Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Cegah Hipertensi pasca Lebaran, Coba Minuman Penurun Darah Tinggi Ini

Cegah Hipertensi pasca Lebaran, Coba Minuman Penurun Darah Tinggi Ini

Menu Lebaran sering kali jadi pemicu kambuhnya hipertensi. Untuk cegah hal itu, yuk, coba bikin minuman penurun darah tinggi ini.

Saat Lebaran, rasanya ingin menyantap semua makanan enak yang ada. Sayangnya, yang enak-enak kerap jadi pemicu kambuhnya hipertensi!

Nah, supaya tekanan darah tak langsung naik drastis sekaligus cegah munculnya stroke, tujuh minuman penurun darah tinggi ini bisa dibuat di rumah, lho! Apa saja?

1 dari 3 halaman

Minuman Alami untuk Atasi Darah Tinggi

Bahan-bahan untuk membuat minuman penurun darah tinggi ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di pasar, supermarket, atau e-commerce. Bikin bareng anggota keluarga yang lain pasti lebih seru!

Adapun minuman Lebaran yang berkhasiat untuk mengatasi darah tinggi, yaitu:

1. Jus Mentimun atau Es Mentimun Serut

Minuman penurun darah tinggi yang pertama terbuat dari mentiDokter M. Dejandra Rasnayamun. Bukan cuma dijadikan lalapan, mentimun juga enak dan segar kalau dijadikan minuman.

Mentimun pun mengandung kalium tinggi, yakni 442 mg.  mengatakan, kalium memang bisa mengontrol tekanan darah seseorang.

Zat kalium dapat mengatur kontraksi dan relaksasi otot jantung, sehingga mencegah timbulnya masalah dalam pembuluh darah (pembuluh darah cenderung melebar).

Alhasil, tekanan darah akan terjaga normal. Saat bikin minuman ini, hindari penggunaan banyak gula, ya!

Artikel Lainnya: Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Tanpa Obat Usai Lebaran

2. Es Cokelat Hitam atau Cokelat Panas

Tak harus buah-buahan, cokelat pun bisa membantu menjaga tekanan darah supaya tetap normal. Namun, cokelat yang dipilih bukanlah cokelat susu yang mengandung banyak krim dan gula, melainkan cokelat hitam (dark chocolate).

Meski rasanya agak pahit, tapi kandungan flavonoid dalam cokelat hitam membantu pembentukan oksida nitrat yang dapat melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah. Alhasil, masalah darah tinggi berangsur menurun!

Agar lebih sehat, jangan pakai minuman bubuk. Lelehkan saja beberapa batang cokelat hitam, lalu campurkan dengan susu rendah lemak. Tambahkan sedikit gula bila ingin menetralkan rasa pahitnya.

 

3. Smoothies Pisang dan Cokelat Hitam

Mau bikin minuman penurun darah tinggi tapi mirip dessert? Bisa, kok! Buat saja smoothies pisang dan cokelat hitam.

Pisang memang dikenal sebagai salah satu buah penurun darah tinggi. Buah ini mengandung potasium tinggi, lalu ada juga vitamin B6, serat, mangan, vitamin C, antioksidan, dan magnesium.

Bila dicampur dengan potongan cokelat hitam, ini tak cuma bisa menambah rasa tetapi juga meningkatkan khasiat minuman sehat yang satu ini.

 

4. Es Kelapa Tanpa Sirop

 

Kalau Anda ingin minuman penurun darah tinggi yang lebih ringan tetapi bukan sekadar air putih, sajikan saja air kelapa dingin. Minum air kelapa bisa dijadikan salah satu cara mengatur tekanan darah.

Air kelapa kaya elektrolit, sehingga bisa memelihara kondisi otot, saraf, mencegah dehidrasi, sekaligus menyeimbangkan kadar pH atau asam basa tubuh. Agar lebih sehat, hindari penambahan sirop.

Artikel Lainnya: Manfaat Teh Bunga Sepatu untuk Turunkan Hipertensi

 

5. Jus Delima

 

Menjadikan jus buah delima sebagai minuman Lebaran dapat membantu mengurangi angka tekanan darah. Sama seperti sebelumnya, sebaiknya jangan mengonsumsinya dengan menambahkan gula.

Sebuah studi pada 2012 menemukan, ketika orang dewasa yang sehat minum 330 ml jus delima setiap hari selama empat minggu, tekanan darahnya turun ke angka normal!

 

6. Jus Buah Bit

 

Minuman penurun darah tinggi selanjutnya adalah jus bit! Bit ini bentuknya mirip bengkuang, tetapi warnanya merah gelap dan keunguan.

Buah bit merupakan salah satu buah penurun darah tinggi yang kaya akan potasium. Ya, potasium memang bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Tak cuma itu, buah bit pun mengandung senyawa nitrat yang berperan memelihara fungsi pembuluh darah.

 

7. Infused Water dengan Kiwi

 

Air putih pada dasarnya memengaruhi keenceran darah dalam tubuh. Bila kita kurang minum air putih, darah bisa mengental dan meningkatkan tekanan darah.

Nah, dengan banyak minum air putih, ini memudahkan darah mengalir di dalam pembuluh darah, sehingga tekanan menurun dan cenderung stabil.

Supaya lebih sehat, Anda bisa menambahkan irisan buah kiwi ke dalam air putih (jadi infused water). Sebab, kiwi mengandung vitamin C, vitamin E, folat, dan kalium yang bisa membantu mencegah hipertensi.

Artikel Lainnya: Benarkah Minuman Beralkohol Turunkan Risiko Hipertensi?

 

2 dari 3 halaman

Minuman yang Harus Dihindari agar Tekanan Darah Tak Naik

Selain mengetahui apa saja minuman yang dapat mengatasi darah tinggi, sebaiknya Anda juga tahu minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi. Minuman “berbahaya” yang dimaksud, antara lain:

  • Minuman Tinggi Gula

Minuman ini (misalnya sirop, minuman bersoda, teh dan jus kemasan) memicu kenaikan berat badan (obesitas). Sementara, obesitas itu sendiri meningkatkan naiknya tekanan darah. Jadi, hindari minuman seperti ini, ya!

The American Heart Association pun telah merekomendasikan agar wanita membatasi asupan gula hingga 6 sendok teh per hari. Sedangkan, pria harus membatasi diri hingga 9 sendok teh per hari.

  • Minuman Beralkohol

Ini memang jarang ditemukan saat Lebaran, tapi tak ada salahnya untuk mengingatkan bahwa minuman yang satu ini memang memicu kekambuhan hipertensi.

Minum minuman beralkohol lebih dari tiga gelas dapat membuat tekanan darah melonjak. Alkohol pun membuat obat tekanan darah kehilangan efektivitasnya.

Kini, Anda sudah mengetahui apa saja minuman penurun darah tinggi yang bisa dikonsumsi pasca Lebaran. Jangan lupa periksakan tekanan darah dan minum obat yang telah diresepkan dokter bila memang ada.

Bila ada pertanyaan seputar hipertensi, konsultasikan kepada dokter lewat fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

0 Komentar

Belum ada komentar