Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Mau Kulit Wajah Optimal saat Lebaran? Lakukan 3 Hari Perawatan Ini di Rumah

Mau Kulit Wajah Optimal saat Lebaran? Lakukan 3 Hari Perawatan Ini di Rumah

Khawatir karena kulit kusam, padahal Lebaran hampir tiba? Jangan khawatir, kata pakar kecantikan, cukup 3 hari perawatan kulit untuk miliki kulit sehat.

Lebaran hampir tiba! Eits, tapi kok kulit wajah malah kusam dan kering? Tenang, jangan panik, ya! Ada kok perawatan kulit yang dilakukan agar bisa tampil cantik saat Lebaran dalam tiga hari?

Masalah Kulit Wajah Tersering karena Kebanyakan di Rumah

Sejumlah masalah kulit wajah bisa saja muncul saat seseorang terlalu sering berada di dalam rumah. Menurut dr. Devia Irine Putri kepada KlikDokter, salah satunya adalah kulit breakout.

Breakout sebenarnya sering terjadi jika Anda sering atau sedang mencoba produk kulit wajah baru. Ini biasanya menandakan ada ketidakcocokan produk dengan kulit. Breakout ini biasanya meliputi kulit kering, kulit berjerawat, muncul bintik-bintik kecil, kulit kusam, dan komedo,” ujar dr. Devia.

Alasan breakout lainnya, menurut dr. Devia bisa beragam, bisa juga karena pekerjaan yang menumpuk, sering begadang, atau sering berkonflik dengan pasangan.

“Selain itu, stres karena angka penularan virus corona di Indonesia yang masih meningkat, juga bisa jadi faktor kulit breakout,” dia menambahkan.  

“Jadi, ketika hormon stres atau kortisol naik, kelenjar minyak di wajah akan terangsang secara berlebihan. Minyak ini bisa menimbulkan jerawat dan wajah mengalami breakout. Kondisi akan semakin parah bila tipe kulit Anda berminyak,” dr. Devia menjelaskan.

Hal lain yang juga menyebabkan kulit breakout adalah ketika Anda sering menyentuh wajah. Coba perhatikan, apakah Anda termasuk orang yang sering menyentuh wajah? Jika iya, jangan heran kalau kulit wajah lebih mudah breakout.

“Tangan adalah salah satu pembawa kuman terbanyak pada wajah. Apalagi, jika Anda jarang mencuci tangan. Ini bisa membuat kotoran dan bakteri berpindah ke kulit wajah dan menyumbat pori-pori,” tutur dr. Devia.

Kurang asupan vitamin D juga jadi faktor lain kulit Anda jadi breakout. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa berjemur di bawah matahari selama 15-20 menit di pagi hari.

Selain itu, vitamin D juga bisa didapat lewat makanan seperti ikan salmon, sarden, minyak ikan kod, tuna kalengan, kuning telur, dan jamur.

Produk lainnya yang telah diperkaya vitamin D, seperti sereal, susu kedelai, dan oatmeal juga dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Artikel lainnya: 5 Tips Mudah untuk Tampil Cantik di Hari Lebaran

1 dari 2 halaman

Lakukan 3 Hari Perawatan Kulit di Rumah

Ada beberapa jenis perawatan untuk mendapatkan kulit wajah sehat, terutama saat menjelang Lebaran. Dilansir dari Elle, berikut tiga hari perawatan kulit wajah saat puasa yang mudah dilakukan di rumah:

  • Gunakan Pelembap

Dokter Rocio Rivera, selaku pakar kulit kecantikan di Paris, mengatakan menggunakan pelembap wajah merupakan hal wajib dilakukan setiap hari. Setidaknya pagi dan malam pelembab harus dioleskan. 

Moisturizer atau pelembap kulit telah terbukti bisa mengatasi kulit kering, kulit berminyak, dan menambah kekenyalan pada kulit wajah. Ini karena pelembap mengandung asam hialuronat yang bertindak sebagai sumber kelembapan untuk kulit wajah,” ujar Dr. Rivera. 

  • Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega-3

Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 tidak hanya membantu peningkatan kesehatan kulit, tapi juga membantu menjaga kesehatan jantung, mata, dan otak. 

Dalam omega-3 terdapat tiga komponen penting, yakni ALA, DHA, dan EPA. ALA merupakan asam lemak esensial yang penting dikonsumsi sehari-hari. ALA sendiri dapat diubah menjadi EPA dan DHA oleh tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk menambahkan makanan yang mengandung omega-3 dalam menu sehari-hari. 

Ada pun beberapa makanan yang mengandung omega-3 tinggi. Misalnya, salmon, tuna, tenggiri, sarden, kacang kedelai, tempe, tahu, biji-bijian, sayuran hijau, dan minyak zaitun.

Artikel lainnya: Diet Praktis untuk Mengikis Lemak Usai Lebaran

  • Hindari Produk Susu 

Produk olahan susu baik untuk kesehatan tulang manusia. Jika diminum berlebihan, bisa berdampak pada kondisi kesehatan fisik lainnya.

Brooke Alpert, ahli gizi dari New York, mengatakan hormon seperti progesteron dan insulin yang ditemukan dalam susu sapi bisa meningkatan tingkat peradangan yang dapat memicu jerawat. 

Mengonsumsi susu secara berlebihan juga bisa menyebabkan masalah pencernaan, khususnya bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa. Akibatnya

Intoleransi laktosa merupakan suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat memecah laktosa dengan baik. Ini dapat menyebabkan diare, mual, dan kram perut.

  • Mencuci Muka dengan Air Dingin

Dikutip dari The Indian Express, para peneliti mengatakan bahwa cara paling mudah untuk mendapatkan naturally-glowy look adalah dengan mencuci muka dengan air dingin.

Alasannya, mencuci muka di pagi hari bisa menghilangkan minyak berlebihan yang menumpuk di kulit sepanjang malam.

Namun, dr. Devia mengatakan, bagi mereka yang memiliki alergi dingin hal ini tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan kekambuhan. Jadi, jika Anda memiliki alergi dingin gunakanlah air keran biasa untuk mencuci muka.

  • Olahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang wajib dilakukan meski Anda sedang melakukan karantina atau berpuasa.

Olahraga akan meningkatkan fungsi sel-sel dalam tubuh yang nantinya akan berpengaruh pada kesehatan kulit, jantung, otak, dan organ lainnya. Lakukan aktivitas ini secara teratur setidaknya 30 menit setiap hari, ya!

  • Memiliki Waktu Tidur yang Cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup punya andil besar dalam mengoptimalkan kesehatan kulit wajah.

Jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, sel kulit mati tidak akan tergenerasi dengan baik, dan menyebabkan kulit kusam, kering, dan berjerawat.

Yuk, sambut Lebaran di rumah dengan kulit wajah cerah dan sehat. Tidak terlalu sulit kok, cukup lakukan perawatan kulit di atas secara konsisten. Dapatkan cara menjaga kesehatan kulit lainnya hanya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/AYU]

0 Komentar

Belum ada komentar