Sukses

Ini Tips Menggunakan Sheet Mask agar Hasilnya Maksimal!

Jangan meremehkan cara pakai sheet mask, lho. Tak main asal tempel ke muka, ada beberapa hal yang perlu dilakukan supaya mendapatkan manfaatnya.

Salah satu produk perawatan kulit yang sering dipakai, baik itu oleh wanita maupun pria, adalah sheet mask. Produk skin care yang satu ini memang menawarkan sejumlah janji dengan langkah yang mudah. Saking mudahnya, banyak orang yang menyepelekan cara pakai sheet mask yang benar. Pokoknya, yang penting nempel!

Sekilas Tentang Sheet Mask

Perlu diingat bahwa yang berjasa untuk memberikan perubahan positif pada kulit wajah Anda adalah cairan lembap dan kenyal yang ada di dalam kemasan sheet mask tersebut, yaitu disebut essence.

Lembaran tipis yang mengikuti bentuk wajah, umumnya terbuat dari kertas atau bahan lain seperti kain atau serat alami. Fungsi lembaran ini adalah menjadi media pengantar essence agar meresap ke dalam kulit.

Menurut dr. Adeline Jaclyn, essence yang terkandung dalam sheet mask akan mengikat air ke kulit dan memberikan tampilan terhidrasi dan basah. Buat penyuka proses perawatan kulit yang cepat dan praktis, produk sheet mask pasti jadi favorit mereka.

Sheet mask biasanya dikeluarkan oleh perusahan Korea Selatan atau Jepang dengan berbagai variasi.

1 dari 2 halaman

Cara Pakai Sheet Mask yang Benar

Sekali lagi, bukan sekadar menempel Anda wajib tahu soal cara pakai sheet mask yang benar. Jika tidak, maka khasiat atau manfaat yang ditawarkan oleh masker tersebut tidak akan dirasakan dengan maksimal (tidak memberi efek apa pun).

Lebih buruknya lagi, itu justru membuat kulit Anda bruntusan. Ada pun tips menggunakan sheet mask yang benar agar hasilnya oke, yaitu:

1. Letakkan Sheet Mask di Dalam Kulkas

Meski tak ada khasiat tambahan dari cara pakai sheet mask yang satu ini, tetapi menyimpan sheet mask di dalam kulkas lebih baik ketimbang menyimpannya di tempat panas.

Coba letakkan masker di dalam kulkas 30 menit sebelum dipakai. Rasa dingin saat diaplikasikan di wajah benar-benar bikin segar!

Artikel Lainnya: Agar Tak Sia-Sia, Ini Cara Pakai Masker Wajah yang Benar

2. Bersihkan Wajah dan Pakai Toner Dulu

Produk skin care apa pun harus diaplikasikan pada kulit yang sudah dibersihkan. Jika belum dibersihkan, kotoran dan bakteri akan semakin terjebak dan masuk ke dalam kulit sehingga dapat menyebabkan jerawat!

Nah, cara pakai sheet mask yang kedua adalah, bersihkan wajah dengan metode double cleansing (dengan susu pembersih, oil cleanser, atau micellar water dulu, baru cuci muka pakai sabun).

Setelah itu, jangan lupa aplikasikan toner supaya kulit tidak kering dan lebih lembut. Dalam keadaan ini, nutrisi essence akan mudah terserap.

3. Jangan Biarkan Ada Bagian yang Menjuntai

Buat beberapa orang yang tidak sabaran, lembaran masker bisa tidak rata menyebar ke seluruh bagian wajah. Bahkan, lembaran di bagian hidung yang masih terlipat pun dibablaskan saja. Padahal, bagian hidung ini juga membutuhkan nutrisi.

Jika lembaran menyisa di bagian dagu atau pipi bawah, jangan biarkan menjuntai. Tekan bagian tersebut sampai menempel.

4. Jika Ada Bagian yang Tak Tertutupi, Gunakan Ini!

Lembaran masker kadang tersisa di bagian dagu atau pipi bawah, jadi, jangan biarkan menjuntai. Tekan bagian tersebut sampai menempel. Jika Anda memiliki dahi yang lebar dan ada bagian yang tidak tertutupi, oleskan essence yang tersisa di bagian tersebut.

Ada jenis kapas yang memang diperuntukkan untuk penggunaan skin care, sehingga dia memudahkan penyerapan ke kulit. Anda bisa menuangkan sisa essence masker yang ada dalam kemasan ke kapas, lalu tempelkan ke area wajah yang tak tertutupi lembaran masker.

Artikel Lainnya: Apakah Masker Kefir Aman dan Bermanfaat untuk Kesehatan?

5. Oleskan Lip Balm dan Hindari Bagian Bibir dari Sheet Mask

Cara pakai sheet mask selanjutnya adalah hindari bagian bibir dari lembaran tersebut. Ya, ada alasan kenapa ada lubang bibir di masker Anda.

Essence justru bisa bikin bibir kering, khususnya buat Anda yang punya bibir sensitif. Saat hendak pakai sheet mask, lebih baik aplikasikan dulu lip balm ke bibir agar bagian tersebut terjaga kelembapannya.

6. Essence Masih Tersisa? Oleskan ke Area Kulit Lain

Dokter Adeline mengatakan, “Jika masih ada sisa essence dalam kemasan, jangan sia-siakan. Anda bisa mengoleskannya di leher, tangan, atau kaki untuk mendapatkan manfaat yang sama.”

7. Perhatikan Waktu Penggunaan Masker

Tips pakai sheet mask selanjutnya adalah perhatikan durasi pemakaian. Umumnya, Anda bisa mendiamkan masker selama 15-20 menit. Ini juga bergantung dari masing-masing produk (baca aturan pakai di kemasan, ya).

Jangan terlalu lama mendiamkan masker, apalagi sampai kelewat kering. Sebab, ini justru akan mengangkat kelembapan alami kulit dan bikin gatal!

8. Tepuk-tepuk Sisa Essence di Wajah

Saat mencopot sheet mask, biasanya masih ada essence yang tertinggal di wajah. Jangan di-lap atau dicuci! Lebih baik, tepuk-tepuk selama supaya cairan tersebut bisa terserap. Tapi, pastikan tangan Anda bersih, ya!

Itu dia cara pakai sheet mask yang benar. Nggak susah, kan? Gunakan secara teratur karena ini bukan produk instan. Selain itu, pastikan juga Anda memilih sheet mask sesuai kebutuhan.

Kulit berminyak atau kombinasi lebih baik tidak memilih varian yang terlalu melembapkan agar tidak lengket dan menyumbat pori-pori.

Masih ada pertanyaan seputar perawatan kulit atau masalah kesehatan lainnya? Langsung saja konsultasikan hal tersebut dengan dokter kami lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(OVI/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar