Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKulitIni Tips Menggunakan Sheet Mask agar Hasilnya Maksimal!
Kulit

Ini Tips Menggunakan Sheet Mask agar Hasilnya Maksimal!

dr. Valda Garcia, 04 Apr 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Jangan meremehkan cara pakai sheet mask, lho. Tak main asal tempel ke muka, ada beberapa hal yang perlu dilakukan supaya mendapatkan manfaatnya.

Ini Tips Menggunakan Sheet Mask agar Hasilnya Maksimal!

Produk perawatan kulit sheet mask memang menawarkan sejumlah janji dengan langkah yang mudah. Saking mudahnya, banyak orang yang menyepelekan cara pakai sheet mask. Pokoknya, yang penting nempel!

Perlu diingat bahwa yang berjasa untuk memberikan perubahan positif pada kulit wajah kamuadalah cairan lembap dan kenyal yang ada di dalam kemasan sheet mask tersebut, yaitu disebut essence.

Lembaran tipis yang mengikuti bentuk wajah ini umumnya terbuat dari serat alami. Fungsinya adalah menjadi media pengantar essence agar meresap ke dalam kulit.

Jika tidak digunakan dengan benar, maka manfaat yang ditawarkan sheet mask tidak akan dirasakan dengan maksimal. Lebih buruknya lagi, itu justru membuat kulit kamu bruntusan. 

Karena itu, yuk simak cara pakai sheet mask yang benar agar hasilnya sesuai dengan harapan kamu: 

1. Letakkan Sheet Mask di Dalam Kulkas

Ilustrasi Seorang Wanita Memegang Sheet Mask

Meski tidak ada khasiat tambahan, menyimpan sheet mask di dalam kulkas lebih baik ketimbang menyimpannya di tempat panas.

Coba letakkan masker di dalam kulkas 30 menit sebelum dipakai. Rasa dingin saat diaplikasikan di wajah benar-benar bikin segar!

2. Bersihkan Wajah dan Pakai Toner Dulu

Produk skin care apa pun harus diaplikasikan pada kulit yang sudah dibersihkan. Jika belum dibersihkan, kotoran dan bakteri akan semakin terjebak dan masuk ke dalam kulit sehingga dapat menyebabkan jerawat!

Nah, cara pakai sheet mask yang kedua adalah bersihkan wajah dengan metode double cleansing (dengan susu pembersih, oil cleanser, atau micellar water dulu, baru cuci muka pakai sabun).

Setelah itu, jangan lupa aplikasikan toner supaya kulit tidak kering dan lebih lembut. Dalam keadaan ini, nutrisi essence akan mudah terserap.

Artikel lainnya: Ladies, Ini Tips Pakai Sisa Essence Sheet Mask

3. Jangan Biarkan Ada Bagian yang Menjuntai

Ilustrasi Seorang Wanita Memakai Sheet Mask

Dalam menggunakan sheet mask, cara ini juga perlu kamu perhatikan baik-baik. 

Buat beberapa orang yang tidak sabaran, lembaran masker bisa tidak rata menyebar ke seluruh bagian wajah. 

Bahkan, lembaran di bagian hidung yang masih terlipat pun dibablaskan saja. Padahal, bagian hidung ini juga membutuhkan nutrisi.

Jika lembaran menyisa di bagian dagu atau pipi bawah, jangan biarkan menjuntai. Tekan bagian tersebut sampai menempel.

4. Jika Ada Bagian yang Tak Tertutupi, Gunakan Ini!

Lembaran masker kadang tersisa di bagian dagu atau pipi bawah. Karena itu, jangan biarkan menjuntai. Tekan bagian tersebut sampai menempel. 

Jika kamu memiliki dahi yang lebar dan ada bagian yang tidak tertutupi, oleskan essence yang tersisa di bagian tersebut.

Ada jenis kapas yang memang diperuntukkan untuk penggunaan skin care, sehingga memudahkan penyerapan ke kulit. 

Kamu bisa menuangkan sisa essence masker yang ada dalam kemasan ke kapas, lalu tempelkan ke area wajah yang tak tertutupi lembaran masker.

5. Oleskan Lip Balm dan Hindari Bagian Bibir dari Sheet Mask

Cara pakai sheet mask selanjutnya adalah hindari bagian bibir dari lembaran tersebut. Ya, ada alasan kenapa ada lubang bibir di masker kamu.

Essence justru bisa bikin bibir kering, khususnya buat kamu yang punya bibir sensitif. Saat hendak pakai sheet mask, lebih baik aplikasikan dulu lip balm ke bibir agar bagian tersebut terjaga kelembapannya.

Artikel lainnya: Pakai Sheet Mask setiap Hari dapat Mengatasi Jerawat, Benarkah?

6. Essence Masih Tersisa? Oleskan ke Area Kulit Lain

Apabila ada sisa essence dalam kemasan, jangan dibuang. Kamu dapat mengoleskannya di leher, tangan, atau kaki. 

Dengan menggunakan metode ini, bagian wajah yang tidak tertutup masker juga dapat memperoleh manfaat yang sama.

7. Perhatikan Waktu Penggunaan Masker

Salah satu cara menggunakan sheet mask yang benar adalah dengan memperhatikan durasi pemakaian. 

Umumnya, kamu bisa mendiamkan masker selama 15-20 menit. Ini juga bergantung dari masing-masing produk (baca aturan pakai di kemasan, ya).

Jangan terlalu lama mendiamkan masker, apalagi sampai kelewat kering. Sebab, ini justru akan mengangkat kelembapan alami kulit dan bikin gatal!

8. Tepuk-Tepuk Sisa Essence di Wajah

Saat mencopot sheet mask, biasanya masih ada essence yang tertinggal di wajah. Jangan dilap atau dicuci! Lebih baik, tepuk-tepuk selama supaya cairan tersebut bisa terserap. 

Ada juga yang menggunakan kipas untuk mempercepat proses penyerapan skincare. 

Namun, metode ini kurang tepat karena permukaan wajah bisa saja kering -- bukan karena skincare yang menyerap pada kulit wajah tetapi justru menguap akibat terkena kipas.

Itu dia cara pakai sheet mask yang benar. Tidak susah, kan? Gunakan secara teratur karena ini bukan produk instan. Selain itu, pastikan juga kamu memilih sheet mask sesuai kebutuhan.

Kulit berminyak atau kombinasi lebih baik tidak memilih varian yang terlalu melembapkan, agar tidak lengket dan menyumbat pori-pori.

Masih ada pertanyaan seputar cara memakai sheet mask yang benar? Langsung saja konsultasikan hal tersebut dengan dokter lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

[RS]

kulitPerawatan Wajah

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter