Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ibu, Siapkan Ini untuk Mencegah Anak Sakit Saat New Normal

Ibu, Siapkan Ini untuk Mencegah Anak Sakit Saat New Normal

Penerapan new normal banyak membuat orang tua resah. Lakukan sederet tips berikut untuk mencegah anak sakit selama masa new normal.

Setelah lebih 3 bulan lamanya kita melakukan semua aktivitas dari rumah saja akibat pandemi Covid-19, kini pemerintah mulai melakukan pelonggaran terhadap pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Istilah yang diberikan untuk kelonggaran tersebut adalah new normal atau normal baru.

Namun, Anda dan keluarga tetap harus menjalankan berbagai protokol kesehatan selama masa new normal ini. Sebab virus corona penyebab penyakit Covid-19 belumlah musnah dan vaksin untuk mencegah penyakit ini juga belum ditemukan.

Dalam fase ini, Anda tentu saja harus memberi perhatian lebih terhadap anak-anak Anda. Karena tanpa pengawasan yang betul-betul ketat, mereka cukup rawan untuk tidak melakukan protokol kesehatan, apalagi ketika bermain bersama dengan teman-teman.

1 dari 2 halaman

Mencegah Penyakit pada Anak dengan Cara Ini

Dalam fase new normal ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit pada anak khususnya dari infeksi Covid-19 ataupun penyakit-penyakit lainnya, yaitu:

1. Berikan Edukasi Terkait Penyakit Covid-19

Berikan edukasi terkait penyakit Covid-19 kepada anak Anda, agar mereka paham tentang penyakit ini. Jelaskan dengan sabar kepada anak-anak Anda terkait penyakit Covid-19, tentang cara penularannya, gejala-gejala penyakitnya, hingga apa yang harus dilakukan guna menghindari paparan virus corona.

Untuk mengetahui apakah mereka mengerti atau tidak, Anda bisa mengajak mereka berdiskusi dan tanya jawab tentang hal-hal yang telah Anda jelaskan sebelumnya.

2. Pastikan Sistem Imun Mereka Terjaga

Ketika bekerja dengan baik, sistem imun anak Anda akan mampu menghadapi berbagai invasi dari virus dan bakteri. Namun, jika kondisi imunnya menurun, mereka akan lebih rawan mengalami berbagai penyakit.

Untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak, berikan makanan sehat dan bergizi, seperti ikan, telur, sayur, dan buah. Kemudian, pastikan mereka beristirahat yang cukup setiap hari.

3. Ajarkan Anak untuk Rajin Mencuci Tangan

Salah satu poin dari new normal saat ini adalah rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun selama 20 detik. Hal itu penting dilakukan untuk mencegah penularan virus yang biasanya terjadi melalui tangan.

Karenanya, ajarkan anak Anda untuk sering-sering mencuci tangan. Jika sedang di luar rumah dan sulit menemukan sabun, gunakan hand sanitizer sebagai alternatifnya.

4. Pakaikan Masker Jika Mereka Keluar Rumah

Selalu menggunakan masker jika keluar rumah juga dapat membantu mencegah penularan virus corona. Jadi, siapa pun yang ingin keluar rumah harus menggunakan masker, termasuk anak Anda.

Namun, anak usia di bawah dua tahun tidak direkomendasikan menggunakan masker karena dapat mengganggu pernapasan mereka.

5. Selalu Stok Balsam Transpulmin di Rumah

Bahkan dengan perlindungan maksimal yang Anda berikan kepada anak, terkadang mereka masih bisa terkena berbagai penyakit, seperti batuk pilek. Oleh karena itu, selalu sediakan balsam Transpulmin di rumah Anda sebagai pertolongan pertama untuk mengatasi gejala batuk dan pilek pada anak.

Transpulmin terbuat dari bahan-bahan alami, seperti eucalyptol (minyak kayu putih), chamomile, mentol, camphor, dan minyak sage yang telah dipercaya oleh para ibu dan ahil lebih dari 30 tahun.

Kini Transpulmin Balsam terdiri atas dua varian, yaitu Transpulmin Baby yang bisa digunakan sejak usia 1 hari hingga 2 tahun, dan Transpulmin Kids untuk anak usia 2 tahun ke atas.

Oles dan pijat lembut anak dengan menggunakan balsam khusus tersebut di sekitar leher, dada, dan punggung sambil memposisikan anak tengkurap. Cara ini dapat membantu meredakan keluhan hidung tersumbat dan memberikan kehangatan padanya.

Jadi, pastikan Anda mengawasi kesehatan dan kebersihan anak selama masa new normal ini untuk mencegah agar anak tidak sakit. Apabila Anda masih memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, silakan berkonsultasi dengan dokter kami di layanan Live Chat aplikasi KlikDokter. 

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar