Sukses

The New Normal: Daya Tahan Tubuh Menjadi Prioritas

Kondisi dehidrasi dapat memengaruhi daya tahan tubuh Anda. Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

Klikdokter.com, Jakarta Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak hal dalam hidup. Sebentar lagi kita pun akan memasuki periode new normal, yakni perilaku hidup bersih dan sehat yang sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah virus corona.

Menjelang pemberlakuan kebijakan tersebut, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh di tengah kenormalan baru ini.

Sistem daya tahan tubuh sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Tanpanya, tubuh kita akan mudah terserang bakteri, virus penyakit, dan parasit. Pertahanan tubuh inilah yang membuat kita tetap sehat saat kita berhadapan dengan kuman penyebab penyakit.

Yuk, kita kenali lebih dalam tentang sistem pertahanan tubuh manusia dan bagaimana cara meningkatkannya.

Pentingnya Imunitas dalam Menangkal Infeksi Virus Penyakit

Setiap manusia memiliki pertahanan tubuh yang berguna menangkal berbagai jenis kuman penyebab penyakit. Sistem kekebalan tersebar pada seluruh bagian tubuh manusia dan melibatkan banyak jenis sel, organ, dan protein.

Jika sistem kekebalan tubuh bertemu dengan patogen -- misalnya, bakteri, virus, atau parasit -- maka pertahanan tubuh kita akan melakukan serangkaian respons imun.

Salah satu komponen pertahanan tubuh adalah sel darah putih. Sel darah putih adalah pemain kunci dalam sistem kekebalan tubuh manusia.

Sel ini dibuat di sumsum tulang dan bergerak melalui darah ke seluruh tubuh Anda untuk mencari kuman asing (mikroba) seperti bakteri, virus, parasit, dan jamur. Ketika mereka menemukannya, mereka melancarkan serangan dan menghancurkannya.

Selain sel darah putih, terdapat banyak sel pertahanan tubuh seperti antibodi, sel komplemen, dan timus. Berbagai sel ini bekerja sama untuk melawan kuman penyebab penyakit.

1 dari 3 halaman

Penyebab Turunnya Daya Tahan Tubuh

Terdapat beberapa penyebab penurunan sistem imun, di antaranya:

  1. Penggunaan Obat-obatan Tertentu

Penggunaan obat-obatan tertentu dapat menurunkan sistem imun. Salah satu obat yang dapat menurunkan imunitas adalah obat golongan steroid. Obat ini bisa menurunkan sistem pertahanan tubuh jika digunakan dengan dosis yang tinggi.

  1. Infeksi dan Kondisi Medis Lainnya

Salah satu contoh infeksi adalah infeksi HIV. Kondisi ini dapat menyerang sel darah putih yang berfungsi menjaga imunitas manusia. Jika pertahanan manusia terganggu, maka tubuh akan lebih mudah terkena infeksi. Selain infeksi, penyakit autoimun juga menyebabkan penurunan kekebalan tubuh.

  1. Dehidrasi

Air merupakan komponen utama tubuh manusia. Kekurangan cairan akan mengganggu proses pengangkutan oksigen dan nutrisi ke berbagai sel tubuh manusia. Selain itu, kekurangan cairan akan memengaruhi fungsi berbagai organ, salah satunya adalah ginjal.

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Air Kelapa

Kecukupan cairan berperan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Cara yang dapat Anda lakukan untuk mencukupi kebutuhan cairan atau mengembalikan volume cairan tubuh adalah dengan rehidrasi.

Menurut dr. Alvin Nursalim, Sp.PD, air kelapa adalah jenis cairan yang baik untuk mengganti kekurangan cairan tubuh. “Cairan kelapa bisa menjadi alternatif untuk menjaga kecukupan cairan tubuh. Perlu diingat bahwa tubuh kita sebagian besar terdiri atas air, jadi cairan tubuh yang cukup berperan penting untuk kesehatan kita,” jelasnya.

Lebih lanjut, air kelapa mengandung kalium dengan kandungan gula alami yang lebih rendah dari minuman energi di pasaran.

Rasa air kelapa yang menyegarkan bisa menjadi alternatif bagi Anda yang kehilangan banyak cairan habis berolahraga maupun beraktivitas. Dengan demikian, Anda akan terhindar dari risiko dehidrasi dan daya tahan tubuh tetap terjaga.

Jika ingin minum air kelapa secara lebih praktis, Anda bisa mengonsumsi Hydro Coco, minuman air kelapa asli yang dikemas secara praktis dan higienis dalam kemasan Tetra Pak.

Hydro Coco diproduksi dengan teknologi UHT (Ultra-High Temperature) & aseptic sehingga tidak menggunakan pengawet. Selain untuk menghidrasi tubuh, air kelapa asli Hydro Coco juga bagus untuk menetralkan asam lambung sehingga Anda tak perlu khawatir dalam mengonsumsi minuman sehat ini.

Untuk memastikan tubuh Anda selalu sehat atau terbebas dari infeksi virus, konsumsilah makanan bergizi seimbang, olahraga teratur, serta mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar dehidrasi atau manfaat air kelapa, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami. Gunakan layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter!

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar