Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Memakai Masker saat Olahraga Sebabkan Kematian? Ini Faktanya!

Memakai Masker saat Olahraga Sebabkan Kematian? Ini Faktanya!

Banyak kabar beredar soal orang yang meninggal karena olahraga menggunakan masker. Benarkah itu bisa terjadi? Cek fakta medisnya di sini.

Pandemi virus corona ini membuat Anda tak lagi bebas berolahraga di luar rumah. Bila ke luar rumah, salah satu yang wajib digunakan adalah masker. Nah, ada yang bilang penggunaan masker saat olahraga dapat berbahaya bagi kesehatan, benarkah?

Pesepeda Meninggal saat Gunakan Masker

Sebelumnya, ramai di media sosial yang mengabarkan ada pesepeda berinisial H meninggal karena berolahraga memakai masker. Melalui pesan berantai itu, disebutkan bahwa saat bersepeda orang itu menghirup CO2 saat memakai masker.

Kabar itu langsung diklarifikasi. Melansir Antara News, Kepala Kepolisian Sektor Gambir, Ajun Komisaris Besar Kade Budiyarta menyampaikan, pesepeda meninggal karena serangan jantung, bukan karena pakai masker sebagaimana kabar yang viral.

Berdasarkan informasi, dokter sudah memastikan bahwa H meninggal karena serangan jantung. Hal ini sudah disampaikan pihak keluarga bahwa H memang punya riwayat jantung.

Namun, kabar itu jadi membuat kita berpikir, apakah aman memakai masker saat berolahraga? Kondisinya jelas, pada masa pandemi seperti ini memang masker adalah satu benda yang wajib dipakai.

Artikel Lainnya: 5 Tips Olahraga untuk Penderita Alergi Debu

1 dari 5 halaman

3 Pelajar di Tiongkok Meninggal Akibat Pakai Masker saat Kelas Olahraga

Sementara itu, kasus meninggal dalam keadaan olahraga pakai masker juga terjadi di Tiongkok. 

Sebanyak tiga pelajar dikabarkan meninggal ketika menjalani jam pelajaran olahraga dengan menggunakan masker.

Dilansir dari NHK, kejadian itu terjadi di Zhejiang, Henan, dan Hunan antara pertengahan hingga akhir April lalu.

Menurut laporan, ketiga pelajar yang mengenakan masker tersebut pingsan dan meninggal di tempat ketika melakukan lari jarak jauh dan bentuk olahraga lainnya. Salah satunya dilaporkan mengenakan masker medis tipe N95.

Selama ini kita tahu bahwa masker N95 hanya untuk yang sifatnya medis. Sementara, kalau dipakai untuk olahraga memang berbahaya.

Penggunaan masker N95 tidak disarankan sejak awal bagi Anda yang beraktivitas harian normal. Masker kain sudah cukup untuk digunakan.

Artikel Lainnya: 4 Langkah Sederhana Mencegah Penularan Novel Coronavirus pada Anak

2 dari 5 halaman

Pakai Masker saat Olahraga Sebabkan Kematian atau Tidak?

Hal ini kemudian membuat banyak orang jadi takut kalau mau ke luar untuk olahraga. Mereka takut terjadi hal yang tidak diinginkan selama berolahraga memakai masker.

Menurut dr. Devia Irine Putri, sebenarnya penggunaan masker selama olahraga tidak sampai menyebabkan kematian kalau maskernya yang biasa saja, bukan N95. 

Namun, ia menjelaskan bahwa sebenarnya berolahraga menggunakan masker memang membuat napas menjadi susah. Pertukaran oksigen di dalam tubuh jadi tidak maksimal.

"Tidak sampai meninggal juga, tapi kalau pakai masker umumnya napasnya jadi susah. Pertukaran oksigen tidak maksimal, akibatnya bisa pusing, sesak, mulai kesemutan. Itu tandanya tubuh kurang oksigen," ungkap dr. Devia saat dikonfirmasi oleh KlikDokter.

Menggunakan masker wajib saat beraktivitas di luar rumah, termasuk berolahraga. Hanya saja, jangan sampai masker membuat Anda justru celaka.

Artikel Lainnya: Ampuh atau Tidak Masker Scuba Halangi Virus Corona Masuk Dalam Tubuh?

3 dari 5 halaman

Kenali Intensitas Olahraga yang Akan Dilakukan

Dalam hal berolahraga memakai masker, Anda harus memerhatikan intensitas olahraga yang dilakukan. Ini dijelaskan oleh ahli kedokteran olahraga, dr. Michael Triangto, Sp.KO.

Dalam rilis yang diterima KlikDokter, dr. Michael menjelaskan bahwa sebelum berolahraga setiap orang mesti tahu tujuan dari olahraga tersebut.

Bila untuk sehat, boleh melakukan olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang. Aktivitas ini tidak akan terganggu dengan penggunaan masker sesuai dengan peraturan PSBB.

Sementara itu, Anda tidak dilarang untuk olahraga berat. Hanya saja, harus dilakukan di rumah sehingga tidak perlu memakai masker.

"Yang perlu dipahami benar adalah olahraga berintensitas berat hanya untuk atlet yang mau bertanding, sehingga tujuan kesehatan bukanlah menjadi prioritas utama mereka," ungkapnya.

Dokter Michael juga menyoroti penggunaan masker N95 dalam berolahraga. Menurutnya, itu salah kaprah karena masker jenis ini tidak untuk berolahraga.

Artikel Lainnya: Tips Melindungi Diri dari Udara Tidak Sehat

4 dari 5 halaman

Cara Olahraga Sambil Pakai Masker yang Aman

Kalau Anda tetap ingin berolahraga dengan nyaman pakai masker, tips yang bisa dilakukan adalah memakai masker yang tetap bisa membuat Anda bernapas.

Menurut dr. Devia, masker ini bisa membantu Anda tetap terjaga dari virus tapi tetap nyaman digunakan untuk olahraga.

Selain itu, Anda juga sebenarnya masih bisa berolahraga di luar rumah tanpa masker. Tapi, harus jaga jarak dengan orang lain supaya tidak tertular virus penyakit.

Memang, gunakanlah masker kalau mau aman saat berolahraga. Tapi ingat, jangan yang jenis N95 yang justru menghambat pertukaran oksigen saat berolahraga di luar rumah!

Jangan malas olahraga selama pandemi, ya. Ikuti tips-tips di atas agar Anda tetap aman dan nyaman selama berolahraga pakai masker. Bila ingin konsultasi seputar kesehatan dengan dokter, pakai fitur LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

1 Komentar

  • Suprianto Laode

    asalam alaikum dok z mo tanya z perna di usg 2 tahun lalu bahwa z di fonis punya batu empedu sebesar 0,28 . kira2 obatnya apa namax supaya hilang batu empeduku