Seks

Fakta Tentang Klitoris yang Disebut Bisa Memuaskan Hasrat Seksual

Tamara Anastasia, 24 Mei 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Klitoris adalah bagian dari vagina yang paling sering dirangsang untuk memuaskan hasrat seksual, Tahukah Anda bahwa organ ini juga memiliki fungsi yang lain?

Fakta Tentang Klitoris yang Disebut Bisa Memuaskan Hasrat Seksual

Bagi pasangan suami istri, hubungan seksual yang mencapai orgasme adalah salah satu gol yang ingin diraih. Nah, bagi pria, Anda dapat meningkatkan peluang pasangan wanita untuk orgasme dengan merangsang klitoris yang ada di vagina.

Tidak dimungkiri, klitoris memang menjadi salah satu bagian tubuh wanita yang dapat membantu memenuhi kepuasan dalam berhubungan seksual. Tapi, apa itu klitoris dan apa sajakah fungsi yang dimiliki oleh bagian intim ini?

Apa itu Klitoris? 

Klitoris adalah salah satu organ yang terletak pada vagina. Secara spesifik, letak klitoris berada di bagian atas vulva (bagian luar vagina), tepat di atas uretra (saluran kemih), dan bukaan vagina. Klitoris juga terlindungi di bawah lapisan penutup. 

Jika dilihat dengan mata, klitoris memiliki bentuk yang kecil. Menurut dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, klitoris cenderung akan membesar dan ‘membengkak’ saat wanita sedang terangsang. Ini terjadi karena adanya aliran darah yang menuju ke organ tersebut.

Apakah Fungsi Klitoris Hanya untuk Memuaskan Wanita?

Cara kerja klitoris mirip dengan penis. Saat berhubungan seksual, posisi yang berbeda dapat memberikan stimulasi yang berbeda pula pada klitoris. Oleh karena itu, terkait kepuasan seksual, baik pria atau pun wanita perlu mengeksplorasi stimulasi klitoris.

Dikatakan oleh dr. Arina, sebagian besar wanita mengaku bahwa stimulasi klitoris memang sangat penting untuk mencapai orgasme. 

Bahkan, wanita secara umum lebih bisa meraih orgasme lewat rangsangan klitoris, ketimbang dengan penetrasi vagina. Lantas, apakah benar jika fungsi klitoris hanya untuk memuaskan wanita? 

“Ya. Fungsi paling besar dan utama dari klitoris adalah untuk membantu wanita mendapatkan kepuasan. Secara anatomis, struktur klitoris memang hampir sama dengan penis pria,” ujar dr. Arina.

“Di klitoris terdapat banyak saraf yang sangat peka terhadap rangsangan. Jadi, jika itu dirangsang dengan tepat, sistem saraf pusat akan menerima sinyal yang nantinya membantu wanita mencapai orgasme,” tambahnya. 

Lebih lanjut, dr. Arina juga mengatakan bahwa klitoris juga mampu memengaruhi sistem kerja di otak. 

Ketika diberikan stimulasi, saraf yang ada di dalam klitoris akan mengirim sinyal ke otak, yang kemudian akan direspons dengan mengirim aliran darah ke vagina untuk meningkatkan lubrikasi, serta mengatur kadar keasaman (pH).

Artikel Lainnya: Dimanakah Letak G-spot Wanita?

Fakta Seputar Klitoris

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai klitoris pada wanita, yang juga mungkin belum Anda ketahui.

  1. Klitoris Memiliki Bentuk yang Berbeda-beda 

Setiap wanita memiliki bentuk dan ukuran klitoris yang bervariasi. Ini artinya, stimulasi klitoris yang mesti diberikan untuk dapat mencapai orgasme juga akan berbeda-beda.

  1. Klitoris Punya Bentuk yang Besar 

Hanya seperempat bagian klitoris yang terlihat oleh mata. Jika ditinjau dari dalam tubuh, klitoris memiliki bentuk yang cukup besar.  

Selain itu, klitoris juga akan membesar ketika wanita sedang terangsang. Bagian tersebut pun akan mengalami perubahan saat sedang ‘ereksi’. 

Saat terangsang, klitoris yang tadinya berwarna pucat akan berubah warna menjadi agak merah muda. Jika sedari awal pasangan wanita Anda memiliki warna klitoris merah muda, maka organ tersebut berubah menjadi kemerahan saat terangsang. 

  1. Jarak Klitoris dan Vagina Sangat Berpengaruh 

Jarak antara klitoris dan vagina dapat memengaruhi kemampuan orgasme pada wanita. Wanita yang mengalami kesulitan orgasme memiliki jarak antara klitoris dan vagina yang cenderung lebih jauh.

Itu dia fakta mengenai fungsi klitoris yang ada pada vagina wanita. Organ kecil ini ternyata tak hanya sebatas untuk meningkatkan peluang orgasme, ya!

Jika Anda punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, atau ingin tahu lebih lanjut mengenai struktur vagina wanita, jangan sungkan untuk bertanya langsung pada dokter melalui LiveChat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

(NB/AYU)

Seks

Konsultasi Dokter Terkait