Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Menelan Sperma Bisa Sebabkan Sakit Perut? Ini Faktanya

Seorang profesor di Indiana menyebut ada beberapa orang yang sering mengeluh sakit perut setelah menelan sperma. Mungkinkah terjadi?

Sebagian dari Anda mungkin sudah mendengar berbagai rumor seputar sperma. Misalnya, menelan sperma bisa bikin hamil, atau masker sperma bisa buat kulit wajah jadi sehat. Rupanya tak hanya itu, efek minum sperma juga disebut bisa bikin sakit perut. Benarkah? 

Sperma Tertelan Bikin Sakit Perut? 

Dikutip dari Vice, Debby Herbenick, profesor di Sekolah Kesehatan Masyarakat Universitas Indiana melaporkan, banyak pasangan yang mengeluh mengalami sakit perut setelah melakukan oral seks, dan secara tidak sengaja/sengaja menelan sperma pasangannya. 

Laporan ini memang jarang terjadi dan hanya dialami beberapa orang. Namun, tetap saja ini jadi pertanyaan besar, apakah menelan sperma bisa jadi penyebab sakit perut

“Menelan sperma sebenarnya tidak efek sampingnya. Namun, dalam beberapa kasus, memang ada yang mengeluhkan sakit perut setelah menelan sperma. Meski begitu, ini masih dugaan dan masih dalam tahap penelitian,” ujar Herbenick. 

Dia menambahkan, meski nantinya menelan sperma bisa membuat seseorang jadi sakit perut, belum diketahui jelas apa penyebabnya. Lalu, apa pendapat dokter akan hal ini? 

Menurut dr. Devia Irine Putri, sampai saat ini belum ada penelitian yang mengatakan bahwa akibat menelan air mani adalah sakit perut.

Namun, ada efek samping lain yang bisa terjadi jika Anda secara tidak sengaja atau sengaja menelan sperma. 

Artikel Lainnya: Ciri-ciri Sperma yang Sehat untuk Mempercepat Kehamilan

1 dari 4 halaman

Efek Samping Menelan Sperma 

Dijelaskan dr. Devia, bukan sakit perut, ada dampak lainnya yang justru lebih berbahaya jika seseorang secara sengaja atau tidak sengaja menelan sperma. Beberapa efek sampir tersebut antara lain:

1. Tertular HPV

HPV atau Human Papilloma Virus memang sering muncul ketika seseorang melakukan oral seks. Virus ini nantinya bisa menyebabkan kanker serviks, dan pertumbuhan tumor di area kulit kelamin.

2. Penyakit Menular Seks dan HIV 

Selain HPV, risiko terjadinya penyakit menular seksual dan HIV juga bisa Anda dapatkan jika secara sengaja atau tidak sengaja menelan sperma.

3. Chlamydia

Chlamydia merupakan salah satu infeksi menular seksual yang paling umum ditemukan. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis yang menular melalui aktivitas seksual. 

4. Gonore

Gonore atau kencing nanah, merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae. Penyakit ini pada umumnya ditularkan melalui hubungan kelamin, serta kontak langsung dengan eksudat yang infektif.

Artikel Lainnya: Arti di Balik Warna Sperma Anda

2 dari 4 halaman

Apa Kandungan, Bentuk, dan Bau Sperma?

Memiliki sperma yang sehat dan berkualitas tentunya menjadi impian bagi kebanyakan pria. Ini karena kualitas sperma berperan besar dalam keberhasilan seseorang untuk mendapatkan keturunan. 

Dijelaskan dr. Muhammad Iqbal Ramadhan, umumnya cairan sperma akan berwarna putih keabuan. Bila tidak diikuti dengan bau amis atau rasa nyeri saat ejakulasi, sperma masuk dalam kategori sehat. 

“Sperma memang umumnya berwarna putih keabuan dan tidak menimbulkan bau amis. Jika cairan sperma yang Anda miliki menimbulkan bau amis, maka hal ini perlu diwaspadai. Bisa jadi Anda terkena infeksi saluran kencing, prostat atau masalah pada bagian lain di saluran kencing,” ujar dr. Iqbal kepada Klikdokter

Cairan semen dalam sperma sendiri mengandung berbagai macam zat, seperti glukosa, protein, zinc, urea, dan kalsium.

Cairan sperma yang sehat harus memiliki sel sperma yang cukup banyak, yakni dalam 1 ml setidaknya cairan sperma mengandung 20 juta sel sperma yang berbentuk normal dan bergerak cepat ke depan.

Cairan sperma berbau seperti daun akasia. Namun, jika cairan sperma Anda berbau amis, perlu diwaspadai adanya infeksi pada saluran kencing, prostat, atau bagian lain pada saluran kencing.

Segera konsultasikan pada dokter jika Anda mendapati sperma punya bau menyengat yang disertai dengan rasa nyeri saat ejakulasi, dan perubahan warna pada sperma.

3 dari 4 halaman

Akibat Terburuk jika Terlalu Sering Menelan Sperma 

Menurut dr. Devia, jika pasangan Anda memang memiliki penis yang bersih dan tidak memiliki penyakit tertentu, maka menelan sperma tidak akan mengganggu kesehatan tubuh Anda.

Jika pasangan Anda memiliki riwayat penyakit menular, menelan sperma atau melakukan oral seks sangat tidak dianjurkan. Anda dan pasangan dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk memastikannya.

Secara umum, menelan sperma tidak menyebabkan sakit perut atau gangguan kesehatan lainnya. Dengan catatan, pasangan Anda memiliki penis bersih dan tidak punya penyakit menular lainnya.

Anda masih punya pertanyaan seputar sperma dan kesehatan pria? Tanyakan langsung pada dokter kami via aplikasi KlikDokter.

(HNS/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar