemukan dalam air mani dapat menyebabkan kontraksi rahim dan ketidaknyamanan.

Artikel Lainnya: 6 Penyebab Vagina Bengkak Setelah Bercinta

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Perut Kembung Setelah Berhubungan Seks

Cara terbaik untuk mengatasi perut kembung setelah berhubungan intim adalah dengan menyesuaikan dengan penyebabnya. Misalnya saja seperti berikut ini.

  • Jika penyebabnya adalah asam lambung yang naik, dr. Dejandra menyarankan Anda untuk mengonsumsi obat penetral asam lambung, misalnya antasida. 

Anda juga tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gas tinggi. Terlebih lagi konsumsi tersebut dilakukan sebelum mulai berhubungan seks.

Hindari makanan berminyak, pedas, dan minuman atau sayuran bergas (kol, sawi, dan lain sebagainya). Cobalah untuk minum teh jahe hangat. 

  • Jika penyebabnya adalah rahim terbalik, Anda bisa melakukan senam Kegel, menggunakan cincin pesarium, operasi, dan lain sebagainya. Ini wajib dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.
  • Untuk meminimalkan risiko perut kembung setelah berhubungan seks di kemudian hari, ahli pencernaan dan pendiri Digestive Center for Wellness di Maryland, Robynne Chutkan, MD mengatakan Anda mesti menghindari posisi bercinta yang terlalu memberikan tekanan pada perut.
  • Yoga dan pijatan juga bisa diandalkan ketika Anda merasa kembung setelah bercinta. Anda bisa melakukan gerakan yoga yang memutar. Gerakan ini bisa melepaskan rasa kembung dan gas di dalam perut.

Anda juga bisa melakukan pijatan happy abs. Menurut Robynne Chutkan, Anda hanya tinggal tidur terlentang dan gunakan benda ringan untuk memijat perut secara berputar. Namun, pasikan perut Anda kosong ketika lakukan ini.

  • Jangan dibawa stres. Sangat dipahami bahwa pengalaman perut tak enak setelah bercinta bikin kepikiran. Fokus dalam kegiatan seksual Anda saja.

Namun, semakin dipikirkan, hal itu justru bisa membuat Anda stres. Kalau sudah stres, asam lambung dapat naik dengan cepat sehingga perut semakin kembung. 

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan tetapi perut kembung setelah bercinta selalu hadir atau lama hilangnya, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Untuk langkah awalnya, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter

(NB/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar